Kujungan Mahasiswa Jurusan Pendikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon ke Rumah Batik Trusmi Plered Kabupaten Cirebon

Kunjungan Mahasiswa Jurusan Pendikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon ke Rumah Batik Trusmi Plered Kabupaten Cirebon

Cirebon – Kunjungan  Mahasiswa Jurusan Pendikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon ke Rumah Batik Trusmi Plered Kabupaten Cirebon : Rabu – Kamis, 04-05 Desember More »

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendikan Islam Anak Usia Dini

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Cirebon – Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW  Oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini : 06 Desember 2019 Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan More »

Awlady : Jurnal Pendidikan Anak, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Awlady : Jurnal Pendidikan Anak, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Cirebon- Awlady  : Jurnal Pendidikan Anak,  Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon : Rabu, 04 Desember 2019 Jurnal Jurusan pendidikan Islam Anak Usia More »

Sosialisasi Para Wali Mahasiswa Terkait Perkuliahan Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon Tahun Akademik 2019/2020

Sosialisasi Para Wali Mahasiswa Terkait Perkuliahan Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon Tahun Akademik 2019/2020

Cirebon – Sosialisasi Para Wali Mahasiswa Terkait Perkuliahan Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon Tahun Akademik 2019/2020  : 03 Desember 2019 Sosialisasi Para Wali Mahasiswa Terkait Perkuliahan Mahasiswa More »

Ayo Belajar Menjadi Pengelola Website

Ayo Belajar Menjadi Pengelola Website

Cirebon – Ayo Belajar Menjadi Pengelola Website : 02 Desember 2019 Hari Ke Dua  Workshop Junalisme, Pengembangan Website dan Pemutakhiran Data dilingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Tanggal 07 dan 08 November 2019, More »

Studium General Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Studium General  Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon : Studium General  Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon, Rabu 16 Mei 2018 seluruh mahasiswa jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini memadati di gedung aula Fakultas Adab, Dakwah, Ushuluddin IAIN Syekh Nurjati Cirebon untuk mengikuti studium general jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini  Dengan Tema Nilai-Nilai Pendidikan Islam Anak Usia Dini Perspektif Al-Qur’an oleh Prof. Dr. KH. Ahsin Sakho Muhammad, MA. Sebagai Pengasuh Pondok Pesantren Daar Al-Qur’an Arjawinangun Cirebon, Dosen PTIQ dan IIQ Jakarta Serta Penasehat Yayasan Karantina Tahfidz Al-Qur’an Nasional.

Studium General  Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon  : Acara ini diisi dengan penampilan salah satu mahasiswi jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini dalam bentuk tarian. Protokoler pada acara ini oleh Rifka Ramdan dan Mawaddah Warohmah mahasiswa semester VI Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh seluruh peserta dan panitia studium general dan dalam kesempatan ini Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan kali ini diwakilli oleh Wakil Dekan I Dr. Muslihudin, M. Ag.  memberikan sambutan sekaligus membuka  acara Studium General Jurusan  Pendidikan Islam anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Dilanjutkan sambutan kedua oleh Ketua Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Dr. H. Saifuddin, M. Ag.

Dalam penyampaian materi narasumber mengatakan seorang ibu harus bisa menjaga kesehatannta, karena mutlak kesehatan ibu sendiri bisa melahirkan anak yang juga akan sehat pula. ” Al-Qur’an sendiri adalah kitab pendidikan, hal itu ditandai pada surat pertama yaitu Al-Fatihah, setelah membaca Basmallah. Al-Qur’an juga merupakan ilmu dari Tarbiyah yang memiliki arti proses bentuk penciptaka, memperbaiki dan mengembangkan akal ahlak dari setiap orang.

Ia menjelaskan, ada beberapa pengertian dari pengertian menciptakan segala sesuatu dari keadaan lebih baik, serta mendukung untuk mendidik dari satu jenjang ke jenjang yang lainnya sampai menuju kepada kesempurnaan.

1. Menyadarkan manusia sebagai makhluk individu, yaitu makhluk yang hidup ditengah-tengah makhluk lain, manusia harus bisa memerankan fungsi dan tanggung jawabnya, manusia akan mampu berperan sebagai makhluk Allah  yang paling utama diantara makhluk lainnya dan memfungsikan sbegai khalifah dimuka bumi ini.

