Profil Jurusan BKI

Profil Jurusan BKI

Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam (BKI) merupakan salah satu jurusan yang berada di Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Beralamat di Jalan Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon 45132 Telp. (0231) 481264 Fax. (0231) 489926.

Visi, Misi, dan Tujuan Jurusan BKI

Visi Prodi Bimbingan dan Konseling Islam

Terwujudnya prodi yang unggul dan terkemuka dalam menghasilkan tenaga profesional dalam bidang Bimbingan dan Konseling Islam (BKI) Tahun 2022.
Rumusan visi tersebut mengandung 2 (dua) kata kunci utama, yaitu:  (1)unggul, dan (2) terkemuka. Paparan kedua kunci tersebut, yaitu:

1) Pernyataan “unggul” dimaknai bahwa program studi Bimbingan dan Konseling Islam mampu menghasilkan konselor, terapis islam, penyuluh agama, dan       motivator yang unggul dalam hal pemikiran yang logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi keterampilan               konseling yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora.
2) Pernyataan “terkemuka” dimaknai bahwa program studi Bimbingan dan Konseling Islam terdepan dalam memberikan pelayanan bimbingan dan
konseling, layanan motivasi dan terapi islam dengan mutu yang terukur sesuai permasalahan konseli sebagai bentuk pelayanan terhadap

 

Misi Prodi Bimbingan dan Konseling Islam

1) Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran BKI dengan ilmu terkait sebagai proses penyiapan konselor Islam professional.
2) Mengembangkan penelitian BKI untuk kepentingan akademik dan masyarakat.
3) Meningkatkan peran serta dalam upaya membantu menyelesaikan persoalan individu pendidikan dan keluarga.
4) Memperluas kerjasama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi.

Tujuan Prodi Bimbingan dan Konseling Islam

1) Tujuan Umum: mendidik calon konselor, terapis islam, penyuluh agama, dan motivator yang beriman, bertaqwa dan berakhlak mulia serta memiliki                 keahlian dan keterampilan sebagai sarjana dakwah dalam bidang Bimbingan dan Konseling Islam.
2) Tujuan Khusus: menghasilkan sarjana yang memiliki keahlian akademik, keahlian teoritik dan keahlian praktik di bidang bimbingan dan konseling,
penyuluhan dan psikoterapi Islam yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora.

 

Video Profil Jurusan Bimbingan Konseling Islam

 

 

 

Profil Lulusan Program Studi Bimbingan Konseling Islam (BKI)

Profil Deskripsi Profil
Konselor menangani masalah interpersonal dan intrapersonal non klinis di masyarakat pengembangan potensi, pencegahan dan penyelesaian masalah orang lain.
Terapis Islam Mampu mengenal konseli dan problematikanya; menguasai konsep  terapi Islam; melakukan layanan terapi islam; mengembangkan konsep dan praktik layanan terapi islam berbagai setting masyarakat; serta mengitegrasikan terapi islam dengan ilmu-ilmu sosial-humaniora dan sains-teknologi.
Motivator Mampu mengenal potensi dan problema konseli; memberikan motivasi bagi peningkatan potensi dan penyelesaian masalah konseli; mengembangkan kegiatan motivasi dalam kajian keagamaan, keluarga, kemasyarakatan dan berbagai komunitas.
Penyuluh Agama Mampu mengenal potensi dan problema konseli (jemaah); memberikan motivasi bagi peningkatan potensi dan penyelesaian masalah konseli; mengembangkan kegiatan penyuluhan dalam kajian keagamaan, keluarga, kemasyarakatan dan berbagai komunitas.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN PROGRAM STUDI BIMBINGAN KONSELING ISLAM

A. SIKAP

Setiap lulusan program Studi Bimbingan Konseling Islam (BKI) memiliki sikap dan tata nilai sebagai berikut:

