Kolom IT
Tutorial
Kampusiana
Pojok Pimpinan
Loading.....

Pengumuman (Internal) : Percepatan Pemutakhiran Data Mahasiswa Tahun Masuk 2018

Dalam rangka memenuhi amanah Undang-Undang Repuplik Indonesia Nomor 12 tentang Pendidikan Tinggi dan Pemenristekdikti No 61 Tahun 2016 tentang Pangkalan Data Pendidikan Tinggi mengenau kewajiban perguruan tinggi untuk melaporkan data informasi penyelenggaraan pendidikan tinggi secara benar dan tepat pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti), maka kami selaku Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD) IAIN […]

Cara Penggunaan eKegiatan untuk Manajemen Kegiatan Kampus

Kegiatan yang ada dikampus IAIN Syekh Nurjati Cirebon sangatlah banyak, terkadang terjadi beberapa kegiatan dalam satu waktu dan tempat untuk itu diperlukan manajemen kegiatan. PTIPD bekerja sama dengan humas IAIN Syekh Nurjati Cirebon mengembangan Aplikasi untuk manajemen kegiatan agar dapat dipantau dan diikuti oleh seluruh civitas akademik baik internal maupun internal. Berikut ini screenshot halaman […]

Backup Seluruh Database dengan Command Line

Backup data merupakan hal yang penting untuk melindungi data dari kerusakan data akibat kerusakan komputer atau gangguan internal. Prosess backup data bisa dilakukan secara fisik dan logic. Secara fisik databases yang ada di xampp disimpan pada folder xampp/mysql/data nah dapat langsung dicopy jika tipenya myissam tetapi jika tipe bermacam macam, backup dengan logic lebih aman. […]

Tata Cara KRS Online

Pada tahun ke 2 Penggunaan aplikasi SMARTCAMPUS seluruh proses administrasi kegiatan akademik dilakukan secara online, diantaranya Registrasi, Penagihan UKT, Pembayaran UKT, Proses KRS, Kehadiran mahasiswa, Kehadiran dosen dan materi pengajaran, Handout serta Nilai. Salah satu proses penting dalam memulai akademik adalah pengisian kartu rencana studi yang dilakukan diawal semester sesuai jadwal. Syarat pengisian KRS adalah mahasiswa […]

Setting KRS Online Oleh Staf Jurusan

Kartu rencana studi dapat diakses oleh mahasiswa setelah disetting oleh jurusan. Matakuliah dan jadwalnya harus disetting sebelum masa KRS dimulai agar saat mahasiswa melakukan KRS online seluruh matakuliah telah tersedia dan tidak berubah sehingga data langsung fix dipilih oleh mahasiswa. Jurusan mempunyai wewenang dalam menentukan nama matakuliah, kode matakuliah, sks dan jenis matakuliah tetapi sesuai […]

Panduan Validasi Pembayaran Kodebiller Smartcampus IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Data pembayaran yang telah disetorkan melalui Bank yang ditunjuk dilakukan H+1 sehingga jika pembayaran hari kamis maka mahasiswa akan aktif dihari jumat karena pengiriman dilakukan setiap pagihari oleh mesin bank melalui email yang dienkripsi. Data pembayaran akan di dekripsi melalui sistem MCM bank dan di deskripsi kedua melalai aplikasi smartcampus. Berikut ini panduan validasi pembayaran […]

Cara Input Repository IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Data Repository perguruan tinggi digunakan untuk mempermudah stakeholder mendapatkan referensi hasil penelitian ataupun data perguruan tinggi yang dapat dijadikan bahan untuk penelitian selanjutnya. Sejak akhir 2016 Unit Perpustakaan bersama PTIPD mengimplementasikan repository yang mulai disosialisasikan kepada seluruh jurusan dengan URL http://repository.syekhnurjati.ac.id . Berikut ini tata cara input data repository IAIN Syekh Nurjati Cirebon Langkah Pertama […]

Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data © 2018