Jurusan Bahasa dan Sastra Arab

Anisa, Mahasiswa BSA IAIN Syekh Nurjati yang Sukses Jadi Pembicara pada Konferensi Internasional Bahasa Arab

Lombok (07/09) Mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra Arab IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Anisa Vadia Hayya, berhasil mencapai prestasi gemilang dengan menjadi salah satu pembicara dalam konferensi internasional bahasa Arab di UIN Mataram, Lombok. Kegiatan tersebut bertajuk Pertemuan Internasional Bahasa Arab (PINBA) XIV tahun 2023 dengan menghadirkan pakar dan penggiat Bahasa Arab dari berbagai negara. Capaian ini menjadi kebanggaan dan inspirasi secara individu dan kelembagaan dalam pengembangan diskursus kebahasaan dan sastra Arab.

Konferensi internasional ini merupakan hajat dua tahunan yang menghadirkan para ahli bahasa Arab dari berbagai penjuru dunia untuk berdiskusi tentang perkembangan bahasa dan sastra Arab. Anisa dipilih sebagai pembicara setelah melewati proses seleksi dan kelayakan oleh penyelenggara kegiatan yang merupakan hasil kerjasama antara Ittihad Mudarrisi Al-Lughah Al-Arabiyyah (IMLA) Indonesia dan UIN Mataram.

Anisa menyajikan hasil penelitianya berjudul “Tahlil al-Dalalah al-‘Arudiyah li Ismaini ‘Zujah’ wa ‘Imra’ah fi Arabiccorpus’ (Analisis semantik makna Jauzah dan Imra’ah dalam metadata arabiccorpus dengan pendekatan linguistik korpus).” Dalam presentasinya, Annisa mengupas tuntas pemaknaan dan penggunaan dua istilah ‘jauzah’ dan ‘imra’ah’ yang disinonimkah sebagai istri dalam bahasa Indonesia. Kemudian, pemaknaan tersebut dibedah dalam konteks kebahasaan Arab dengan mengunakan sumber berupa metadata dari web corpusarabic yang memiliki metadata kata bahasa sebanyak  173,600,000 kata. Data tersebut bersumber dari surat kabar, karya sastra klasik dan modern bahasa Arab. Adapun, tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kolokasi yang terdapat pada kata “Jauzah” and “Imroah” serta untuk menganalisis prosodi semantik pada kedua kata tersebut.

Hadir dalam kegiatan konferensi internasional ini antara lain: Prof. Dr. Adil Rifa’i (Universitas Islam Madinah), Prof. Dr. Imam Asrari (Universitas Negeri Malang), Dr. Anas Husam Said An-Nu’aimi (ISESCCO), Dr. Thareq Abdullah Mu’alla (World Assembly of Muslim Youth/WAMY), Dr. Abdullah Yahya Al-Fify (The King Salman Global Academy for the Arabic Language), dan Dr. Abdul Hamid (Tanal Yordania).

Capain tersebut menjadi prestasi yang menginspirasi, mahasiswa jurusan BSA telah sukses menjadi pembicara dalam sebuah konferensi internasional bahasa Arab. Anisa, mahasiswa yang berbakat, telah membuktikan bahwa dedikasi serta komitmen terhadap studi bahasa dan sastra Arabnya telah membawanya ke panggung dunia.

Konferensi internasional yang prestisius ini merupakan hasil kerjasama antara Ittihad Mudarrisi Al-Lughah Al-Arabiyyah (IMLA) Indonesia dan UIN Mataram, 6-8 September. Kegiatan ini merupakan ajang bergengsi bagi para ahli dan peneliti bahasa Arab dari seluruh dunia. Tema konferensi adalah ” Raqmaniya al-luġa al-ʿArbiyya fī au’ al-siyāsa al-luġawiya al-hādifaMasa Depan Bahasa Arab: Pemeliharaan, Pengembangan, dan Penerapan.” Anisa Vadia Hayya terpilih untuk menjadi pembicara dalam sesi paralel setelah melewati proses seleksi terlebih dahulu.

Prestasi ini bukanlah hasil dari keberuntungan semata, melainkan hasil dari dedikasi dan kerja keras Anisa dalam memahami dan menguasai bahasa Arab serta sastra Arab. Ia telah menghasilkan penelitian yang inovatif tentang penggunaan bahasa Arab dalam era digital dan dampaknya terhadap pemeliharaan budaya Arab. Penelitiannya telah mendapat pengakuan dari para profesor dan ahli bahasa Arab di seluruh dunia.

Prof. Dr. H. Aan Jaelani, M.Ag. Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon mengungkapkan bahwa ini menjadi salah satu bukti nyata dari capaian kualitas penguatan tridarma di kampus dan komitmen IAIN dalam mendukung prestasi akademik dan profesional mahasiswanya. Pelibatan mahasiswa secara aktif dalam kegiatan penelitian dan kepenulisan juga terus dilakukan, khususnya melalui Jurusan. “BSA melalui program mobilitas internasional dan internasionalisasi tridarma nya terus mendorong civitas akademika membangun Global Academic Excellence dalam bidang kebahasaan dan sastra ArabHal ini tentu mendukung visi mewujudkan UINSSI sebagai World Class University” tegas Prof. Dr. H. Aan Jaelani, M.Ag.

Dekan Fakultas Ushuluddin dan Adab, Dr. Anwar Sanusi, MA, mengungkapkan kebanggaannya terhadap pencapaian Anisa. “Anisa adalah contoh yang luar biasa bagi mahasiswa-mahasiswa kami. Keberhasilannya dalam konferensi ini menunjukkan komitmen dan dedikasinya dalam menjalani studi bahasa dan sastra Arab. Kami yakin bahwa Anisa memiliki potensi besar untuk menginspirasi generasi mendatang dalam bidang ini.” Ungkapnya.

Prestasi gemilang ini menurut Dr. Leny Sri Wahyuni, M.Hum sebagai dosen pembimbing, diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya di jurusan BSA untuk terus mengembangkan kemampuan mereka dalam bahasa dan sastra Arab, serta berani berkontenstasi keilmuan pada forum internasional. “Pencapaian Annisa sebagai pembicara utama dalam konferensi internasional bahasa Arab ini adalah bukti bahwa semangat, keuletan, dan cinta terhadap bahasa dapat membawa seseorang menuju puncak kesuksesan akademik dan profesional. Selamat kepada Annisa atas prestasinya yang luar biasa ini” tutur Dr. Leny Sri Wahyuni, M.Hum

Maman Dzul ‘iman, S.Ag, MA selaku Ketua Jurusan BSA IAIN Syekh Nurjati menambahkan bahwa Anisa berencana untuk terus mengembangkan minatnya dalam bahasa dan sastra Arab setelah menyelesaikan studinya. Prestasi ini bukan hanya menjadi kebanggaan pribadinya, tetapi juga memperlihatkan pentingnya mendukung pengembangan studi bahasa dan sastra Arab di tingkat internasional.