No Sikap dan Tata Nilai Kode
1.        Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius . ST01
2.        Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika ST02
3.        Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. ST03
4.        Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa. ST04
5.        Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. ST05
6.        Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan ST06
7.        Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. ST07
8.        Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. ST08
9.        Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan dibidang keahliannya secara mandiri. ST09
10.    Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan ST10
11.    Mempunyai ketulusan dan kesungguhan hati untuk mengembangkan nilai-nilai kearifan lokal bagi kemaslahatan masyarakat. ST11
12.    Menunjukkan komitmen untuk berpegang  pada  nilai-nilai: keteladanan, kejujuran, kesahajaan, kepercayaan, keadilan, kehormatan, dan tanggungjawab . ST12

 

B. PENGUASAAN PENGETAHUAN

Setiap lulusan program Studi Bimbingan Konseling Islam (BKI) memiliki penguasaan pengatahuan sebagai berikut:

No Aspek Penguasaan Pengetahuan Kode
1.        Memahami konsep teoretis bimbingan konseling Islam. PP01
2.        Memahami konsep,prinsip dan sistem ke- bimbingan konseling Islam  serta mampu menerapkannya untuk mengekspresikan perasaan, pikiran dan gagasan baik secara lisan maupun tulisan. PP02
3.        Memahami prinsip dasar-dasar psikologi dan hubungannya dalam pembelajaran ke- bimbingan konseling Islam  untuk memahami karakter mahasiswa. PP03
4.        Memahami konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai metode pembelajaran khususnya yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill). PP04
5.        Memahami Prinsip Pengembangan kurikulum (Silabus) Mata kuliah  bimbingan konseling Islam PP05
6.        Memahami  teori, prinsip dan ragam media pembelajaran  bimbingan konseling Islam berbantukan teknologi informasi dan komunikasi yang diselaraskan dengan karakteristik mahasiswa. PP06
7.        Memahami teori dan paradigma pembelajaran  bimbingan konseling Islam PP07
8.        Memahami teori penelitian dalam bidang psikologi, psikoterapi, penyuluhan dan  bimbingan konseling Islam PP08
9.        Memahami konsep-konsep dasar android dan prosedur operasional aplikasi mobile, serta  penerapannya dalam pembelajaran cyber counseling PP09
10.    Memahami metode, prosedur dan teknik –teknik konseling  dan penyuluhan Islam. PP10
11.    Memahami teori  bimbingan konseling Islam  dan penerapannya dalam konteks kekinian baik lisan maupun tulis. PP11
12.    Memahami konsep-konsep teoretis  bimbingan konseling Islam dan penyuluhan Islam.

 

 

PP12

 

C. KETERAMPILAN UMUM

Lulusan Program Studi bimbingan konseling Islam memiliki keterampilan umum sebagai berikut:

No Aspek Keterampilan Umum Kode
1.                  Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang  memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. KU01
2.        Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. KU02
3.        Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. KU03
4.        menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi KU04
5.        Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. KU05
6.        Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya. KU06
7.        Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawahtanggungjawabnya. KU07
8.        mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri. KU08
9.        Mampu mengunakan media teknologi untuk mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. KU09
10.    Mendemontrasikan hafalan ayat al-Qur’an atau Hadits terkait dengan profesi bidang  bimbingan konseling Islam  sebagai sumber inspirasi dan nilai bagi pengembangan profesinya. KU10
11.    Mampu menggunakan bahasa Arab dan Inggris untuk tujuan akademik. KU11
12.    Memiliki  kemampuan  soft  skills   sesuai  dengan  tuntutan  profesi (berfikir kritis, kreatif, komunikatif, leadership dan teamwork). KU12

 

D. KETERAMPILAN KHUSUS

Lulusan Program Studi bimbingan konseling Islam memiliki keterampilan khusus sebagai berikut:

No Aspek Keterampilan Khusus Kode
1.

