Profil Jurusan BKI
Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam (BKI) merupakan salah satu jurusan yang berada di Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Beralamat di Jalan Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon 45132 Telp. (0231) 481264 Fax. (0231) 489926.
Visi, Misi, dan Tujuan Jurusan BKI
Visi Prodi Bimbingan dan Konseling Islam
Terwujudnya prodi yang unggul dan terkemuka dalam menghasilkan tenaga profesional dalam bidang Bimbingan dan Konseling Islam (BKI) Tahun 2022.
Rumusan visi tersebut mengandung 2 (dua) kata kunci utama, yaitu: (1)unggul, dan (2) terkemuka. Paparan kedua kunci tersebut, yaitu:
1) Pernyataan “unggul” dimaknai bahwa program studi Bimbingan dan Konseling Islam mampu menghasilkan konselor, terapis islam, penyuluh agama, dan motivator yang unggul dalam hal pemikiran yang logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi keterampilan konseling yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora.
2) Pernyataan “terkemuka” dimaknai bahwa program studi Bimbingan dan Konseling Islam terdepan dalam memberikan pelayanan bimbingan dan
konseling, layanan motivasi dan terapi islam dengan mutu yang terukur sesuai permasalahan konseli sebagai bentuk pelayanan terhadap
Misi Prodi Bimbingan dan Konseling Islam
1) Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran BKI dengan ilmu terkait sebagai proses penyiapan konselor Islam professional.
2) Mengembangkan penelitian BKI untuk kepentingan akademik dan masyarakat.
3) Meningkatkan peran serta dalam upaya membantu menyelesaikan persoalan individu pendidikan dan keluarga.
4) Memperluas kerjasama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi.
Tujuan Prodi Bimbingan dan Konseling Islam
1) Tujuan Umum: mendidik calon konselor, terapis islam, penyuluh agama, dan motivator yang beriman, bertaqwa dan berakhlak mulia serta memiliki keahlian dan keterampilan sebagai sarjana dakwah dalam bidang Bimbingan dan Konseling Islam.
2) Tujuan Khusus: menghasilkan sarjana yang memiliki keahlian akademik, keahlian teoritik dan keahlian praktik di bidang bimbingan dan konseling,
penyuluhan dan psikoterapi Islam yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora.
Video Profil Jurusan Bimbingan Konseling Islam
Profil Lulusan Program Studi Bimbingan Konseling Islam (BKI)
Profil | Deskripsi Profil |
Konselor | menangani masalah interpersonal dan intrapersonal non klinis di masyarakat pengembangan potensi, pencegahan dan penyelesaian masalah orang lain. |
Terapis Islam | Mampu mengenal konseli dan problematikanya; menguasai konsep terapi Islam; melakukan layanan terapi islam; mengembangkan konsep dan praktik layanan terapi islam berbagai setting masyarakat; serta mengitegrasikan terapi islam dengan ilmu-ilmu sosial-humaniora dan sains-teknologi. |
Motivator | Mampu mengenal potensi dan problema konseli; memberikan motivasi bagi peningkatan potensi dan penyelesaian masalah konseli; mengembangkan kegiatan motivasi dalam kajian keagamaan, keluarga, kemasyarakatan dan berbagai komunitas. |
Penyuluh Agama | Mampu mengenal potensi dan problema konseli (jemaah); memberikan motivasi bagi peningkatan potensi dan penyelesaian masalah konseli; mengembangkan kegiatan penyuluhan dalam kajian keagamaan, keluarga, kemasyarakatan dan berbagai komunitas. |
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN PROGRAM STUDI BIMBINGAN KONSELING ISLAM
A. SIKAP
Setiap lulusan program Studi Bimbingan Konseling Islam (BKI) memiliki sikap dan tata nilai sebagai berikut:
No | Sikap dan Tata Nilai | Kode |
1. | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius . | ST01 |
2. | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika | ST02 |
3. | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. | ST03 |
4. | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa. | ST04 |
5. | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. | ST05 |
6. | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan | ST06 |
7. | Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. | ST07 |
8. | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. | ST08 |
9. | Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan dibidang keahliannya secara mandiri. | ST09 |
10. | Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan | ST10 |
11. | Mempunyai ketulusan dan kesungguhan hati untuk mengembangkan nilai-nilai kearifan lokal bagi kemaslahatan masyarakat. | ST11 |
