Jurusan Bahasa dan Sastra Arab

Mahasiswa Jurusan BSA menjadi Narasumber Webinar Nasional

(10/12) Indah Sofi Hafsoh, mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab IAIN Syekh Nurjati Cirebon menjadi narasumber pada Webinar Peringatan Hari Bahasa Arab Se-dunia yang diselenggarakan oleh HMJ Bahasa dan Sastra Arab UIN Raden Fatah Palembang tanggal 10 Desember 2022. Pada kesempatan tersebut, Indah mempresentasikan hasil penelitian tentang Syair “Ila Ummi” karya Mahmoud Darwis dengan pendekatan Semiotika Roland Barthes (denotasi, konotasi, dan mitos). Hasil penelitiannya menjelaskan bahwa latar peristiwa dan seting tempat Mahmoud Darwis berada mengantarkannya menciptakan syair tersebut. Syair Ila Ummi tidak hanya menggambarkan rasa kerinduan Mahmoud Darwis kepada sosok ibu namun rasa rindu yang memuncak kepada tanah air, yaitu Palestina. Rindu akan keramahan masyarakat, makanan, minuman, dan pelayanan yang diberikan Palestina kepadanya.

Turut hadir juga narsumber dari kampus lain pada webinar tersebut, yaitu Letri Fadliyani dari UIN Raden Fatah Palembang dan Ahmad Nurfajri Syahidallah dari Universitas Hasanudin Makassar. Letri menyampaikan hasil penelitian tentang konflik politik yang ada dalam novel Zaini Barakat dengan pisau analisis sosiologi sastra. Sedangkan Ahmad memaparkan analisisnya terhadap quo vadis peluang dan tantangan mahasiswa sastra Arab di era digital.

Kegiatan webinar ini menjadi peluang dan kesempatan yang didapatkan oleh Jurusan Bahasa dan Sastra untuk mempromosikan talenta-talenta yang dimiliki kepada nasional. Selain itu, kegiatan skala nasional mendukung pencapaian visi jurusan menjadi program studi yang unggul di tingkat nasional pada tahun 2024 dalam penyelenggaraan pembelajaran Bahasa dan kajian kesusasteraan Arab dengan bantuan teknologi informasi berdasarkan nilai-nilai keislaman dan kearifan local.