Jurusan Bahasa dan Sastra Arab

Dosen dan Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati BSA Jadi Pembicara Multaqa Internasional IMLA

(Lombok, 06-09-2023). Ittihad Mudarrisi Al-Lughah Al-Arabiyah fi Indonesia (IMLA) melaksanakan hajat Pekan Ilmiah Internasional Bahasa Arab (PINBA) XIV dan Muktamar ke VII di UIN Mataram, Lombok pada 6-8 September 2023. Konferensi Internasional yang prestisius ini merupakan hasil kerjasama antara IMLA Indonesia dan UIN Mataram. Kegiatan ini merupakan ajang bergengsi bagi para ahli dan peneliti bahasa Arab dari seluruh dunia. Tema konferensi tahun 2023 ini adalah Raqmanah Al-Lughah Al-Arabiyah fi Dhaui As-Siyasah Al-Lughawiyah Al-Hadifah.

Rektor IAIN Syekh Nurjati Prof. Dr. H. Aan Jaelani, M.Ag mengapresiasi dosen dan mahasiswa BSA yang kembali mengukir capaian internasional dalam bidang penelitian. Hal ini sejalan dengan program BSA selama ini sebagai inisiator program mobilitas internasional dengan salah satu prioritas programnya yaitu internasionalisasi publikasi. “Tema konferensi ini juga menarik karena berkaitan erat dengan proses transformasi kelembagaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon menjadi Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati Indonesia (UINSSI). Oleh karena itu, dosen jurusan Bahasa dan Sastra Arab (BSA) mengambil bagian dan berperan aktif menjadi narasumber dalam even internasional IMLA tahun 2023 ini” Ungkapnya.

Hadir dalam kegiatan konferensi internasional ini antara lain: Prof. Dr. Adil Rifa’i (Universitas Islam Madinah), Prof. Dr. Imam Asrari (Universitas Negeri Malang), Dr. Anas Husam Said An-Nu’aimi (ISESCCO), Dr. Thareq Abdullah Mu’alla (World Assembly of Muslim Youth/WAMY), Dr. Abdullah Yahya Al-Fify (The King Salman Global Academy for the Arabic Language), dan Dr. Abdul Hamid (Tanal Yordania).

Delegasi IAIN Syekh Nurjati sebagai narasumber dalam kegiatan ini, H. Rijal Mahdi, Lc, MA yang mempresentasikan makalahnya yang berjudul “Tajribah Jamiah Syekh Nurjati fi Ragmanah Al-Mawad Ad-Dirasiyah” (Jejak IAIN Syekh Nurjati dalam Digitalisasi Bahan Ajar). Dalam presentasinya, Rijal berbagi banyak hal tentang jejak digitalisasi bahan ajar yang telah dilakukan oleh jurusan Bahasa dan Sastra Arab (BSA). Bagi Rijal, digitalisasi bahan ajar adalah proses yang telah dilakukannya secara mandiri sejak 3 tahun terakhir.

Ia mengungkapkan bahwa: “Tepat dua bulan sebelum Pandemi Covid 2019, saya berinisiatif untuk mendigitalisasi semua bahan ajar MK yang saya ampu. Sampai saat ini, saya telah memproduksi lebih dari 2500 konten video pembelajaran yang sangat variative dan tersedia di kanal youtube khusus bahan ajar yang saya berinama dengan “Amaany for Arabic and Translation yang telah diikuti oleh 5900 subscriber”, pungkasnya. Tentang transformasi kelembagan ke universitas siber, Rijal berkeyakinan bahwa tentunya hal ini tidak terlepas dari perpindahan cara mengajar konvensional ke pemanafaatan teknologi dan media semasa.

Dalam kesempatan berbeda, Dekan Fakultas Ushuludin dan Adab (FUA) IAIN Syekh Nurjati Dr. Anwar Sanusi, M.Ag mengungkapkan kebanggaanya pada capain Jurusan BSA. Menurutnya, BSA konsisten dalam mewujudkan realisasi program internasionalisasi tridarma pendidikan tinggi. Selain dosen, mahasiswa melalui dukungan dari pihak Fakultas dan Rektorat senantisasi diberikan fasilitasi dalam peningkatan kompetensinya. “Setelah para dosen dan mahasiswa BSA yang diundang mengajar di luar negeri, sekarang dilanjutkan mahasiswa BSA yang menjadi narasumber pada konferensi Internasional Bahasa Arab” tandas Dr. Anwar Sanusi, M.Ag.

Dalam even yang sama, dosen BSA lainnya yang berkolaborasi dengan mahasiswa juga perperan aktif menjadi presenter dalam even ini adalah Dr. Leni Sri Wahyuni, M.Hum berkolaborasi dengan mahasisi BSA Annisa Vadia Hayya yang mengambil tema tentang Analisis Prosodi Semantik pada kata “Jauzah” dan “Imroah” dengan menggunakan piranti ArabiCorpus. Adapun, tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kolokasi yang terdapat pada kata “Jauzah” and “Imroah” serta untuk menganalisis prosodi semantik pada kedua kata tersebut.

Dr. Leny Sri Wahyuni. Dosen BSA mengungkapkan kebanggaannya terhadap pencapaian Anisa. “Anisa adalah contoh yang luar biasa bagi mahasiswa-mahasiswa kami. Keberhasilannya dalam konferensi ini menunjukkan komitmen dan dedikasinya dalam menjalani studi bahasa dan sastra Arab. Kami yakin bahwa Anisa memiliki potensi besar untuk menginspirasi generasi mendatang dalam bidang ini.” Ungkapnya.

Sementara menurut Erfan Gazali, MSI selaku kordinator program mobilitas internasional BSA menuturkan bahwa bentuk kolaborasi penelitian antara dosen dan mahasiswa ini menjadi salah satu program sustainable learning di jurusan Bahasa dan Sastra Arab sehingga pembelajaran tidak terhenti saat materi mata kuliah selesai diajarakan, namun bisa terus dilanjutkan hingga menghasilkan luaran berbentuk scientific products, salah satunya karya tulis ilmiah. “Oleh karena itu, jurusan Bahasa dan Sastra Arab terus mendorong dosen-dosen dan para mahasiswanya untuk menjalin kemitraan, baik dalam bidang penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat. Upaya tersebut pun tidak lepas dari peran serta pihak Fakultas Ushuludin dan Adab serta institusi IAIN Syekh Nurjati Cirebon sebagai support systemnya.” Pungkasnya.