SmartCampus
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text

alterntif text
Link Portal Zona Integritas
alterntif text
alterntif text
alterntif text
  • KUNJUNGAN FITK IAIN PEKALONGAN KE FITK IAIN SYEKH NURJATI CIREBON Desember 10, 2018
    Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan (F-ITK) IAIN Syekh Nurjati Cirebon menerima Kunjungan Fakultas Tarbiyah IAIN Pekalongan di Gedung Aula Pascasarjana dan F-ITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr. H.M. Sugeng Shalahudin, M.Ag (Dekan F-ITK Pekalongan) beserta jajarannya yang berjumlah 20 orang disambut langsung oleh Dr. Ilman Nafia, M.Pd (Dekan F-ITK) beserta jajarannya. Tujuan Kunjungan tersebut adalah untuk […]
  • UPGRADING BAHASA UNTUK DOSEN FITK November 9, 2018
    Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon menggelar Upgrading Penguatan Bahasa Asing Bagi Mahasiswa di Aula Hotel Grand Tryas Cirebon pada Hari jumat 22 November 2018. Upgrading Bahasa ini menghadirkan narasumber yang mumpuni di bidang Bahasa Inggris dan Bahasa Arab yakni bapak Lala Bumela, M.Pd dan bapak Hasan […]
  • PENGUMUMUAN PENGUJIAN LAPORAN PPL Oktober 22, 2018
    PENGUMUMAN Nomor: 6802/In.08/F.I/PP.00.9/10/2018   Diumumkan kepada mahasiswa praktikan PPL  Bahwa :   Hasil Laporan PPL Individu di Madrasah/Sekolah akan diujikan mulai tanggal 27 s.d 28 Oktober 2018. Dosen Penguji laporan PPL bisa dilihat di sini SK Dosen Penguji, Daftar Hadir & Rekapitulasi Nilai Pengujian Laporan berkas sudah ada di Dosen Penguji Laporan PPL. Pada saat […]
  • UNDANGAN BIMBINGAN KARIR BAGI CALON WISUDAWAN Oktober 9, 2018
        Diberitahukan kepada calon wisudawan XVIII Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) untuk menghadiri kegiatan Bimbingan Karir Keprofesian Bagi Calon Wisudawan Gelombang ke XVIII Oktober 2018 yang akan dilaksanakan pada hari Rabu 17 Oktober 2018 Pukul 08.00 bertempat di Aula Pasca Sarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon, dengan tema “Orientasi Kebijakan Program Pendidikan Profesi Guru […]
  • SOP Pelayanan Akademik Oktober 6, 2018
    SOP PENERIMAAN MAHASISWA JALUR UM-PTKIN SOP PENERIMAAN MAHASISWA JALUR SPMB-MANDIRI SOP PENYETINGAN MATA KULIAH KRS ONLINE SOP PENGISIAN KRS ONLINE SOP PELAKSANAAN PERKULIAHAN SOP CUTI AKADEMIK SOP KKN SOP PELAKSANAAN UJIAN KOMPREHENSIF SOP PELAKSANAAN SEMINAR PROPOSAL PELAKSANAAN BIMBINGAN SOP PELAKSANAAN MUNAQOSYAH SOP PELAKSANAAN YUDISIUM SOP PENDAFTARAN WISUDA SOP LEGALISIR

Fakultas dan Jurusan IAIN Syekh Nurjati Cirebon bersertifikat SNI ISO 9001:2015

Audit Sertifikasi ISO 9001:2015 telah dilaksanakan pada tanggal 28 – 30 november 2018 dilingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Satu minggu setelah pelaksanaan kegiatan tersebut tim auditor merekomendasikan bahwa sertifikat TÜV Rheinland no. 824 100 18114 diterbitkan untuk Jurusan dan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

TUV Certifikat

kini Kampus IAIN Syekh Nurjati Cirebon bersertifikat SNI ISO 9001:2015 sebagai Management of higher education services in the Sciences of Faculty Tarbiyah and Teaching. Namun pernyataan ini hanya berlaku 3 (tiga) bulan dari tanggal dikeluarkan dan/ akan tidak berlaku  setelah sertifikat terbit. untuk mendapatkan hasil tersebut tidaklah mudah fakultas dan jurursan membutuhkan perjuangan dan waktu yang harus dilalui.