12. | Menunjukkan komitmen untuk berpegang pada nilai-nilai: keteladanan, kejujuran, kesahajaan, kepercayaan, keadilan, kehormatan, dan tanggungjawab . | ST12 |
B. PENGUASAAN PENGETAHUAN
Setiap lulusan program Studi Bimbingan Konseling Islam (BKI) memiliki penguasaan pengatahuan sebagai berikut:
No | Aspek Penguasaan Pengetahuan | Kode |
1. | Memahami konsep teoretis bimbingan konseling Islam. | PP01 |
2. | Memahami konsep,prinsip dan sistem ke- bimbingan konseling Islam serta mampu menerapkannya untuk mengekspresikan perasaan, pikiran dan gagasan baik secara lisan maupun tulisan. | PP02 |
3. | Memahami prinsip dasar-dasar psikologi dan hubungannya dalam pembelajaran ke- bimbingan konseling Islam untuk memahami karakter mahasiswa. | PP03 |
4. | Memahami konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai metode pembelajaran khususnya yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill). | PP04 |
5. | Memahami Prinsip Pengembangan kurikulum (Silabus) Mata kuliah bimbingan konseling Islam | PP05 |
6. | Memahami teori, prinsip dan ragam media pembelajaran bimbingan konseling Islam berbantukan teknologi informasi dan komunikasi yang diselaraskan dengan karakteristik mahasiswa. | PP06 |
7. | Memahami teori dan paradigma pembelajaran bimbingan konseling Islam | PP07 |
8. | Memahami teori penelitian dalam bidang psikologi, psikoterapi, penyuluhan dan bimbingan konseling Islam | PP08 |
9. | Memahami konsep-konsep dasar android dan prosedur operasional aplikasi mobile, serta penerapannya dalam pembelajaran cyber counseling | PP09 |
10. | Memahami metode, prosedur dan teknik –teknik konseling dan penyuluhan Islam. | PP10 |
11. | Memahami teori bimbingan konseling Islam dan penerapannya dalam konteks kekinian baik lisan maupun tulis. | PP11 |
12. | Memahami konsep-konsep teoretis bimbingan konseling Islam dan penyuluhan Islam.
|
PP12 |
C. KETERAMPILAN UMUM
Lulusan Program Studi bimbingan konseling Islam memiliki keterampilan umum sebagai berikut:
No | Aspek Keterampilan Umum | Kode |
1. | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. | KU01 |
2. | Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. | KU02 |
3. | Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. | KU03 |
4. | menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi | KU04 |
5. | Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. | KU05 |
6. | Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya. | KU06 |
7. | Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawahtanggungjawabnya. | KU07 |
8. | mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri. | KU08 |
9. | Mampu mengunakan media teknologi untuk mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. | KU09 |
10. | Mendemontrasikan hafalan ayat al-Qur’an atau Hadits terkait dengan profesi bidang bimbingan konseling Islam sebagai sumber inspirasi dan nilai bagi pengembangan profesinya. | KU10 |
11. | Mampu menggunakan bahasa Arab dan Inggris untuk tujuan akademik. | KU11 |
12. | Memiliki kemampuan soft skills sesuai dengan tuntutan profesi (berfikir kritis, kreatif, komunikatif, leadership dan teamwork). | KU12 |
D. KETERAMPILAN KHUSUS
Lulusan Program Studi bimbingan konseling Islam memiliki keterampilan khusus sebagai berikut:
No | Aspek Keterampilan Khusus | Kode |
1.
|
Mampu memilih dan memutuskan program layanan bimbingan dan konseling, kegiatan motivasi dan layanan terapi Islam yang tepat dalam berbagai setting yang dihadapi. | KK01 |
2. | Mampu mengambil keputusan dalam kegiatan bimbingan dan konseling, kegiatan motivasi dan layanan terapi Islam berbasis bukti dan berbasis riset dengan memanfaatkan pengetahuan, penguasaaan metodologi, dan kapasitas analisis berdasarkan integrasi ilmu-ilmu keislaman dengan konseling bimbingan dan konseling. | KK02 |
3. | Mampu menerapkan berbagai strategi, pendekatan dan teknik dalam kegiatan bimbingan dan konseling, motivasi dan terapi Islam dalam praktik mandiri dan berbagai setting problem konseli | KK03 |
4. | Mampu merancang media perkuliahan bimbingan konseling Islam berbasis mobile yang dikembangkan dari aplikasi mobile. | KK04 |
5. | Mampu mendesain berbagai pelayanan konseling Islam di berbagai lembaga pemerintah, non pemerintah dan masyarakat berdasarkan kebutuhan dan karakteristik mahasiswa sesuai standar proses dan hasil. | KK05 |
6. | Mampu menganalisa dan mengevaluasi tingkat pencapaian kompetensi mahasiswa dalam aspek layanan bimbingan konseling Islam dengan pendekatan teknik-teknik konseling.
