Jurusan AFI Mengadakan Diskusi Perdana dan Pembentukan Forum Kamisan Hayy bin Yaqzhan

Jurusan AFI Mengadakan Diskusi Perdana dan Pembentukan Forum Kamisan Hayy bin Yaqzhan

Jurusan Aqidah dan Filsafat Islam (AFI) IAIN Syekh Nurjati Cirebon menyelenggarakan diskusi perdana 09 Februari 2023. Diskusi ini direncanakan rutin diadakan setiap kamis pagi, bertujuan mengembangkan dan tukar gagasan antar dosen AFI demi kemajuan, pengembangan kualitas intelektual para agen pengetahuan tersebut. berbagai pengetahuanrutin, yang dilaksanakan setiap kamis pagi. Diskusi yang dinamakan Forum Kamisan Hayy bin Yaqzhan tersebut dimulai dengqn sambutan ketua jurusan AFI. Dalam sambutannya, Ketua Jurusan AFI, Dr. Mustopa, MA. mengatakan forum ini diharapkan menjadi wadah peningkatan kualitas sehingga diharapkan dosen dalam aktivis belajar mengajarnya menjadi maksimal.

Sebagai pengantar, diskusi dibuka oleh Koordinator Forum Kamisan, Bisri, M.Fil. Forum Kamisan ini, menurut Bisri, menjadi kawah candradimuka untuk mematangkan pengetahuan dan daya kritis dosen-dosen AFI sehingga mereka menjadi dosen yang berkualitas, mumpuni dan berwawasan integratif. Hal demikian wajar, karena materi yang disajikan lintas disiplin keilmuan dan ke depan forum ini diharapkan yang menjadi pemateri dan partisipan bukan hanya dosen AFI tetapi dosen jurusan lain bahkan fakultas lain. Kita harus mulai langkah jihad intelektual ini dari jurusan AFI.

Pada diskusi perdana ini yang bertindak sebagai pemateri Dr. Fuad Nawawi, M.Ud, dengan materi Hermeneutik dan Problem Kontemporer. Hermeneutik, menurut Fuad, harus menjadi bekal pengetahuan bagi kita semua, karena tujuan hermeneutik adalah membangun kesadaran konteks, yang mengimplikasikan pada sikap yang toleran dan kritis saat membaca teks baik teks tertulis maupun teks yang berupa produk-produk kebudayaan. Fuad pada pemaparan selanjutnya menjelaskan triadik hermeneutik: dunia Author, dunia Teks dan dunia Reader. Kemudian Fuad lebih lanjut memaparkan konsep-konsep hermeneutik yang digagas Fredrick Schleiermacher dan Wilhelm Dilthey. Forum diakhiri dengan tanya jawab.