Cirebon 45132, West Java, Indonesia
0231-481264
bsa@syekhnurjati.ac.id

Program Beasiswa Bidikmisi Tahun Anggaran 2018

A. KETENTUAN UMUM

Peserta yang berhak mengajukan Beasiswa Bidikmisi harus memenuhi ketentuan sebagai berikut :

  1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat yang lulus pada tahun 2018.
  2. Usia maksimal 21 tahun pada saat mendaftar;
  3. Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria:
  4. Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali (suami istri) sebesar-besarnya Rp. 3.000.000,oo per bulan. Pendapatan yang dimaksud meliputi seluruh penghasilan yang diperoleh. Untuk pekerjaan non formal/informal pendapatan yang dimaksud adalah rata-rata penghasilan per bulan dalam satu tahun terakhir;
  5. Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya Rp. 750.000,00 setiap bulannya;
  6. Pendidikan orangtua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4;
  7. Memiliki potensi akademik baik, dibuktikan dengan rekomendasi kepala sekolah.

B. KETENTUAN KHUSUS

Peserta yang berhak mengajukan Beasiswa Bidikmisi harus sudah dinyatakan LULUS atau DITERIMA di IAIN Syekh Nurjati Cirebon tahun 2018 pada program Sarjana (S-1) melalui salah satu jalur:

  1. Jalur SPAN-PTKIN 2018
  2. Jalur UM-PTKIN 2018
  3. Jalur SPMB Mandiri Gel. I dan Gel. II Tahun 2018

C. PERSYARATAN DOKUMEN

Peserta yang mendaftar melengkapi berkas dokumen yang diserahkan kepada panitia di subag kemahasiswaan di gedung rektorat, sebagai berikut:

  1. Kartu Peserta ujian masuk pada salah satu jalur seleksi di atas.
  2. Kwitansi Pembayaran UKT
  3. Formulir pendaftaran Beasiswa Bidikmisi Format unduh disini
  4. Surat pernyataan Kesanggupan Bidikmisi yang telah diisi dan ditempel materai Format Unduh disini .
  5. Foto Copy Ijazah yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah.
  6. Surat Kebenaran Data Pendaftar Beasiswa Bidikmisi Format Unduh disini.
  7. Foto Copy SKHUN yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah.
  8. Foto Copy Buku Rapot yang di legalisir.
  9. Foto Copy Kartu Keluarga.
  10. Foto Copy Bukti Pembayaran Listrik/PLN dan Telepon/TELKOM, bulan terakhir.
  11. Foto Copy Bukti Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) bagi yang memiliki.
  12. Foto Copy KTP, dan KTP Orangtua/Wali.
  13. Bersedia Tinggal Di Pondok Pesantren dengan persetujuan Pimpinan Ponpes yang dituju Format Unduh disini.
  14. Bersedia dites Baca Tulis Alqur’an oleh PPTQ.
  15. Mengisi surat pernyataan siap lulus dan memperoleh sertifikat PPTQ pada akhir semester 2 serta siap dicabut apabila tidak lulus dan memperoleh sertifikat PPTQ pada akhir semester 2 Format Unduh disini.
  16. Wajib hafal Al-Qur’an minimal 1 Juz per semester.
  17. Wajib mengikuti seluruh kegiatan pembinaan dan pengembangan yang diselenggarakan oleh pengelola Bidikmisi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
  18. Foto Copy Sertifikat/Piagam pendukung lainnya yang menerangkan prestasi akademik/ non akademik bagi yang memiliki;
  19. Foto Rumah tinggal (Rumah tampak depan, Dapur dan Kamar mandi/WC) dan foto pendaftar bersama orangtua/wali, ukuran 5R (berwarna) masing-masing 1 lembar.
  20. Semua berkas di foto copy rangkap 2 dengan menggunakan kertas HVS ukuran F4 dan dimasukkan dalam map warna Kuning  merk biola, diserahkan ke bagian akademik dan kemahasiswaan Rektorat lantai 2 gedumg A212.

D. PENDAFTARAN

  1. Pendaftaran Beasiswa Bidikmisi dilakukan secara online.
  2. Siswa yang dinyatakan lulus atau diterima di IAIN Syekh Nurjati Cirebon dan sudah melakukan registrasi online mendaftar Beasiswa Bidikmisi melalui sc.syekhnurjati.ac.id
  3. Siswa yang sudah mendaftar Bidikmisi secara online harus menyerahkan kelengkapan berkas (dokumen) sebagaimana disyaratkan kepada panitia.
  4. Jadwal pendaftaran Beasiswa Bidikmisi:
No Pendaftaran online dan pengumpulan berkas Seleksi Berkas Tes BTQ PengumumanTahap I Survey dan Verifikasi Ekonomi PengumumanDan Penetapan
1 07 – 14 September 2018 17 – 19 September 2018 20 – 21  September 2018 28 September 2018 1 –  6 Oktober 2018 8 Oktober 2018