Jurusan Bahasa dan Sastra Arab

IJAS lolos seleksi Internasional Workshop Kemdikbud dikti

(20/10) Indonesian Journal of Arabic Studies (IJAS), Jurusan Bahasa dan Sastra Arab IAIN Syekh Nurjati, menjadi salah satu jurnal yang lolos seleksi mengikuti Internasional Workshop for Journal Editors yang diselenggarkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang bekerjasama dengan Universitas Dhayan Pura. Kegiatan workshop dilaksanakan pada tanggal 20 Oktober 2022 dan bertempat di Hotel Prime Plaza Hotel Sanur Kota Denpasar, Bali. Adapun peserta yang lolos seleksi berjumlah 200 peserta dari berbagai pengelola di seluruh Indonesia.

Workshop ini dibuka secara resmi oleh Yoga Dwi Arianda sebagai perwakilan Direktur Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat Dikti. Dr. Ni Made Diana Erfiani, SS., M.Hum. sebagai Wakil Rektor Univeritas Dhayana Pura menyampaikan dalam sambutannya bahwa workshop ini sebagai bentuk dukungan lembaga dalam meningkatkan manajemen pengelolaan jurnal di perguruan tinggi Indonesia agar cepat terindeks internasional bereputasi. Upaya tersebut diimplementasikan dalam materi-materi yang diberikan kepada peserta, seperti  scopus selection criteria and evaluation process, web of scince selection criteria and evaluation process, dan DOAJ selection criteria and Evaluation process.

Untuk mencapai tujuan workshop, penyelenggara mendatangkan para pakar sesuai topik, seperti Alexander van Servellen, Istadi, See Diu Seng, I Komang G Wiryawan, Joanna Ball, dan Kuswanto. Ihsan Sa’dudin sebagai utusan dari Indonesian Journal of Arabic Studies menyampaikan, “Workshop ini memberikan gambaran dan catatan pengelola Indonesian Journal of Arabic Studies agar dapat mengevaluasi diri untuk mempersiapkan indeksasi internasional bereputasi”.