2. Menyadarkan manusia sebagai makhluk sosial.  Sebagi makhluk sosial manusia harus mengadakan interaksi dengan sesamanya dalam kehidupan bermasyarakat. Itulah sebabnya Islam mengajarkan tentang persamaan, persaudaraan, gotong royong dan bermusyawarahsebagai upaya membentuk masyarakat menjadi persekutuan hidup yang utuh.

3. Menyadarkan manusia sbegai hamba Allah SWT. Manusia sebagai makhluk berketuhanan,  sikap dan watak religiusitasnya perlu dikembangkan sedemikian rupa sehingga mampu menjiwai  dan mewarnai kehidupannya. Dalam fitrah manusia telah diberi  kememampuan beragama.

Studium General  Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini  : Mahasiswa begitu antusias dalam mengikuti acara ini karena untuk menambah wawasan bagaimana caranya nilai-nilai pendidikan islam anak usia dini perspektif al-qur’an dalam pendidikan anak usia dini di era modern ini

Studium General  Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Dengan adanya sesi Tanya jawab sekitar problem penangani anak-anak di jaman sekarang dengan hadir elektronik yang sudah canggih dan media sosial yang sudah masuk di setiap pelosok kota dan daerah terpencil, yaitu dengan hadirnya Al-Qur’an digital.

tujuan diadakan nya Studium General ini adalah untuk mendukung perubahan dari nomenklatur PGRA kepada PIAUD yang memiliki tujuan keilmuan, dan lebih luas kepada pendidikan Islamnya sehingga bisa menelurkan dasar keislamannya menjadi lebih bagus.

Dari kurikulum KKNI mata kuliah keislamannya kurang di dukung dari ilmu Al-Qur’an dan Hadist, sehingga kami menghadirkan beliau selaku narasumber, yang sudah memiliki wawasan luas agar bisa menjelaskan tentang perspektif dari kitab suci Al-Qur’an dan Hadist bagi mahasiswa.

 

Dr. Muslihudin, M. Ag. Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon membuka acara Studium General Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

Dr. Muslihudin, M. Ag. Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon membuka acara Studium General Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

Dr. H. Saifuddin, M. Ag. Ketua Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Memberikan Sambutan dalam Acara Studium Genaral Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

Kunjungan Mahasiswa Jurusan Pendikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon ke Rumah Batik Trusmi Plered Kabupaten Cirebon

Kujungan Mahasiswa Jurusan Pendikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon ke Rumah Batik Trusmi Plered Kabupaten Cirebon

Cirebon – Kunjungan  Mahasiswa Jurusan Pendikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon ke Rumah Batik Trusmi Plered Kabupaten Cirebon : Rabu – Kamis, 04-05 Desember 2019 Mahasiswa Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Telah Melaksanakan Kegiatan Kunjungan Ke Batik Trusmi Plered Kabupaten Cirebon.

Kunjungan  Mahasiswa Jurusan Pendikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon ke Rumah Batik Trusmi Plered Kabupaten Cirebon : Kagiatan Ini Sebagai Penguatan/Pengalan  Terhadap Seni  kepada Mahasiswa, Terutama Seni Kerajinan Membatik.  Seni Bukan Saja Dalam Bentuk Tarian Tapi Bisa Dalam Bentuk Kerajinan Membatik Masuk Dalam Seni Kerajinan Tangan.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendikan Islam Anak Usia Dini

Cirebon – Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW  Oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini : 06 Desember 2019 Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Telah Mengadakan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Pada Tanggal 22 November 2019, Bertempat di Gedung Lantai Dasar Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW  Oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini : Acara diawali Dengan Sholawat Ma’tsuroh, Sholawat Ibrohimiyah,  Sholawat Al-Fatih, Sholawat Quthbul Aqthob, Sholawat Ummy, Sholawat Mukafa’ah, Sholawat Ghozali, Sholawat Syifa’, Sholawat Munjiyat, Sholawat Hajat Dunia Akhirat, Sholawat Kamilat. Setelah Itu Tausiah Oleh Dr. H. Saifuddin, M. Ag. Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Memberikan Tausiah Yaitu  Rasa Malu Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam. Al-Haya` (rasa malu) termasuk sifat penting guna meningkatkan kualifikasi seorang muslim di hadapan Rabbnya serta di tengah komunitas sosialnya. Bukan jenis malu kategori khojal yang melahirkan rasa rendah diri dan enggan untuk beramal kebaikan semisal amar ma’ruf nahi mungkar dan bertanya tentang ilmu yang tak diketahui. Karena menahan diri dalam masalah itu mengindikasikan ‘ajzun (kelemahan) dan mahânah (kehinaan diri).

