Upacara Peringatan Hari Lahirnya Pancasila di Lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Cirebon- Upacara Peringatan Hari Lahirnya Pancasila di Lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon ; 1 Juni Ditetapkan Sebagai Hari Lahir Pancasila. Lahirnya Pancasila Adalah Judul Pidato Yang Disampaikan Oleh Soekarno Pada 1 Juni 1945.

Upacara Peringatan Hari Lahirnya Pancasila di Lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon ; Disalin Dari Laman Wikipedia.Org, Lahirnya Pancasila Adalah Judul Pidato Yang Disampaikan Oleh Soekarno Dalam Sidang Dokuritsu Junbi Cosakai Atau Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan ( Bpupki) Pada Tanggal 1 Juni 1945.

Upacara Peringatan Hari Lahirnya Pancasila di Lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon ; Dalam Pidato Inilah Konsep Dan Rumusan Awal Pancasila Pertama Kali Dikemukakan Oleh Soekarno Sebagai Dasar Negara Indonesia Merdeka.

Upacara Peringatan Hari Lahirnya Pancasila di Lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon ; Pidato Ini Pada Awalnya Disampaikan Oleh Soekarno Secara Aklamasi Tanpa Judul Dan Baru Mendapat Sebutan “Lahirnya Pancasila” Oleh Mantan Ketua Bpupki Dr Radjiman Wedyodiningratdalam Kata Pengantar Buku Yang Berisi Pidato Yang Kemudian Dibukukan Oleh Bpupk.

Upacara Peringatan Hari Lahirnya Pancasila di Lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon ; Sabtu, 01 Juni 2019 Iain Syekh Nurjati Cirebon Bertempat  Di Halaman Rektorat Mengadakan Upacara Peringatan Hari Lahirnya Pancasila

Dr. H. Sumanta Hasyim, M.Ag Sebagai Pembina Upacara Yang Membawakan Sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (Bpip) Republik Indonesia Dengan Mengusung Tema, “Kita Indonesia, Kita Pancasila”. Sebelum Membacakan Sambutan Wakil Rektor I Mengungkapkan, Kita Jaga Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Ideologi Dalam Kehidupan Bernegara Serta Di Lingkungan Kerja Terutama Di Kampus Iain Syekh Nurjati Cirebon.

Selanjutnya Beliau Juga Menyampaikan Atas Nama Pimpinan Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal1440 H/2019 M.

Dalam Sambutan Itu, Kepala Bpip Ri Mengungkapkan Pancasila Sebagai Dasar Negara, Ideologi Negara Dan Pandangan Hidup Bangsa Yang Digali Oleh Para “Pendiri Bangsa” Merupakan Suatu Anugerah Yang Tiada Tara Dari Tuhan Yang Maha Esa Buat Bangsa Indonesia. Walaupun Kita Sebagai Bangsa Masih Belum Secara Sempurna Berhasil Merealisasikan Nilai-Nilai Pancasila, Kita Akui Bahwa Eksistensi Keindonesiaan Baik Sebagai Bangsa Maupun Sebagai Negara Masih Dapat Bertahan Hingga Kini Berkat Pancasila.

Dalam Konteks Itulah, Sesuai Dengan Pesan Presiden Jokowi Bahwa Memperingati Dan Merayakan Hari Kelahiran Pancasila Setiap Tanggal 1 Juni Merupakan Suatu Keniscayaan.

Pertama, Kita Berusaha Mengenang Dan Merefleksikan Momentum Sejarah Dimana Pendiri Bangsa Berhasil Menggali Nilai-Nilai Fundamental Bangsa Indonesia Sebagai Dasar Negara. Kedua, Dengan Merayakan Hari Kelahiran Pancasila Kita Bangun Kebersamaan Dan Harapan Untuk Menyongsong Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara Yang Lebih Baik.

Melalui Peringatan Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila Perlu Dijadikan Sebagai Sumber Inspirasi “Politik Harapan” Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara. Kita Semua Harus Terus Menerus Secara Konsisten Merealisasikan Pancasila Sebagai Dasar Negara, Ideologi Negara Dan Pandangan Dunia Yang Dapat Kemajuan Dan Kebahagiaan Seluruh Bangsa Indonesia.

 

Naskah Do’a Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila
Bismillaahirrahmaanirrohiim… Alhamdulillaahirabbil’alamiin…
Wassholaatu Wassalaamu’ala Asyrofil Ambiyaa’i Walmursaliin Wa’ala Aalihi Washohbihi Ajma’iin. ..