 

 

AMI sebagai Kendali Mutu Jurusan Internal Kampus IAIN Syekh Nurjati Cirebon

WhatsApp Image 2018-11-14 at 10.38.57

Kamis, 08 November 2018 Lembaga Penjamin Mutu (LPM) IAIN Syekh Nurjati Cirebon mengadakan kegiatan (AMI)  Audit Mutu Internal ditiap unit kampus IAIN Syekh Nurjati Cirebon dan tidak terkecuali Jurusan Tadris IPA Biologi  salah satu jurusan yang mengapresiasi dari kegiatan tersebut yang dilaksanakan oleh LPM Internal Kampus yang dilaksanakan secara serentak selama tiga hari diamana penugasan auditornya dilaksanakan oleh dosen dan pegawai internal kampus dengan sitem silang dari unit yang satu menguji atau memeriksa unit yang lain.

tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut sebagai cara atau langkah untuk menjaga kualitas atau mutu pelayanan adakademik ataupun administrasi dari tiap-tiap unit dilingkungan IAIN syekh Nurjati Cirebon. keuntungan bagi jurusan Tadris IPA Biologi tersendiri yaitu sebagai pelatihan untuk menghadapi Akreditasi yang akan dilaksanakan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), dengan adanya AMI Tadris IPA Biologi bisa megetahui kekurangan yang ada pada jurusan itu sendiri.

WhatsApp Image 2018-11-14 at 10.39.01

Team Auditor untuk Jurusan Tadris IPA Biologi terdiri dari dua orang, yang pertama adalah Dr. Abdul Aziz, M.Ag Dosen Fakultas Syari’ah dan Ekonomi Islam, yang kedua adalah Dodi Dahwana kasubag Akademik dan Kemahasiswaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon, walaupun pelaksaanya hanya beberapa jam yang dilaksanakan pukul 14.00 – 16.00 WIb banyak manfaat yang dirasakan oleh jurusan  itu sendiri.

dalam rapat pengumuman hasil audit mutu yang telah dilaksakan, dari sekian unit dan jurusan yang ada di IAIN Syekh Nurjati IPA Biologi sebagai salah satu contoh jurusan yang memenuhi standar mutu administrasi ataupun kelayakan, dari itu pula Jurusan IPA Biologi akan terus berusaha untuk menjadikan jurusan yang benar-benar berkualitas dari segi akademis dan lulusan.

PERINGATAN MAULID NABI TADRIS IPA BIOLOGI

WhatsApp Image 2018-10-05 at 17.45.52

Himpunan  Mahasiswa Jurusan Tadris IPA Biologi pada Jumat 05 Oktober 2018 dalam Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW lebih awal, tujuan dari acara tersebut dilaksanakan lebih awal karena padatnya kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Tadris IPA Biologi pada bulan-bulan berikutnya, oleh karenanya acara tersebut dilaksanakan lebih awal dari biasanya.

acara diisi sambuatan oleh Mujib Ubaidillah, M.Pd selaku dosen dari Jurusan Biologi, selain beliau acara tersebut dihadiri oleh ketua jurusan berikut sekretaris Jurusan Tadris IPA Biologi Dr. Kartimi, M.Pd dan Asep Mulyani, M.Pd.

OREINTASI LAPANGAN MAHASISWA TAHUN AKADEMIK 2018/2019

WhatsApp Image 2018-10-31 at 14.54.54

Lengkong Majalengka, Pasca Pengenalan Jurusan Tadris IPA di Lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Kali Kedua Himpunan Mahasiswa Jurusan Tadris IPa Biologi menghadakan kegiatan dimana pelaksaannya dilingkungan alam bebas, acara dilaksanakan selama satu hari satu amalam tepatnya di cileuleus desa lengkong kabaten Majalengka.