Awlady : Jurnal Pendidikan Anak, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Awlady : Jurnal Pendidikan Anak, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Cirebon- Awlady  : Jurnal Pendidikan Anak,  Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon : Rabu, 04 Desember 2019 Jurnal Jurusan pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon Dengan Nama Jurnal Awlady (Jurnal Pendidikan Anak) Pada Tanggal 12 November 2019 Nomor : B/3693/E5/E5.2.1/2019 Tentang Pemberitahuan Hasil Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode VI Tahun 2019,  Termasuk didalam Jurnal Awlady (Jurnal Pendidikan Anak) Reakreditasi Naik Peringkat Dari Peringkat 4 Ke 3 Mulai Volume 5 Nomor 1 Tahun 2019.

Sosialisasi Para Wali Mahasiswa Terkait Perkuliahan Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon Tahun Akademik 2019/2020

Sosialisasi Para Wali Mahasiswa Terkait Perkuliahan Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon Tahun Akademik 2019/2020

Cirebon – Sosialisasi Para Wali Mahasiswa Terkait Perkuliahan Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon Tahun Akademik 2019/2020  : 03 Desember 2019 Sosialisasi Para Wali Mahasiswa Terkait Perkuliahan Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Tanggal 16 November 2019, Bertempat di Gedung Lantai 3 Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Untuk Pertama Kali Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Mengadakan Pertemuan Orang Tua Wali Mahasiswa Tahun Akademik 2019/2020, Sebanyak 10 Jurusan dilingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah IAIN Syekh Nurjati Cirebon Menampilkan Berbagai Keahlian, Profil Jurusan, Visi Misi Jurusan dan Jajaran Dekanan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Juga Memaparkan Visi Misi Fakultas Serta Program Unggulan.

Ayo Belajar Menjadi Pengelola Website

Ayo Belajar Menjadi Pengelola Website

Cirebon – Ayo Belajar Menjadi Pengelola Website : 02 Desember 2019 Hari Ke Dua  Workshop Junalisme, Pengembangan Website dan Pemutakhiran Data dilingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Tanggal 07 dan 08 November 2019, Bertempat di Ruang Laboratorium Pangkalan Data Dengan Narasumber  Pa Nurdin Syaiful Baladi, ST. (Praktisi Website, Web Developer, Mentor Pelatihan Web dan Desain Grafis) Dari UIN Yogyakarta.

Ayo Belajar Menjadi Pengelola Website : Pa Nurdin Syaiful Baladi, ST. Memaparkan Beberapa Cara Awal Membuat Web, Pengenalan Berbagai Macam Menu dihalaman Web Antara Lain

Menjadi Jurnalis Yang Handal

Menjadi Jurnalis Yang Handal

Cirebon – Menjadi Jurnalis Yang Handal : 02 Desember 2019 Pusat Teknologi Informasi Dan Pangkalan Data (Ptipd) Iain Syekh Nurjati Cirebon Telah Mengadakan Kegiatan Workshop Jurnalisme, Pengembangan Website Kampus Dan Pemutakhiran Data Di Lingkungan Iain Syekh Nurjati Cirebon.

Menjadi Jurnalis Yang Handal : Kegiatan Kegiatan Workshop Jurnalisme, Pengembangan Website Kampus Dan Pemutakhiran Data Di Lingkungan Iain Syekh Nurjati Cirebon Diilaksanakan Dari Tanggal 6 Sampai Dengan 8 November 2019, Pada Hari Pertama Ini Kegiatan Bertempat Di Gedung Aula Rektorat Lantai 3 Iain Syekh Nurjati Cirebon. Narasumber Pada Kegiatan Ini Oelh Taufik Hidayat Dari Harian Umum Kabar Cirebon.

Menjadi Jurnalis Yang Handal : Pada Kesempatan Ini Narasumber Mengatakan Menjadi Seorang Jurnalisme, Yang Terpenting Dalam Memasukan Berita Harus Ada Meliputi Pertanyaan 5w + 1h, Yakni What, Who, When, Where, Why, Dan How.

Powered by WordPress and MasterTemplate