Jurusan Bahasa dan Sastra Arab

Mahasiswa BSA IAIN Syekh Nurjati Cirebon Tampil Memukau di Acara Penutupan Kegiatan PPL dan Pagelaran Seni Arab di Pesantren Darurohmah

Cirebon, 2 September 2023 – Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Ushuluddin IAIN Syekh Nurjati Cirebon berhasil menyelenggarakan penutupan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mereka secara spektakuler di Pesantren Darurohmah, Weru, Cirebon pada Sabtu malam, 2 September 2023. Acara ini menjadi ajang puncak yang tak hanya memukau, tetapi juga memberikan manfaat luar biasa dalam pengajaran bahasa Arab, budaya Islam, dan keterampilan berkomunikasi dalam bahasa Arab.

Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi antara pesantren Darurohmah Cirebon dengan mahasiswa PPL Jurusan Bahasa dan Sastra Arab. Selama acara, mereka menampilkan beragam pagelaran seni yang memadukan unsur budaya Arab dengan kreasi seni lokal, termasuk lagu Arab, puisi Arab, drama Arab, pencak silat, dan tarian kreatif.

Ketua kelompok PPL, Raihan Budiman, menyampaikan rasa terima kasihnya atas pengalaman praktis yang mereka peroleh selama pelaksanaan PPL. Ia menegaskan bahwa pesantren Darurohmah menjadi tempat yang ideal untuk menerapkan pengetahuan yang diperoleh di kelas dalam konteks nyata.

Wulandari, MA.Hum, dalam sambutannya, memberikan apresiasi kepada pesantren Darurohmah yang telah memberikan kesempatan kepada mahasiswa BSA untuk menerapkan ilmu yang mereka peroleh selama kuliah. Ia menekankan bahwa kegiatan PPL ini memberikan pengalaman mengajar yang berharga dan peluang untuk memahami nilai-nilai pesantren serta kekayaan budaya dan bahasa Arab.

Warso Winata, LC, MA, selaku pengasuh pondok pesantren Darurohmah, merasa senang dan bangga menjadi tempat PPL bagi mahasiswa BSA IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Ia menyoroti pentingnya memahami nilai-nilai pesantren serta pentingnya bahasa dan sastra Arab dalam kehidupan santri dan mahasiswa.

Acara penutupan PPL ini juga dihadiri oleh Wakhid Nasruddin, Ph.D., yang mewakili pimpinan Fakultas Ushuluddin dan Adab IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Ia mengungkapkan rasa terima kasih atas sambutan dan kerjasamanya selama pelaksanaan PPL BSA dan melihatnya sebagai awal dari kegiatan kolaboratif yang lebih luas antara kampus dan pesantren Darurohmah.