Cirebon 45132, West Java, Indonesia
0231-481264
bsa@syekhnurjati.ac.id

Usung tema literasi Digital Jurusan BSA Laksanakan PkM di Ponpes Syariful Anam Cirebon

pengabdian1Lompatan teknologi digital yang dirasakan masyarakat saat ini telah membawa perubahan yang signifikan pada cara berkehidupan berpolitik, dan belajar dalam bidang keagamaan di Indonesia. Pada masyarakat religious, teknologi digital memberikan berbagai macam informasi keagamaan yang bisa dengan leluasa diakses oleh masyarakat umum, tidak sedikit pula informasi yang beredar di tengah masyarakat yang bersifat misinformasi bahkan masuk kategori hoaks dan cenderung fitnah.

Dengan alasan tersebut kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) jurusan Bahasa dan Sastra Arab IAIN Syekh Nurjati pada Senin 3/10/ 2021 mengusung tema Literasi digital di pesantren. lokasi PkM memilih di pondok pesantren Syariful Anam Cirebon di bawah asuhan Kyai Dr. Fuad Nawawi, S.Th., M. Ud. pondok pesantren khusus untuk mahasiswa ini berfokus pada menghapal alquran.

kami sangat menyambut positif kegiatan ini sebagai bagian pembelajaran santri dalam mengenali dimensi dunia teknologi  sehingga mereka memiliki pemahaman tentang bagaimana memilih dan bersikap terhadap segala informasi yang hadir dalam interaksi di sosial media’ papar kyai yang menamatkan studi doktornyadi UIN Syahida Jakarta.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut pimpinan jurusan dan beberapa dosen yang terlibat sebagai narasumber. tema-tema bahasan meliputi pengenalan literasi digital, meraih kesuksesan melalui informasi digital, menjadi santri melek  informasi, literasi digital vs literasi turast.

pengabdian2