Jurusan Akuntansi Syariah

IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Bismilllahirrohmanirrohim..

Assalamualaikum wr wb…

Puji Syukur ke Hadirat Allah SWT, atas berkat rahmatNYa, Program Studi Akuntansi Syariah dapat berdiri tegak hingga saat ini dan memberi kontribusi bagi bangsa dan negara.

Sholawat serta salam semoga selalu tercurah kepada baginda Nabi kita Muhhamad SAW,..

Allahuma Sholi alla sayidina Muhamad wa ala alihi sayidina Muhamad

Semoga kita semua termasuk umat nya yang taat, yang kelak mendapat  syafaatnya di hari akhir nanti, Amiin…

Selamat datang di website Program Studi Akuntansi Syariah, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Di era globalisasi, Pendidikan Tinggi akan mengalami kecenderungan perkembangan yang dinamis dan cepat, dalam merespon dinamikan ini diperlukan paradigm pendidikan tinggi. Paradigm pendidikan tinggi yang dicanangkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi memperhatikan berbagai elemen otonomi, akreditasi dan akuntabilitas dalam mewujudkan kualitas SDM yang tinggi.  Perguruan Tinggi sebagai Agent of Change memiliki peran yang besar dalam pembangunan bangsa.  Sebagai agent of chane Perguruan Tinggi mentransformasi sumber daya manusia dan iptek menjadi Sumbaer Daya Manusia yang berkompeten.  Oleh karena itu Prodi Akuntansi Syariah harus mampu menjawab tantangan masa depan tersebut dengan melaksanakan peran dan tugas sebaik baiknya.

Prodi akuntanasi syariah terus berjuang dan berbenah untuk mencapai tujuan yang dicanangkan dalam visi Program Studi Akuntansi syariah

Terwujudnya program studi yang unggul, terkemuka dan mampu bersaing dalam menghasilkan profesional dalam bidang akuntansi syariah yang berahlak mulia dan berwawasan ke Indonesiaan pada tahun 2023 di tingkat nasional

Unggul, berarti program Studi Akuntansi Syariah melaksanakan proses pembelajaran  yang berkualitas yang didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai untuk menghasilkan SDM yang memiliki daya saing.  Program Studi Akuntansi Syariah diarahkan menjadi lembaga pendidikan terdepan dalam melaksanakan prndidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Terkemuka, memiliki kepribadian kuat dan berakhlah mulia,  berbudaya  madani dan mampu menunjukan jiwa kepemimpinan dalam mengembangkan ilmu akuntansi syariah.

Misi Program Studi Akuntansi Syariah: 1) Menyelenggarakan pendidikan dalam bidang Akuntansi Syariah dengan pendekatan berfikir kritis dan inovatif yang menekankan pada praktek Akuntansi Syariah di Indonesia, 2) Melakukan dan mempublikasikan penelitian yang berkualitas dalam bidang Akuntansi Syariah dan mewujudkan HAKI, 3) Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui pencerahan nilai-nilai keislaman dalam bidang akuntansi syariah, 4) Menyelenggarkan tata kelola lembaga yang mengacu pada Good Corporate Governance dan menjalin kerjasama dengan entitas Syariah serta Lembaga Profesi Akuntansi.

Mahasiswa Prodi Akuntansi merupakan mahasiswa yang berpotensi karena telah terjaring melalui beberapa tahapan seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru.  Kualitas input mahasiswa melalui seleksi penerimaan mahasiswa baru yang terdiri dari tiga jalur yaitu SPAN-PTKIN (Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri), UMPTKIN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) dan SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Mandiri).  Meskipun belum mempunyai lulusan, namun animo masyarakat selalu meningkat sejak program studi Akuntansi Syariah dibuka tahun 2018. Program Studi Akuntansi syariah  hingga saat ini memiliki 3 angkatan dengan jumlah mahasiswa sebesar 351 mahasiswa, (terdiri dari 96 orang TA 2018/19, 125 orang TA 2019/20, dan 130 otang TA 2020/21.

Dosen tetap program studi terdiri dari 11 orang dosen dan 25 dosen tetap bergelar S2 dan S3 lulusan universitas ternama dan yang memiliki pengalaman mengajar yang baik.  Kurikulum Program Studi Akuntansi Syariah selalu dipantau agar selaras dengan kebutuhan pasar dengan meminta masukan dari stakeholder terkait. Kurikulum yang sesuai dengan SN Dikti.

Pengajaran pada Program Studi Akuntansi Syariah didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai.  Metode pengajaran saat ini metoda Daring diantaranya bisa melalui google classroom, google meet, WA, e learning, dan media yang lain yang mana tidak memberatkan mahasiswa dalam hal kuota sehingga aktivitas pengajaran berjalan dengan lancer.  Program Studi Akuntansi Syariah terbuka bagi mahasiswa yang memerlukan bimbingan dan konsultasi dalam proses pembelajaran.   Proses pembelajaran Student Laernimg Center yang menekankan pada kompetensi lulusan bidang akuntansi syariah yang mampu meningkatkan kreativitas mahasiswa  dalam kegiatan belajar.

Program Studi Akuntansi Syariah berkomitmen akan terus meningkatkan kualitas dan tenaga pengajar dan pendidik dan memberikan layanan terbaik bagi mahasiswa dan masyarakat. Semoga prodi Akuntansi Syariah dapat terus maju dan memberi kontribusi bagi semua pihak dan menjadi Rahmatan Lil alamin …

Demikianlah semoga Website Program Studi Akuntansi Syariah dapat bermanfaat bagi kita semua.

Wabillahi taufiq wal hidayah,

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

Ketua Program Studi Akuntansi Syariah

Nining Wahyuningsih, SE, MM