Jurusan Bahasa dan Sastra Arab

BSA Ikuti MUKHTAMAR ITHLA Ke VII

Ponorogo (22/11/2018) – Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab (BSA) Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Syekh Nurjati Cirebon berpartisipasi dalam Mukhtamar ITHLA (Ittihadu Thalabah Al-Lughah Al-Arabiyah bi Indonesia). Delegasi yang dikirimkan untuk mengikuti muktamar ini sebanyak 12 mahasiswa dari Jurusan BSA.

ITHLA merupakan persatuan mahasiswa Bahasa Arab seluruh Indonesia. Kali ini, muktamar ITHLA dilaksanakan di Ponorogo dengan melibatkan tiga perguruan tinggi sebagai panitia penyelenggara. Ketiga perguruan tinggi tersebut antara lain IAIN Ponorogo, Institut Agama Islam Sunan Giri (Insuri) Ponorogo dan Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor.

Muktamar yang digelar selama 4 hari sejak 22-25 November 2018 ini mengangkat tema “ITHLA Menjaga dan Mengembangkan Bahasa Arab secara Massif Menuju Pusat Peradaban Bahasa Arab Dunia”. Rangkaian acara dalam muktamar ini antara lain kemah Bahasa Arab, konferensi mahasiswa Bahasa Arab se-Asia Tenggara, Musyawarah Nasional ITHLA, dan diakhiri dengan Seminar Nasional yang menghadirkan Menteri Pemuda dan Olahraga, Dr. H. Imam Nahrowi, S.Ag., M.Kp yang bertemakan “Peran Organisasi Pemuda dalam Pembangunan Bangsa”.

Keikutsertaan mahasiswa Jurusan BSA ke acara ITHLA ini diharapkan mampu membangun keakraban dan jaringan persahabatan di antara mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab seluruh Indonesia, bahkan se-Asia Tenggara.