Cirebon 45132, West Java, Indonesia
0231-481264
bsa@syekhnurjati.ac.id

HMJ BSA Meriahkan maulid Nabi dan Hari Santri dengan Seminar dan Burdahan

Maulid 1Jum’at (22/10) Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Bahasa dan Sastra Arab memperingati maulid nabi Muhammad SAW tahun 2021¬† dengan kegiatan seminar tentang qosidah Burdah yang dirangkai dengan burdahan. momen spesial pada kegiatan ini adalah bertepatan dengan hari santri nasional yang jatuh¬† pada tanggal 22 Oktober 2021. kegiatan yang bertemakan ‘meresapi makna sastrawi qosidah Burdah dalam meneladani hidup Nabi Muhammad SAW’ menghadirkan KH.Tb Ahmad Rifqi Chowas pimpinan Ponpes Darussalam Buntet Pesantren dan Dr. Hajam, M.Ag, Dekan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah sebagai Pemateri.

Ada dua versi Burdah yang dikenal dalam khazanah sastra Islam. pertama, Qosidah Burdah Banat Su’ad karya Ka’ab bin Zuhail sahabat Nabi SAW dan kedua, Osidah Burdah Karya Imam Al-Bushiri (610-695H/1213-1296 M). secara umum karya Al-Bushiri inilah yang banyak diterjemahkan ke dalam banyak bahasa serta dibaca dalam momen keagamaan. Tingginya kandungan makna dalam qosidah Burdah tidak hanya bisa ditelaah dalam kacamata sastra dalam mengungkap puja-puji kepada Nabi SAW tetapi juga aspek kedalaman nilai spiritual dalam aspek tasawufnya. Maka tidak heran banyak lahir karya cendekiawan muslim yang mensyarah ‘memberi pemaknaan’. Selain itu qosidah Burdah juga menjadi mata kuliah di beberapa kampus di Saudi Arabia’. jelas Kyai yang disapa kyai Entus.

Kegiatan yang berjalan selama 3 jam ini dipandu langsung oleh Kajur BSA, Wakhid Nashruddin, Ph.D. tidak hanya mahasiswa dan dosen jurusan BSA yang menghadiri kegiatan ini tampak juga beberapa mahasiswa jurusan lain dari IAIN Syekh Nurjati. Acara kemudian ditutup dengan bacaan qosidah burdah dengan diiringi hadroh dari santri Darussalam Pesantren Buntet.

maulid 02