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pengasih Dan Penyayang,

Dalam Suasana Yang Khidmat Ini, Kami Memanjatkan Do’a Keharibaan-Mu. Kami Memohon Kepada-Mu, Curahkanlah Rahmat Dan Kasih-Mu Kepada Para Pahlawan, Yang Telah Mendahului Kami. Lipat Gandakanlah Pahala Atas Keikhlasan Pengabdian Dan Pengorbanan Mereka. Terimalah Dharma Bakti Dan Amal Shaleh Mereka, Jadikanlah Mereka Sebagai Syuhada Dan Pahlawan Bangsa Yang Engkau Ridhai. Dekatkanlah Mereka Di Sisi-Mu Ya Allah Dan Dekatkanlah Pula Hati Kami Dengan Semangat Juang Mereka.

Ya Allah, Tuhan Maha Pemersatu,
Jadikanlah Hari Lahir Pancasila Ini Sebagai Momentum Untuk Dapat Merekatkan Rasa Persatuan Dan Kesatuan Bangsa Kami. Jauhkanlah Bangsa Kami Dari Perselisihan Dan Perpecahan. Limpahkanlah Karunia-Mu Baik Yang Datang Dari Langit Maupun Dari Bumi. Mantapkan Tekad Kami Untuk Membangun Negara Dan Bangsa Kami Untuk Menjadi Bangsa Yang Beriman, Bertaqwa, Berakhlaq Mulia, Makmur, Adil, Dan Sejahtera, Jadikanlah Negara Kami Sebagai Baldatun Thoyyibatun Wa Rabbun Ghafur.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Mencintai
Jadikanlah Kami Sebagai Insan Manusia Yang Saling Bertoleransi Menghargai Antar Sesama Manusia, Saling Menjaga Kedamaian Untuk Meningkatkan Harmonisasi Kehidupan Bermasyarakat, Menghargai Kebhinekaan Dan Menyadari Perbedaan Yang Ada Pada Kami Sebagai Suatu Kekuatan Untuk Saling Melengkapi.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Bijaksana,
Hindarkan Bangsa Dan Negara Kami Dari Fitnah Dan Marah Bahaya, Jauhkan Kami Dari Perpecahan Dan Permusuhan, Mantapkanlah Tekad Kami Untuk Membangun Negara Dan Bangsa Kami, Dan Jadikanlah Bangsa Kami Bangsa Yang Mandiri, Maju, Bertaqwa, Beraklaq Mulia, Makmur Adil Dan Sejahtera.

Ya Allah Tuhan Yang Maha Pengampun Dan Pengabul Segala Do’a

Ampunilah Semua Dosa Kami, Dosa-Dosa Ibu Bapak Kami Dan Guru Kami, Para Pemimpin Kami Dan Dosa Para Pendahulu Kami. Terimalah Amal Dan Perjuangan Kami. Kabulkanlah Permohonan Dan Doa Kami, Engkau Maha Pengampun Dan Pengabul Segala Do’a.
Aamiin YRA.

Upacara Peringatan Hari Lahirnya Pancasila di Lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Dr. H. Sumanta Hasyim, M.Ag (Rektor) selaku Pembina Upacara memimpin langsung upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2019 dengan tema “Kita Indonesia, Kita Pancasila”

Upacara Peringatan Hari Lahirnya Pancasila di Lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Pejabat Lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon Peserta Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019 Dengan Tema “Kita Indonesia, Kita Pancasila”

Upacara Peringatan Hari Lahirnya Pancasila di Lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Peserta Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019 Dengan Tema “Kita Indonesia, Kita Pancasila”

Upacara Peringatan Hari Lahirnya Pancasila di Lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Pengibaran Bendera Merah Putih Oleh Menwa IAIN Syekh Nurjati Cirebon Dalam Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019 Dengan Tema “Kita Indonesia, Kita Pancasila”

Upacara Peringatan Hari Lahirnya Pancasila di Lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Penghormatan Bendera Merah Putih di Pimpin Oleh Inspektur Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019 Dengan Tema “Kita Indonesia, Kita Pancasila”

Upacara Peringatan Hari Lahirnya Pancasila di Lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Penghormatan bendera Merah Putih Oleh Peserta Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019 Dengan Tema “Kita Indonesia, Kita Pancasila”

Upacara Peringatan Hari Lahirnya Pancasila di Lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Civitas Akademika Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon foto Bersama Usai Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019 Dengan Tema “Kita Indonesia, Kita Pancasila”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Powered by WordPress and MasterTemplate