|
KK06 |
7. | Mampu mengembangkan model layanan bimbingan konseling Islam berbasis teknologi komputer dan internet
|
KK07 |
8. | Mampu merancang dan menjalankan penelitian bidang bimbingan konseling Islam berdasarkan metodologi penulisan ilmiah yang benar sehingga menghasilkan karya ilmiah yang kreatif dan inovatif bagi pengembangan perkuliahan bimbingan konseling Islam. | KK08 |
9. | Mampu mengembangkan program layanan bimbingan dan konseling Islam, kegiatan motivasi dan terapi Islam dengan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. | KK09 |
10. | Mampu memberikan layanan bimbingan dan konseling, layanan motivasi dan terai Islam dengan mutu yang terukur sesuai permasalahan konseli. | KK10 |
11. | Mampu mengembangkan profesionalitasnya untuk mendukung tugas bimbingan dan konseling Islam, kegiatan motivasi dan layanan terapi Islamnya. | KK11 |
MATA KULIAH | Sikap dan Tata Nilai | Penguasaan Pengetahuan | Keterampilan Khusus | Keterampilan Umum | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
ST01 | ST02 | ST03 | ST04 | ST05 | ST06 | ST07 | ST08 | ST09 | ST10 | ST11 | ST12 | PP01 | PP02 | PP03 | PP04 | PP05 | PP06 | PP07 | PP08 | PP09 | PP10 | PP11 | PP12 | PP13 | PP14 | KK01 | KK02 | KK03 | KK04 | KK05 | KK06 | KK07 | KK08 | KK09 | KK10 | KK11 | KU01 | KU02 | KU03 | KU04 | KU05 | KU06 | KU07 | KU08 | KU09 | KU10 | KU11 | KU12 | |||||
Pancasila | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | |||||||||||||||||||||||||||
MSI | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pengantar Sejarah Peradaban Islam | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Fiqh/Ushul Fiqh | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Bahasa Arab 1 | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Ilmu Komunikasi | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Psikologi Umum | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Studi Qur’an | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | ||||||||||||||||||||||||||||||
Studi Hadits | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | |||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pengantar Filsafat | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Bahasa Arab 2 | √ | √ | √ | √ | √ | √ | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kajian Cirebon | √ | √ | √ | √ | √ | √ | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pendidikan Kewarganegaraan Kewarganegaraan | √ | √ | √ | √ | √ | √ | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Akhlak Tasawuf | √ | √ | √ | √ | √ | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Psikologi Agama | √ | √ | √ | √ | √ | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Filsafat Ilmu | √ | √ | √ | √ | √ | √ | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Psikologi Perkembangan | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Bahasa Indonesia | √ | √ | √ | √ | √ | √ | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Landasan BKI | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Praktikum Qiroah dan Ibadah | √ | √ | √ | √ | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Ilmu Dakwah | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Tafsir BKI | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Hadits BKI | √ | √ | √ | √ | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Administrasi dan Supervisi BKI | √ | √ | √ | √ | √ | √ | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Filsafat Dakwah dan BKI | √ | √ | √ | √ | √ | √ | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Psikologi Kepribadian | √ | √ | √ | √ | √ | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Bahasa Inggris 1 | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Psikologi Dakwah | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Bimbingan Konseling Karir | √ | √ | √ | √ | √ | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Manajemen Dakwah | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Psikologi Pendidikan | √ | √ | √ | √ | √ | √ | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Metodologi Dakwah | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Etika Profesi Konseling Islam | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kesehatan Mental | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Analisis Sosial Kritis | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Tehnik Penulisan Karya Ilmiah | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Bahasa Inggris 2 | √ | √ | √ | √ | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Konseling Individual & Kelompok | √ | √ | √ | √ | √ | √ | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Psikologi Konseling | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Leadership & Enterpreneurship | √ | √ | √ | √ | √ | √ | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Statistik Sosial | √ | √ | √ | √ | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Psikologi Klinis | √ | √ | √ | √ | √ | √ | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Penyuluhan Agama | √ | √ | √ | √ | √ | √ | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Metodologi Penelitian BKI | √ | √ | √ | √ | √ | √ | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Keterampilan Komunikasi Konseling | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Konseling Sosial | √ | √ | √ | √ | √ | √ | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Psikoterapi Islam | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Teori dan Teknik Konseling Islam | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Teori Pendampingan Psikososial | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