WhatsApp Image 2018-10-31 at 14.56.06(1)

acara berlangsung sukses dan lancar berkat adanya kerjasama antar pihak yang bersangkutan yaitu dari pihak kampus ataupun dari pihak desa setempat, tyujuan diadakannya orientasi lapangan ini adalah pembekalan atau pengenalan lingkungan alam yang sesungguhnya sehingga mahasiswa dapat atau memperoleh ilmu tentang alam bebas dan dapat menjaga kelestarian lingkungan alam dan hayati yang ada.

PENGENALAN JURUSAN TADRIS BIOLOGI

WhatsApp Image 2018-08-30 at 20.56.18(2)

Ketua Jurusan Tadris IPA Biologi Dr. Kartimi, M.Pd tengah memberikan sambutan kepada mahasiswa baru tahun akademik 2018/2019 pada tanggal 30 Agustus 2018, beliau memberikan sapaan hangat kepada Mahasiswa baru dengan memperkenalkan segala yang ada di jyurusan Tadris IPA Biolkogi.

Beliau mengharapkan kepada seluruh mahasiswa baru agar semangat dalam mebangun diri dan dapat menjadi calon pendidik yang baik kelak menjadi seorang pengajar, acara berjalan dengan meriah yang didukung oleh Himpinan Mahasiswa Jurusan Tadris IPA biologi sebagai mediator antara pihak jurusan dan calon mahasiswa baru.

WhatsApp Image 2018-08-30 at 20.56.18

acara berlangsung dihalam jurusan Tadris IPA Biologi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan dimana diikuti sebanyak 215 Mahasiswa Baru yang lolos tes Ujian Seleksi calon Mahasiswa Baru IAIN Syekh Nurjati cirebon Tahun Akademik 2018/2019.

SIDANG MUNAQASAH JURUSAN TADRIS IPA BIOLOGI JUNI 2018

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon pada Jumat 20 Juli 2018 melaksanakan sidang munaqasah terbuaka yang bertermpat di Lantai tiga Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.

WhatsApp Image 2018-10-31 at 15.48.36

sidang dilaksanakan dan dihadiri oleh sepuluh peserta atau pendaftar sidang, sedangkan pada pelaksaaanya sidang diujikan secara berurutan sesuai dengan jadwal yang telah disediakan oleh pihak jurusan Tadris IPa Biologi, dari kesepuluh peserta sidang yang mulai pukul 07.30  – 17.30 WIB Syukur Alhamdulillah semunaya dinyatakan Lulus akan tetapi masih ada sedikit perbaikan pada sekripsi yang diujikan.

Sidang Gelombang XXIX Tadris IPA Biologi 2018

 

WhatsApp Image 2018-10-31 at 16.11.32

Cirebon, Selasa 26 Juni 2018 Jurusan Tadris IPA Biologi telah melaksanakan sidang Skripsi yang bertempat dilatai tiga Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon, keunikan pada sidang skripsi kali ini tidak seperti biasanya dengan dihadirkannya atau diasksikan oleh orang tua peserta sidang itu sendiri.

WhatsApp Image 2018-10-31 at 16.11.31

tujuan dihadirkannya orang tua mahasiswa peserta sidang skripsi ini supaya orang tua mengetahui penguasaan materi dari putra putrinya selama menempuh perkuliahan dari awal hingga tahap akhir sampai penelitian ilmiah.

acara seperti biasanya dimulai pukul 07.30 – 16.30 WIb, cuma perbedaanya kali ini dilaksanakan secara terbuka dan di gedung FITK yang sebelumnya dilaksanakan pada jurusan masing-masing.

HUKUM TAYAMUM DALAM AL-QUR’AN YANG BERKAITAN DALAM KEILMUAN KIMIA

NAMA: AYU LESTARI

Kimia merupakan ilmu pengetahuan yang muncul sejak munculnya pemikiran ilmuan secara ilmiah, Kimia (dari bahasa Arab: كيمياء, atau kimiya = perubahan  benda/zat itu adalah ilmu yang mempelajari mengenai komposisi, struktur, dan sifat zat atau materi dari skala atom hingga molekul serta perubahan atau transformasi serta interaksi mereka untukm embentuk materi yang ditemukan sehari-hari. Kimia juga mempelajari pemahaman sifatdan interaksi atom individu dengan tujuan untuk menerapkan pengetahuan tersebut pada tingkat makroskopik. Menurut kimia modern, sifat fisik materi umumnya ditentukan oleh struktur pada tingkat atom yang pada gilirannya ditentukan oleh gaya antara atom dan ikatan kimia.