 

Mampu memilih dan memutuskan program layanan bimbingan dan konseling, kegiatan motivasi dan layanan terapi Islam yang tepat dalam berbagai setting yang dihadapi. KK01
2.        Mampu mengambil keputusan dalam kegiatan bimbingan dan konseling, kegiatan motivasi dan layanan terapi Islam berbasis bukti dan berbasis riset dengan memanfaatkan pengetahuan, penguasaaan metodologi, dan kapasitas analisis berdasarkan integrasi ilmu-ilmu keislaman dengan konseling bimbingan dan konseling. KK02
3.        Mampu menerapkan berbagai strategi, pendekatan dan teknik dalam kegiatan bimbingan dan konseling, motivasi dan terapi Islam dalam praktik mandiri dan berbagai setting problem konseli KK03
4.        Mampu merancang media perkuliahan bimbingan konseling Islam  berbasis mobile yang dikembangkan dari aplikasi mobile. KK04
5.        Mampu mendesain berbagai pelayanan konseling Islam di berbagai lembaga pemerintah, non pemerintah dan masyarakat berdasarkan kebutuhan dan karakteristik mahasiswa sesuai standar proses dan hasil. KK05
6.        Mampu menganalisa dan mengevaluasi tingkat pencapaian kompetensi mahasiswa dalam aspek layanan bimbingan konseling Islam dengan pendekatan  teknik-teknik konseling.

 

KK06
7.        Mampu mengembangkan model layanan bimbingan konseling Islam berbasis teknologi komputer dan internet

 

KK07
8.        Mampu merancang dan menjalankan penelitian bidang bimbingan konseling Islam berdasarkan metodologi penulisan ilmiah yang benar sehingga menghasilkan karya ilmiah yang kreatif  dan inovatif bagi pengembangan perkuliahan bimbingan konseling Islam. KK08
9.        Mampu mengembangkan program layanan bimbingan dan konseling Islam,  kegiatan motivasi dan terapi Islam dengan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. KK09
10.    Mampu memberikan layanan bimbingan dan konseling, layanan motivasi dan terai Islam dengan mutu yang terukur sesuai permasalahan konseli. KK10
11.    Mampu mengembangkan profesionalitasnya untuk mendukung tugas bimbingan dan konseling Islam, kegiatan motivasi dan layanan terapi Islamnya. KK11

 

 

MATA KULIAH Sikap dan Tata Nilai Penguasaan Pengetahuan Keterampilan Khusus Keterampilan Umum
ST01 ST02 ST03 ST04 ST05 ST06 ST07 ST08 ST09 ST10 ST11 ST12 PP01 PP02 PP03 PP04 PP05 PP06 PP07 PP08 PP09 PP10 PP11 PP12 PP13 PP14 KK01 KK02 KK03 KK04 KK05 KK06 KK07 KK08 KK09 KK10 KK11 KU01 KU02 KU03 KU04 KU05 KU06 KU07 KU08 KU09 KU10 KU11 KU12
Pancasila
MSI
Pengantar Sejarah Peradaban Islam
Fiqh/Ushul Fiqh
Bahasa Arab 1
Ilmu Komunikasi
Psikologi Umum
Studi Qur’an
Studi Hadits
Pengantar Filsafat
Bahasa Arab 2
Kajian Cirebon
Pendidikan Kewarganegaraan Kewarganegaraan
Akhlak Tasawuf
Psikologi Agama
Filsafat Ilmu
Psikologi Perkembangan
Bahasa Indonesia
Landasan BKI
Praktikum Qiroah dan Ibadah
Ilmu Dakwah
Tafsir BKI
Hadits BKI
Administrasi dan Supervisi BKI
Filsafat Dakwah dan BKI
Psikologi Kepribadian
Bahasa Inggris 1
Psikologi Dakwah
Bimbingan Konseling Karir
Manajemen Dakwah
Psikologi Pendidikan
Metodologi Dakwah
Etika Profesi Konseling Islam
Kesehatan Mental
Analisis Sosial Kritis
Tehnik Penulisan Karya Ilmiah
Bahasa Inggris 2
Konseling Individual & Kelompok
Psikologi Konseling
Leadership & Enterpreneurship
Statistik Sosial
Psikologi Klinis
Penyuluhan Agama
Metodologi Penelitian BKI
Keterampilan Komunikasi Konseling
Konseling Sosial
Psikoterapi Islam
Teori dan Teknik Konseling Islam
Teori Pendampingan Psikososial
BK Pendidikan
Media dan Komunikasi Konseling
Dasar Perawatan Rohani Islam
Konseling Spiritual (pilihan)
Konseling Anak dan Remaja (pilihan)
Konseling Perkawinan (pilihan)
Konseling Multikultural
Konseling Keluarga
Kuliah Kerja Nyata (KKN)
Praktek Ibadah
Kolokium (Seminar Proposal)
Fiqh Keluarga
Praktik Profesi BKI (PPL-1)
Konseling Dewasa dan Manula (pilihan)
Evaluasi dan Tindak lanjut konseling (pilihan)
Konseling Abnormal dan Klinis (pilihan)
Konseling Krisis (pilihan)
Konseling Rumah Sakit (pilihan)
Konseling Qur’ani (pilihan)
Praktik Profesi BKI (PPL-2)
Konseling Komunitas
Konseling Anti Terorisme
Interpersonal Skill
Bimbingan Haji dan Umroh
Skripsi

