Cirebon 45132, West Java, Indonesia
0231-481264
bsa@syekhnurjati.ac.id

Perkuat Silaturahmi, HIMABSA IAIN Syekh Nurjati Cirebon Ikuti Acara Kemah Bahasa Arab di Serang

Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab (HIMABSA) Fakultas Ushuluddin Adab Dakwah IAIN Syekh Nurjati Cirebon ikut serta dalam mensukseskan acara Kemah Bahasa Arab (KBA) DPW II. Hal ini dibuktikan dengan pengiriman beberapa mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan tersebut.

Acara ini diselenggarakan oleh Persatuan Mahasiswa Bahasa Arab Se-Indonesia (ITHLA) Dewan Pimpinan Wilayah II (DPW II). Kegiatan  itu berlangsung selama tiga hari dua malam, tanggal 26-28 Februari 2021 di Bumi Perkemahan Bedeng Kadubeureum Padurincang Serang Banten bertajuk “Bergembira dengan Kuantitas Berkarya dengan Kualitas”. Jumat, (26/02/2021)

Ketua pelaksana acara KBA, Muhammad Iqbal Afrizal mengaku, silaturahmi penting dibangun dan dijaga untuk menumbuhkan rasa kekeluargaan dan persaudaraan. “Salah satu tujuan diadakannya KBA adalah menjalin silaturahmi pengurus HMJBSA antar Perguruan Tinggi se-DPW II,” ujar Iqbal.

Ia melanjutkan, walaupun acara ini dikemas dengan kegiatan kemah, tetapi tetap tidak melupakan unsur Bahasa Arab sebagai karakteristik yang membedakan antara jurusan Sastra dan Bahasa Arab dengan yang lainnya. Hal ini diwujudkan dalam bentuk kegiatan lomba seperti baitul masail, ghinayah (menyanyi), dan sebagainya. Sehingga selain memperkuat tali silaturahmi, juga menambah wawasan dan pengetahuan peserta kemah tentang khazanah keilmuan Bahasa arab.

Pada hari terakhir, diumumkanlah pemenang lomba-lomba yang telah diadakan sebelumnya yang menambah semarak dan semangat peserta dalam mengikuti kegiatan kemah tersebut. Tidak ketinggalan pula sesi foto bersama seluruh peserta KBA, Pengurus DPW II untuk meninggalkan jejak digital yang suatu saat akan terkenang dalam memori sekaligus sebagai rangkaian penutup acara Kemah Bahasa Arab. (BSA/HASBI)