BK Pendidikan | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Media dan Komunikasi Konseling | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Dasar Perawatan Rohani Islam | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Konseling Spiritual (pilihan) | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Konseling Anak dan Remaja (pilihan) | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Konseling Perkawinan (pilihan) | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Konseling Multikultural | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Konseling Keluarga | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kuliah Kerja Nyata (KKN) | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Praktek Ibadah | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kolokium (Seminar Proposal) | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Fiqh Keluarga | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Praktik Profesi BKI (PPL-1) | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Konseling Dewasa dan Manula (pilihan) | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Evaluasi dan Tindak lanjut konseling (pilihan) | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Konseling Abnormal dan Klinis (pilihan) | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Konseling Krisis (pilihan) | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Konseling Rumah Sakit (pilihan) | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Konseling Qur’ani (pilihan) | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Praktik Profesi BKI (PPL-2) | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Konseling Komunitas | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Konseling Anti Terorisme | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Interpersonal Skill | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Bimbingan Haji dan Umroh | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Skripsi |
SEBARAN ASPEK PENGETAHUAN BERDASARKAN PROFIL LULUSAN
No | Profil Lulusan | Aspek Penguasaan Pengetahuan | |
1 | Konselor | 1. | Memahami konsep teoretis bimbingan konseling Islam. |
2. | Memahami konsep,prinsip dan sistem ke- bimbingan konseling Islam serta mampu menerapkannya untuk mengekspresikan perasaan, pikiran dan gagasan baik secara lisan maupun tulisan. | ||
3. | Memahami prinsip dasar-dasar psikologi dan hubungannya dalam pembelajaran ke- bimbingan konseling Islam untuk memahami karakter mahasiswa. | ||
4. | Memahami konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai metode pembelajaran khususnya yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill). | ||
5. | Memahami Prinsip Pengembangan kurikulum (Silabus) Mata kuliah bimbingan konseling Islam | ||
6. | Memahami teori, prinsip dan ragam media pembelajaran bimbingan konseling Islam berbantukan teknologi informasi dan komunikasi yang diselaraskan dengan karakteristik mahasiswa. | ||
7. | Memahami teori dan paradigma pembelajaran bimbingan konseling Islam dan Penyuluhan Islam | ||
8. | Memahami teori penelitian dalam bidang psikologi, psikoterapi, penyuluhan dan bimbingan konseling Islam | ||
2 | Terapis Islam | 1.
|
Memahami teori dan paradigma pembelajaran bimbingan konseling Islam dan Penyuluhan Islam |
2. | Memahami teori penelitian dalam bidang psikologi, psikoterapi, penyuluhan dan bimbingan konseling Islam | ||
3. | Memahami konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai metode pembelajaran khususnya yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill). | ||
3 | Motivator | 1. | Memahami konsep,prinsip dan sistem ke- bimbingan konseling Islam serta mampu menerapkannya untuk mengekspresikan perasaan, pikiran dan gagasan baik secara lisan maupun tulisan. |
2. | Memahami prinsip dasar-dasar psikologi dan hubungannya dalam pembelajaran ke- bimbingan konseling Islam untuk memahami karakter mahasiswa. | ||
3. | Memahami konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai metode pembelajaran khususnya yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill). | ||
4 | Penyuluh Agama | 1. | Memahami metode, prosedur dan teknik –teknik konseling dan penyuluhan Islam. |
2. | Memahami teori bimbingan konseling Islam dan penerapannya dalam konteks kekinian baik lisan maupun tulis. | ||
3. | Memahami konsep-konsep teoretis bimbingan konseling Islam dan penyuluhan Islam.