Ilmu Kimia juga mendapatkan perhatian dan dorongan dari Al-Qur’an untuk dikembangkan. Manusia dan seluruh lingkungan hidupnya terbentuk dari elemen-elemen dan subtansi-subtansi yang tergabung menjadi sebuah ikatan kimia menurut hukum Allah. Bagi ahli kimia, ini merupakan indikasi yang jelas bahwa campuran unsur-unsur tertentu bisa menghasilkan unsur yang baru sama sekali tidak berhubungan dengan unsur-unsur asalnya dalam hal sifat, zat, atau dampaknya.

Manfaat Tayamum sebagai pengganti wudhu dan berkaitan dengan keilmuan, sebagaimana bahwa hikmah berwudhu adalah hanya membersihkan badan dari kotoran yang menempel pada  tubuh.

Ternyata, hanya dengan membasuh kulit tubuh dengan air itu lah kelebihan elektron di permukaan tubuh kita akan dinetralkan (Berwhudu).

Dengan teori ”kotoran” electron listrik statis ini lah akhirnya rahasia di balik Tayamum sebagai pengganti wudhu menjadi terang benderang.

 Bahwa air yang di basuhkan kekulit tubuh akan menetralkan listrik statis di tubuh kita, “Kotoran” itu bernama elektron, yang apa bila terlalu banyak terakumulasi di tubuh bisa merusak kesetimbangan sistem elektrolit cairan di dalam tubuh. Dan penetralan itu bisa diganti dengan menebakkan tangan ketanah dan mengusapkan debu wajah dan telapak tangan.

HIMBIO Gelar Seminar dan Pelatihan Ekonomi Kreatif

Baru-baru ini HIMBIO (Himpunan Mahasiswa Biologi) IAIN Syekh Nurjati Cirebon menyelenggarakan kegiatan “SEMINAR & PELATIHAN EKONOMI KREATIF” pada hari Sabtu tanggal 13 April 2018 di Gedung kuliah Kampus IAIN Syekh Nurjati, yang diikuti oleh mahasiswa Tadris IPA Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih mahasiswa Tadris IPA Bioologi agar menjadi kreatif dan berinovasi dalam era milenia ini.

Pemateri dalam kegiatan ini tidak lain adalah salah satu dosen aktif yang ada di Jurusan Tadris IPA Biologi yaitu Shofwatun Nada M.Pd, bukan hanya menyajikan materi tapi beliau juga mengajarkan bagaimana caranya agar membuat produk yang bernilai jual tinggi yang berasal dari barang-barang yang sudah tidak terpakai contohnya adalah botol mineral bekas.

Luqman Zaeni selaku Ketua umum HIMBIO (Himpunan Mahasiswa Biologi) memaparkan bahwa kegiatan ini adalah salah satu Program Kerja dari Divisi yang ada di dalam HIMBIO yaitu Divisi PPLH (Penggembangan dan Penelitian Lingkungan Hidup) yang memiliki fungsi dalam pelestarian lingkungan hidup. Kegiatan ini terselenggara atas dasar banyaknya sampah yang menumpuk yang sebenarnya dapat diolah agar menjadi barang yang bernilai jual tinggi.

Foto Bersama

Foto dari INFOKOM HIMBIO

Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini, terlihat mereka sangat aktif dalam membuat produk dan mengikuti arahan dari pemateri. Dalam kegiatan ini peserta dibagi kedalam beberapa kelompok yang berbeda. Sebelumnya para peserta diwajibkan untuk membawa botol mineral bekas yang sudah tidak terpakai.

“Alhamdulillah salah satu program kerja dari divisi PPLH dapat diselenggarakan, saya merasa senanng karena peserta yang mengikuti kegiatan ini diluar dugaan saya, ternyata mahasiswa Biologi banyak yang berminat untuk mengikuti seminar dan pelatihan ini” (Rahma Nur Fadilllah selaku koordinator kegiatan).

