Sasaran dan Strategi Pencapaian

Sasaran

Sasaran mutu Program Studi PIAUD disusun berdasarkan Kebijakan, Standar dan Manual Mutu di lingkungan IAIN Syekh Nurjari Cirebon dan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan keguruan serta mengacu pada standar akreditasi. Sasaran program kerja di lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan untuk mewujudkan visi, misi, dan tujuan yang telah ditetapkan terdiri dari 6 sasaran utama yaitu:

  1. Pengembangan profil kelembagaan dan tata kelola yang berorentasi pada daulat system (syistem authority) melalui pemanfaatan sistem teknologi informasi (institusional and management development based on information and technological system).
  2. Pengembangan tata kelola ketenagaan berbasis pada peningkatan kinerja dan penguatan budaya organisasi (human resources development based on quality improvement and organizations culture).
  3. Pengembangan kurikulum berorentasi KKNI, proses pembelajarn, dan budaya akademik (currikuculum, learning, process, and academic culture development).
  4. Pengembangan kemahasiswaan dan alumni berorentasi daya saing (student and graduate profile development).
  5. Pengembangan penelitian, penertiban dan pengabdian masyarakat (research, publishing, and community development).

Pengembangan sarana dan prasarana (means and physical appereance development).

_________________

Strategi Pencapaian

Sasaran dan Strategi Jangka Pendek Prodi PIAUD

Bidang

Sasaran

Strategi

Capaian

Presentase

Pendidikan dan Pengajaran

  • Peningkatan kualitas pelaksanaan pendidikan dan pengajaran untuk mewujudkan keunggulan program studi pada taraf nasional

  • Peningkatan standart kualitas dosen yang memiliki komitmen, etika, integritas dan akuntabilitas.

 

  • Sejak tahun 2015 semua dosen telah membuat buku pegangan perkuliah berupa modul perkuliahan sebagai salah satu sumber belajar bagi mahasiswa.

  • Sejak tahun 2015 semua dosen wajib memanfaatkan website, smart campus dan elektronik jurnal pada Program studi sebagai media pembelajaran sehingga mahasiswa dengan mudah dapat mengaksesnya.

  • Sejak tahun 2015 semua dosen wajib mengikuti seminar-seminar nasional minimal 2 kali/tahun baik dalam negeri maupun luar negeri.

  • Sejak tahun 2015 ​​ setiap dosen wajib menjadi pembicara dalam kegiatan ilmiah sesuai dengan bidang ilmunya (seperti pembicara dalam forum seminar, workshop, lokakarya dan yang lainnya)

  • Direncanakan tahun 2019 mengirim dosen untuk tugas belajar ke jenjang S-3 yang relevan dengan Prodi.

  • Sejak tahun 2016 menggunakan kurikulum yang mengacu pada KKNI.

- Karya ilmiah dosen berupa buku/diktat minimal 1 buah/ dosen/ tahun.

  • Semua dosen telah memanfaatkan website dan e-jurnal Prodi.

  • Semua dosen telah mengakses smart campus

  • Dosen-dosen PIAUD telah mengikuti Seminar nasional minimal 1 kali/tahun.

  • Memiliki 1 laboratorium media pembelajaran.

  • Memiliki 1 laboratorium praktik mengajar.

  • Memiliki perpustakaan

  • Dosen banyak terlibat menjadi pembicara di forum-forum lokal, regional, nasional, internasional

  • Memiliki 1 orang dosen bergelar profesor.

  • Memiliki 5 dosen berpangkat lektor kepala dan 2 orang lektor

  • Kurikulum yang mengacu pada KKNI dilaksanakan di program studi PIAUD

 

80%

 

 

 

95%

 

 

95

 

90%

 

 

100%

 

 

100%

 

80%

 

70%

 

 

 

 

100%

 

100%

 

 

100%

 

 

 

 

 

Sasaran dan Strategi Jangka Panjang Prodi PIAUD

Bidang

Sasaran

Strategi

Capaian

Presentase

Pendidikan dan Pengajaran

  • Terwujudnya sumber daya manusia/hasil lulusan S1 yang unggul dan terkemuka, dalam ​​ bidang pendidikan islam anak usia dini.