 

 

SEBARAN ASPEK PENGETAHUAN BERDASARKAN PROFIL LULUSAN

No Profil Lulusan Aspek Penguasaan Pengetahuan
1 Konselor 1. Memahami konsep teoretis bimbingan konseling Islam.
    2. Memahami konsep,prinsip dan sistem ke- bimbingan konseling Islam  serta mampu menerapkannya untuk mengekspresikan perasaan, pikiran dan gagasan baik secara lisan maupun tulisan.
    3. Memahami prinsip dasar-dasar psikologi dan hubungannya dalam pembelajaran ke- bimbingan konseling Islam  untuk memahami karakter mahasiswa.
    4. Memahami konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai metode pembelajaran khususnya yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill).
    5. Memahami Prinsip Pengembangan kurikulum (Silabus) Mata kuliah  bimbingan konseling Islam
    6. Memahami  teori, prinsip dan ragam media pembelajaran  bimbingan konseling Islam berbantukan teknologi informasi dan komunikasi yang diselaraskan dengan karakteristik mahasiswa.
    7. Memahami teori dan paradigma pembelajaran  bimbingan konseling Islam dan Penyuluhan Islam
    8. Memahami teori penelitian dalam bidang psikologi, psikoterapi, penyuluhan dan  bimbingan konseling Islam
2 Terapis Islam 1.

 

Memahami teori dan paradigma pembelajaran  bimbingan konseling Islam dan Penyuluhan Islam
   2. Memahami teori penelitian dalam bidang psikologi, psikoterapi, penyuluhan dan  bimbingan konseling Islam
   3. Memahami konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai metode pembelajaran khususnya yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill).
3 Motivator 1. Memahami konsep,prinsip dan sistem ke- bimbingan konseling Islam  serta mampu menerapkannya untuk mengekspresikan perasaan, pikiran dan gagasan baik secara lisan maupun tulisan.
  2. Memahami prinsip dasar-dasar psikologi dan hubungannya dalam pembelajaran ke- bimbingan konseling Islam  untuk memahami karakter mahasiswa.
   3. Memahami konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai metode pembelajaran khususnya yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill).
4 Penyuluh Agama 1. Memahami metode, prosedur dan teknik –teknik konseling  dan penyuluhan Islam.
  2. Memahami teori  bimbingan konseling Islam  dan penerapannya dalam konteks kekinian baik lisan maupun tulis.
   3. Memahami konsep-konsep teoretis  bimbingan konseling Islam dan penyuluhan Islam.