Foto dari INFOKOM HIMBIO

Foto dari INFOKOM HIMBIO

Tak hanya itu para peserta yang mengikuti kegiatan ini diajak untuk membersihkan sekitaran Jurusan Tadris IPA Biologi, salah satu peserta Ika Munfaizah mengatakan bahwa kegiatan ini sebaikna diselenggarakan setahun sekali, karena kegiatan ini sangat bermanfaat untuk melatihan kemandirian dari mahasiswa Jurusan IPA Biologi.

“Semoga kegiatan ini dapat menjadi landasan dari mahasiswa Tadris IPA Biologi agar menjadi individu yang mandiri, kreatif dan inovatif” tutup Luqman Zaeni (INFOKOM HIMBIO)

HIMBIO Gelar Kegiatan Raker dan Upgrading

Kuningan, 18 Maret 2018. Dalam rangka memenuhi kegiatan tahunan yang secara rutin telah dilakukakan, yakni reshuffle anggota sekaligus pembekalan anggota baru, Himbio (Himpunan mahasiswa biologi) IAIN Syekh Nurjati Cirebon masa bakti 2018/2019, menyelenggarakan acara Raker (Rapat kerja) serta upgrading yang bertempat di sebuah tempat wisata di daerah Kuningan Jawa Barat yang terkenal karena keasrian alamnya yang masih terjaga dengan baik, yakni di Balong Dalem kecamatan Jalaksana, Kunigan Jawa Barat.

Kegiatan yang mengususng tema “MENINGKATKAN LOYALITAS, KOMPETENSI INTEGRITAS DAN LOYALITAS DALAM BERORGANISASI” ini diadakan pada tanggal 17 sampai dengan 18 Maret 2018.  Bentuk kegiatan yang dilaksanakan adalah pengusulan  dan penyetujuan rumusan kerja bersama pada periode satu tahun massa bhakti kedepan dan juga sharing dengan para demisioner anggota Himbio IAIN Syekh Nurjati. Dalam kegiatan ini para anggota baru himbio masa bhakti 2018 – 2019 digembleng oleh para badan petugas harian serta demisioner dengan harapan agar para mahasiswa anggota himpunan kedepannya dapat berjiwa loyalitas, kompetensi integritas dan loyalitas dalam berorganisasi sesuai dengan tema yang telah diusung.

Foto Bersama HIMBIO

Foto Bersama HIMBIO

“Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan potensi keorganisasian pada masing-masing anggota, bukannya hanya perumusan program kerja yang diajukan kegiatan ini juga sebagai wadah ajang silaturahmi dari masing-masing anggota untuk saling kenal dan memahami karakter yang satu dengan yang lainnya.” Pungkas Luqman Zaeni (Ketua Umum HIMBIO IAIN Syekh Nurjati).

Kegiatan yang telah sukses dilaksanakan ini diikuti oleh sekitar 50 orang total anggota yang terdiri atas anggota baru, badan pengawas harian dan demisioner Himbio yang terlibat dalam kegiatan tersebut. Ini adalah salah satu dari bentuk pembelajaran yang direalisasikan oleh Himbio IAIN Syekhnurjati Cirebon guna mencetak anggota baru yang selain dapat menggunakan kemampuan logika dan kreativitasnya namun disamping itu juga, rasa kepedulian dan koonservasi alam sekitar seperti yang biasa di gembor – gemborkan dalam jargon mereka dapat tercipta dan terpatri kuat dalam benak mereka.

Foto Saat Kegiatan Rapat Kerja

Foto Saat Kegiatan Rapat Kerja

 

“Alhamdulillah seluruh kegiatan yang telah disusun berjalan dengan baik dan tanpa adanya hambatan, semoga kedepannya para anggota dapat memberikan Loyalitasnya kepada HIMBIO agar menjadikan HIMBIO yang lebih baik lagi kedepannya “. Tutup Luqman Zaeni (INFOKOM HIMBIO)