|
ASPEK KETERAMPILAN KHUSUS BERDASARKAN PROFIL LULUSAN
No | Profil Lulusan | Aspek Penguasaan Keterampilan Khusus | |
1 | Konselor | 1. | Mampu memilih dan memutuskan program layanan bimbingan dan konseling, kegiatan motivasi dan layanan terapi Islam yang tepat dalam berbagai setting yang dihadapi. |
2. | Mampu mengambil keputusan dalam kegiatan bimbingan dan konseling, kegiatan motivasi dan layanan terapi Islam berbasis bukti dan berbasis riset dengan memanfaatkan pengetahuan, penguasaaan metodologi, dan kapasitas analisis berdasarkan integrasi ilmu-ilmu keislaman dengan konseling bimbingan dan konseling. | ||
3. | Mampu menerapkan berbagai strategi, pendekatan dan teknik dalam kegiatan bimbingan dan konseling, motivasi dan terapi Islam dalam praktik mandiri dan berbagai setting problem konseli | ||
4. | Mampu merancang media perkuliahan bimbingan konseling Islam berbasis mobile yang dikembangkan dari aplikasi mobile. | ||
5. | Mampu mendesain berbagai pelayanan konseling Islam di berbagai lembaga pemerintah, non pemerintah dan masyarakat berdasarkan kebutuhan dan karakteristik mahasiswa sesuai standar proses dan hasil. | ||
6. | Mampu menganalisa dan mengevaluasi tingkat pencapaian kompetensi mahasiswa dalam aspek layanan bimbingan konseling Islam dengan pendekatan teknik-teknik konseling.
|
||
7. | Mampu mengembangkan model layanan bimbingan konseling Islam berbasis teknologi komputer dan internet
|
||
8. | Mampu merancang dan menjalankan penelitian bidang bimbingan konseling Islam berdasarkan metodologi penulisan ilmiah yang benar sehingga menghasilkan karya ilmiah yang kreatif dan inovatif bagi pengembangan perkuliahan bimbingan konseling Islam. | ||
9. | Mampu mengembangkan program layanan bimbingan dan konseling Islam, kegiatan motivasi dan terapi Islam dengan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. | ||
10. | Mampu memberikan layanan bimbingan dan konseling, layanan motivasi dan terapi Islam dengan mutu yang terukur sesuai permasalahan konseli. | ||
11. | Mampu mengembangkan profesionalitasnya untuk mendukung tugas bimbingan dan konseling Islam, kegiatan motivasi dan layanan terapi Islamnya. | ||
2 | Terapis Islam | 1.
|
Mampu mengembangkan program layanan bimbingan dan konseling Islam, kegiatan motivasi dan terapi Islam dengan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. |
2. | Mampu memberikan layanan bimbingan dan konseling, layanan motivasi dan terapi Islam dengan mutu yang terukur sesuai permasalahan konseli. | ||
3. | Mampu mengembangkan profesionalitasnya untuk mendukung tugas bimbingan dan konseling Islam, kegiatan motivasi dan layanan terapi Islamnya. | ||
3 | Motivator | 1. | Mampu mengambil keputusan dalam kegiatan bimbingan dan konseling, kegiatan motivasi dan layanan terapi Islam berbasis bukti dan berbasis riset dengan memanfaatkan pengetahuan, penguasaaan metodologi, dan kapasitas analisis berdasarkan integrasi ilmu-ilmu keislaman dengan konseling bimbingan dan konseling. |
2. | Mampu menerapkan berbagai strategi, pendekatan dan teknik dalam kegiatan bimbingan dan konseling, motivasi dan terapi Islam dalam praktik mandiri dan berbagai setting problem konseli | ||
3. | Mampu memberikan layanan bimbingan dan konseling, layanan motivasi dan terapi Islam dengan mutu yang terukur sesuai permasalahan konseli. | ||
4 | Penyuluh Agama | 1. | Mampu mengembangkan program layanan bimbingan dan konseling Islam, kegiatan motivasi dan terapi Islam dengan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. |
2. | Mampu memberikan layanan bimbingan dan konseling, layanan motivasi dan terapi Islam dengan mutu yang terukur sesuai permasalahan konseli. |