Jurusan Bahasa dan Sastra Arab

Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Siap Melaksanakan Kurikulum MBKM Inovatif di Tahun 2023

Cirebon, 25 Juli 2023 – Jurusan Bahasa dan Sastra Arab ikut serta dalam kegiatan “Workshop Kurikulum Berbasis KKNI dan Berorientasi MBKM” yang diselenggarakan oleh Fakultas Ushuluddin dan Adab IAIN Syekh Nurjati Cirebon di Resort Prima Sangkanhurip Kuningan. Workshop ini berlangsung selama dua hari dan dihadiri oleh Dr. Abdurrakhman, M.Hum (Assesor BAN-PT) sebagai pembicara pada sesi pertama yang dimoderatori oleh Muhammad Maimun, M.S.I. Setelah sesi pembicaraan, acara dilanjutkan dengan diskusi dan perumusan serta pemetaan 20 SKS MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) di setiap jurusan yang dipimpin oleh Prof. Didin Nurul Rosyidin dan Toheri, M.Pd. Sesi diskusi yang dimoderatori oleh Erfan Gazali, M.S.I. membahas dengan rinci tentang teknis penentuan MK (Mata Kuliah) yang akan menjadi MK MBKM serta membahas metode yang paling tepat dalam pemilihan, penentuan, dan penilaian MK beserta Capaian Pembelajaran dalam kurikulum MBKM.

Acara Workshop ini dibuka oleh Prof. Jamali, M.Ag selaku Wakil Rektor I IAIN Syekh Nurjati Cirebon, beliau mengapresiasi kegiatan ini dalam menghadirkan kurikulum yang inovatif dan adaptif. Ia menegaskan bahwa IAIN Syekh Nurjati Cirebon berkomitmen untuk terus menghadirkan pendidikan tinggi yang responsif terhadap perkembangan zaman dan tuntutan dunia kerja.

“Kurikulum MBKM ini adalah langkah maju yang sangat baik untuk menciptakan mahasiswa yang berkualitas, kreatif, dan siap menghadapi dunia kerja yang dinamis. Saya berharap para mahasiswa dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya dan menjadi agen perubahan yang berkontribusi bagi masyarakat dan bangsa,” ujar Prof. Jamali, M.Ag.

Dalam sambutannya, Dr. Anwar Sanusi menyampaikan kegembiraannya atas langkah maju yang diambil oleh Fakultas Ushuluddin dan Adab khususnya  Jurusan Bahasa dan Sastra Arab dalam menghadirkan Kurikulum MBKM. Ia menegaskan bahwa kurikulum ini akan memberikan kesempatan yang lebih luas bagi para mahasiswa untuk mengembangkan diri, mengikuti minatnya, dan mengeksplorasi berbagai bidang ilmu secara lebih kreatif.

“Dengan diluncurkannya Kurikulum MBKM ini, kami berharap agar mahasiswa kami dapat menggali potensi diri dengan lebih bebas dan berani mengejar minat akademik yang beragam. Kami berkomitmen untuk terus mendukung kemajuan para mahasiswa dan meningkatkan kualitas pendidikan di Fakultas Ushuluddin dan Adab,” ungkap Dr. Anwar Sanusi, M.Ag

Kurikulum MBKM BSA dirancang untuk memberikan fleksibilitas yang lebih besar bagi para mahasiswa dalam memilih mata kuliah, mengikuti program magang, atau mengambil kuliah di luar kampus. Dengan pendekatan pembelajaran yang inovatif, kurikulum ini diharapkan dapat membantu para mahasiswa BSA dalam meraih keunggulan dan merespons perubahan tuntutan dunia kerja dengan lebih efektif. Ujar Maman Dzul’Iman, MA (Ketua Jurusan BSA).

Translate »