 

 

 

 

ASPEK KETERAMPILAN KHUSUS BERDASARKAN PROFIL LULUSAN

No Profil Lulusan Aspek Penguasaan Keterampilan Khusus
1 Konselor 1. Mampu memilih dan memutuskan program layanan bimbingan dan konseling, kegiatan motivasi dan layanan terapi Islam yang tepat dalam berbagai setting yang dihadapi.
   2. Mampu mengambil keputusan dalam kegiatan bimbingan dan konseling, kegiatan motivasi dan layanan terapi Islam berbasis bukti dan berbasis riset dengan memanfaatkan pengetahuan, penguasaaan metodologi, dan kapasitas analisis berdasarkan integrasi ilmu-ilmu keislaman dengan konseling bimbingan dan konseling.
   3. Mampu menerapkan berbagai strategi, pendekatan dan teknik dalam kegiatan bimbingan dan konseling, motivasi dan terapi Islam dalam praktik mandiri dan berbagai setting problem konseli
   4. Mampu merancang media perkuliahan bimbingan konseling Islam  berbasis mobile yang dikembangkan dari aplikasi mobile.
   5. Mampu mendesain berbagai pelayanan konseling Islam di berbagai lembaga pemerintah, non pemerintah dan masyarakat berdasarkan kebutuhan dan karakteristik mahasiswa sesuai standar proses dan hasil.
   6. Mampu menganalisa dan mengevaluasi tingkat pencapaian kompetensi mahasiswa dalam aspek layanan bimbingan konseling Islam dengan pendekatan  teknik-teknik konseling.

 

   7. Mampu mengembangkan model layanan bimbingan konseling Islam berbasis teknologi komputer dan internet

 

   8. Mampu merancang dan menjalankan penelitian bidang bimbingan konseling Islam berdasarkan metodologi penulisan ilmiah yang benar sehingga menghasilkan karya ilmiah yang kreatif  dan inovatif bagi pengembangan perkuliahan bimbingan konseling Islam.
    9. Mampu mengembangkan program layanan bimbingan dan konseling Islam,  kegiatan motivasi dan terapi Islam dengan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  10. Mampu memberikan layanan bimbingan dan konseling, layanan motivasi dan terapi Islam dengan mutu yang terukur sesuai permasalahan konseli.
  11. Mampu mengembangkan profesionalitasnya untuk mendukung tugas bimbingan dan konseling Islam, kegiatan motivasi dan layanan terapi Islamnya.
2 Terapis Islam 1.

 

Mampu mengembangkan program layanan bimbingan dan konseling Islam,  kegiatan motivasi dan terapi Islam dengan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
   2. Mampu memberikan layanan bimbingan dan konseling, layanan motivasi dan terapi Islam dengan mutu yang terukur sesuai permasalahan konseli.
   3. Mampu mengembangkan profesionalitasnya untuk mendukung tugas bimbingan dan konseling Islam, kegiatan motivasi dan layanan terapi Islamnya.
3 Motivator 1. Mampu mengambil keputusan dalam kegiatan bimbingan dan konseling, kegiatan motivasi dan layanan terapi Islam berbasis bukti dan berbasis riset dengan memanfaatkan pengetahuan, penguasaaan metodologi, dan kapasitas analisis berdasarkan integrasi ilmu-ilmu keislaman dengan konseling bimbingan dan konseling.
   2. Mampu menerapkan berbagai strategi, pendekatan dan teknik dalam kegiatan bimbingan dan konseling, motivasi dan terapi Islam dalam praktik mandiri dan berbagai setting problem konseli
   3. Mampu memberikan layanan bimbingan dan konseling, layanan motivasi dan terapi Islam dengan mutu yang terukur sesuai permasalahan konseli.
4 Penyuluh Agama 1. Mampu mengembangkan program layanan bimbingan dan konseling Islam,  kegiatan motivasi dan terapi Islam dengan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
    2. Mampu memberikan layanan bimbingan dan konseling, layanan motivasi dan terapi Islam dengan mutu yang terukur sesuai permasalahan konseli.