Cirebon 45132, West Java, Indonesia
0231-481264
bsa@syekhnurjati.ac.id

RAKERPIM FUAD 2021 Amanatkan Peningkatan Akreditasi Jurnal Dan Beasiswa Bagi Mahasiswa Asing

Cirebon (8/4/2021), Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) melaksanakan Rapat kerja pimpinan (RAKERPIM) tahun 2021, kegiatan ini berlangsung selama dua hari, pada tanggal 7 dan 9 April di sebuah hotel yang berada di pusat kota Cirebon. Kegiatan ini diikuti oleh 60 peserta yang terdiri dari pimpinan dekanat FUAD, Kajur dan Sekjur Jurusan, Gugus kendali mutu Fakultas, gugus mutu Jurusan, Pengelola Jurnal jurusan dan para staf di lingkungan FUAD. Kegiatan dibuka oleh Rektor IAIN Syekh Nurjati, Dr. Sumanta, M.Ag secara telekonprens.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut lima orang dari jurusan BSA yang terdiri dari Kajur BSA, Dr. Wakhid Nashruddin beserta sekertaris jurusan, Erfan Gazali, M.SI. Pengelola jurnal jurusan Ihsan Sa’dudin, M.Hum, Wulandari, MM.Hum selaku Gugus kendali mutu Fakultas dan Ghina Amaliah Sholehah, S.Sos, staf akademik Jurusan BSA. Dalam rapat tersebut direkomendasikan beberapa hal yang akan menjadi acuan dan target kerja di tahun 2021. Diantaranya :

  1. Optimalisasi upaya pengembangan lembaga menjadi tiga fakultas yaitu Yaitu Fakultas Ushuluddin, Fakultas Adab dan Humaniora, serta Fakultas Dakwah dan Komunikasi melalui pegajuaan kembali jurusan Manajemen Haji dan Umroh yang sempat gagal dalam pengajuan di tahun 2020
  2. Pengembangan jurnal di setiap jurusan dengan memberikan prasarana berupa ruang kerja terpadu dan kemerdekaan dalam tatakelola serta mendorong setiap jurnal untuk meraih predikat maksimal pada akreditasi SINTA dan terindeks Scopus.
  3. Membangun jurnal khusus untuk mahasiswa sebagai wadah publikasi karya mahasiswa
  4. Penguatan empat jurusan yang sedang melakukan reakreditasi jurusan berbasis 9 standar BAN-PT dengan sinkronisasi data antara fakultas dan jurusan serta digitalisasi data yang dapat diakses secara daring melalui web jurusan dan fakultas
  5. Pelaporan kinerja tahunan jurusan mengunakan kriteria 9 standar akreditasi
  6. Menyiapkan beasiswa bagi mahasiswa asing sebagai upaya peningkatan status akreditasi jurusan yang unggul

Tim Jurusan Bahasa dan Sastra Arab menghadiri Rakerpim (dari Kiri ke kanan) Dr. Wakhid Nashruddin (kajur), Erfan Gazali, M.Si (Sekjur), Ihsan Sa’dudin, M.Hum (pengelola Jurnal IJAS), Wulandari (Tim Kendali Gugusmutu FUAD), Ghina Amaliah Sholehah, S.Sos (Staf akademik BSA)