  • Peningkatan jumlah dosen yang memiliki kualifikasi doktor

  • Peningkatan animo calon mahasiswa untuk masuk Prodi ​​ Pendidikan Islam Anak Usia Dini ​​ dengan minimal rasio 1:5

  • Melakukan peninjauan kurikulum secara berkala dengan mencari masukan dari pengguna lulusan guna meningkatkan kualitas lulusan Program Studi Pendidikan silam Anak usia dini

  • Memberdayakan Lembaga Penjamin Mutu Internal untuk menjaga mutu lulusan dari Program Studi

  • Pelatihan metodologi penulisan karya ilmiah/skripsi bagi mahasiswa

  • Mengajukan Akreditasi Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini ​​ ke BAN PT

  • Menyediakan sumber daya tenaga pengajar yang profesional dan berintegritas serta beretika moral Islam dalam bidang Pendidikan islam anak usia dini

  • Mengirim 3 orang dosen untuk melanjutkan studi ke jenjang S3 dengan sumber dana beasiswa dari DIKTIS atau sumber dana lainnya yang relevan dengan kebutuhan program studi

  • Melakukan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru melaui spanduk, visitasi ke SLTA/MA dan lembaga terkait, menyebarkan pengumuman melaui leaflet, dan kerjasama dengan mahasiswa dan alumni

  • Disahkannya kurikulum ​​ Jurusan/Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

  • Terwujudnya sumber daya manusia yang berkualitas (dalam ​​ bidang Pendidikan Islam Anak Usia Dini), mandiri, dan berakhlak mulia

  • Terwujudnya lulusan yang profesional sehingga mampu bersaing dalam pasar kerja

  • Bertambahnya dosen berkualifikasi daktor minimal 3 orang

  • Meningkatnya jumlah mahasiswa dengan minimal rasio 1:5

 

80 %

 

 

 

80 %

 

 

 

 

90 %

 

 

 

80 %

 

 

 

90 %

 

 

 

 

 

 

Penelitian

  • Menghasilkan karya penelitian dalam bidang hukum keluarga dan hukum perdata islamsesuai perkembangan iptek dan kebutuhan masyarakat

 

  • Menghasilkan skripsi-skripsi mahasiswa yang berkualitas ​​ sesuai perkembangan iptek dan kebutuhan masyarakat

 

  • Penguatan strategi riset bidang-bidang pendidikan anak usia dini dan parenting

  • Penguatan riset sebagai pendekatan bahan ajar dan pengabdian masyarakat

  • Mendorong dan merekomendasikan dosen Prodi ​​ untuk melakukan penelitian baik tingkat lokal maupun nasional

  • Publikasi skripsi/karya ilmiah/hasil penelitian di jurnal-jurnal loklokal, nasional dan intrnasional

 

 

  • Terpenuhinya jumlah penelitian dosen Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini secara terus menerus minimal 1 buah/tahun/ dosen

  • Terpenuhinya Penelitian/Skripsi mahasiswa Program studi PIAUD dengan tema-tema penelitian yang lebih variatif, aktual dan relevan dengan kebutuhan di masyarakat

  • Terpublikasikannya penelitian/ karya ilmiah dosen dan skripsi mahasiswa Prodi ​​ PIAUD dalam jurnal lokal, nasional dan internasional, baik mandiri maupun kolaboratif

  • Ada panduan metodologi riset yang telah diterbitkan oleh Prodi ​​ PIAUD

80%

 

 

 

 

 

80%

 

 

 

 

 

 

 

80%

 

 

 

 

 

 

 

80 %

 

Pengabdian kepada Masyarakat

  • Keterlibatan ​​ dosen dalam program pengabdian pada masyarakat

  • Memberdayakan Lembaga penelitian dan Pengabdian Masyarakat di dalam pengembangan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di Program Studi

  • Terpenuhinya jumlah pengabdian dosen Prodi ​​ PIAUD secara terus menerus minimal 1 buah/tahun/ dosen

  • Terpublikasikan hasil pengabdian dosen Prodi ​​ PIAUD dalam jurnal lokal, nasional dan internasional, baik mandiri maupun kolaboratif

  • Ada panduan metodologi pengadian yang telah diterbitkan oleh Prodi ​​ PIAUD

90 %

 

 

 

 

80 %

 

 

 

 

 

80 %

 

Kerjasama

  • Memiliki kerja sama tingkat lokal, nasional dan internasional dalam hal riset, publikasi ilmiah dan pengembangan program akademik

  • Pengembangan MOU

  • Kerja sama dalam riset, pengajaran dan publikasi ilmiah.

  • MoU Lokal

  • MoU Nasional

  • MoU Internasional

90%

 

 

 

 

Powered by WordPress and MasterTemplate