Jurusan Bahasa dan Sastra Arab

Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Mengikuti Rapat Kerja Fakultas

Cirebon, 6 Juli 2023 – Fakultas Ushuluddin dan Adab IAIN Syekh Nurjati Cirebon menggelar Rapat Kerja Pimpinan (Rakerpim) yang bertempat di Aula LPM. Acara yang diagendakan terlaksana selama dua hari dihadiri oleh seluruh civitas akademika Fakultas dan Jurusan di lingkungan Fakultas Ushuluddin dan Adab.Dalam kesempatan ini, hadir pula Prof. Dr. H. Aan Jaelani, M. Ag., Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, didampingi oleh Prof. Dr. H. Jamali, M.Ag., Wakil Rektor bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga.

Erfan Gazali, M.S.I., selaku ketua panitia, menjelaskan bahwa Rakerpim merupakan agenda yang sangat penting dan strategis dalam mewujudkan pengelolaan fakultas yang unggul. Setiap target yang dihasilkan melalui Rakerpim harus didukung oleh argumentasi yang kuat. Hal ini diharapkan dapat membantu mencapai target yang rasional, terukur, dan dapat dilaksanakan.

Dalam sambutannya, Dr. Anwar Sanusi, M.Ag., Dekan FUA, menyampaikan bahwa Rakerpim ini merupakan pertemuan penting dalam merencanakan masa depan yang lebih baik bagi FUA. Dr. Anwar juga mengucapkan terima kasih kepada Rektor dan pimpinan yang telah dengan sangat baik memfasilitasi setiap kegiatan yang digagas oleh FUA. Selain itu, Dr. Anwar juga menegaskan komitmen seluruh civitas akademika di FUA dalam mewujudkan Visi dan Misi IAIN Syekh Nurjati sebagai Cyber Islamic University. Dekan FUA mengingatkan bahwa meskipun dalam kesederhanaan, FUA telah berhasil menunjukkan prestasi dan kinerja secara baik selama ini. Oleh karena itu, diharapkan FUA dapat terus meningkatkan kinerjanya, terutama dalam hal pelayanan kepada mahasiswa, dengan adanya fasilitas yang lebih baik di masa depan.

Sementara itu, Prof. Aan Jaelani menyampaikan kebanggaannya terhadap kinerja FUA selama ini. Menurut Rektor, konsistensi dan kesadaran terhadap komitmen dalam bekerja adalah faktor kunci kesuksesan. Rektor berharap bahwa dalam waktu yang tidak terlalu lama, IAIN Syekh Nurjati dapat bertransformasi menjadi Cyber Islamic University. Namun, Rektor juga mengingatkan bahwa perubahan status bukanlah hal utama dibandingkan dengan upaya terus meningkatkan kualitas. Rektor juga menyoroti beberapa hal yang perlu dipersiapkan oleh FUA, seperti penyesuaian konversi SKS untuk mendukung kurikulum MBKM, mobilitas mahasiswa berbasis pada core jurusan, dan persiapan lulusan yang dapat diterima di pasar tenaga kerja, baik nasional maupun internasional.

Pada sesi selanjutnya, para pimpinan jurusan dan lembaga tingkat fakultas memaparkan evaluasi program untuk capaian kinerja tahun 2023 serta memaparkan program kerja untuk tahun 2024. Kemudian dilanjutkan dengan pembahasan intensif mengenai Visi & Misi, Tujuan serta Sasaran Fakultas Ushuluddin dan Adab, Kurikulum, Kendali mutu, Publikasi, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat di lingkungan FUA.

 

Translate »