HMJPIAUD FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon Mengadakan Talkshow Pendidikan Islam Anak Usia Dini Dengan Tema “Masih Mau Bilang Salah Jurusan”

Cirebon – HMJPIAUD FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon  Mengadakan Talkshow Pendidikan Islam Anak Usia Dini Dengan  Tema “Masih Mau Bilang Salah Jurusan” ; Jum’at, 04 Desember 2018 HMJPIAUD FITK IAIN Syekh Nurjati More »

Kunjungan Edukasi Mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini IAIN Syekh Nurjati Cirebon ke Rumah Kreatif Wadas Kelir Purwokerto

Cirebon — Kunjungan Edukasi Mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon ke Rumah Kreatif Wadas Kelir Purwokerto ;Hari Rabu – Kamis,  Tanggal 05 – 06 Desember 2018 Mahasiswa More »

Workshop Peningkatan Kapasitas Pengelola Jurnal Awlady Menuju Jurnal Terakreditasi Tahun 2018

Cirebon- Workshop Peningkatan Kapasitas Pengelola  Jurnal Awlady Menuju Jurnal Terakreditasi Tahun 2018;Pengelola Jurnal Awlady pada hari senin, 19 November telah menyelenggarakan Workshop Peningkatan Kapasitas Pengelola  Jurnal Awlady Menuju Jurnal Terakreditasi Tahun 2018 More »

Dosen Jurusan Pendidikan Islam Anak usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon Melakukan Kegiatan Pengabdian Masyarakat

Cirebon — Dosen Jurusan Pendidikan Islam Anak usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon  melakukan ekspos kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan 16-17 November 2018 bertempat di Kabupaten Cirebon. More »

Audit Mutu Internal Berbasis ISO 9001 : 2015 Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Cirebon – Udit Mutu Internal Berbasis ISO 9001 : 2015; Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon  diadakan kegiatan Audit Mutu Eksternal pada hari More »

Studium General Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Studium General  Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon : Studium General  Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon, Rabu 16 Mei 2018 seluruh mahasiswa jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini memadati di gedung aula Fakultas Adab, Dakwah, Ushuluddin IAIN Syekh Nurjati Cirebon untuk mengikuti studium general jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini  Dengan Tema Nilai-Nilai Pendidikan Islam Anak Usia Dini Perspektif Al-Qur’an oleh Prof. Dr. KH. Ahsin Sakho Muhammad, MA. Sebagai Pengasuh Pondok Pesantren Daar Al-Qur’an Arjawinangun Cirebon, Dosen PTIQ dan IIQ Jakarta Serta Penasehat Yayasan Karantina Tahfidz Al-Qur’an Nasional.

Studium General  Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon  : Acara ini diisi dengan penampilan salah satu mahasiswi jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini dalam bentuk tarian. Protokoler pada acara ini oleh Rifka Ramdan dan Mawaddah Warohmah mahasiswa semester VI Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh seluruh peserta dan panitia studium general dan dalam kesempatan ini Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan kali ini diwakilli oleh Wakil Dekan I Dr. Muslihudin, M. Ag.  memberikan sambutan sekaligus membuka  acara Studium General Jurusan  Pendidikan Islam anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Dilanjutkan sambutan kedua oleh Ketua Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Dr. H. Saifuddin, M. Ag.

Dalam penyampaian materi narasumber mengatakan seorang ibu harus bisa menjaga kesehatannta, karena mutlak kesehatan ibu sendiri bisa melahirkan anak yang juga akan sehat pula. ” Al-Qur’an sendiri adalah kitab pendidikan, hal itu ditandai pada surat pertama yaitu Al-Fatihah, setelah membaca Basmallah. Al-Qur’an juga merupakan ilmu dari Tarbiyah yang memiliki arti proses bentuk penciptaka, memperbaiki dan mengembangkan akal ahlak dari setiap orang.

Ia menjelaskan, ada beberapa pengertian dari pengertian menciptakan segala sesuatu dari keadaan lebih baik, serta mendukung untuk mendidik dari satu jenjang ke jenjang yang lainnya sampai menuju kepada kesempurnaan.

1. Menyadarkan manusia sebagai makhluk individu, yaitu makhluk yang hidup ditengah-tengah makhluk lain, manusia harus bisa memerankan fungsi dan tanggung jawabnya, manusia akan mampu berperan sebagai makhluk Allah  yang paling utama diantara makhluk lainnya dan memfungsikan sbegai khalifah dimuka bumi ini.

2. Menyadarkan manusia sebagai makhluk sosial.  Sebagi makhluk sosial manusia harus mengadakan interaksi dengan sesamanya dalam kehidupan bermasyarakat. Itulah sebabnya Islam mengajarkan tentang persamaan, persaudaraan, gotong royong dan bermusyawarahsebagai upaya membentuk masyarakat menjadi persekutuan hidup yang utuh.

3. Menyadarkan manusia sbegai hamba Allah SWT. Manusia sebagai makhluk berketuhanan,  sikap dan watak religiusitasnya perlu dikembangkan sedemikian rupa sehingga mampu menjiwai  dan mewarnai kehidupannya. Dalam fitrah manusia telah diberi  kememampuan beragama.

Studium General  Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini  : Mahasiswa begitu antusias dalam mengikuti acara ini karena untuk menambah wawasan bagaimana caranya nilai-nilai pendidikan islam anak usia dini perspektif al-qur’an dalam pendidikan anak usia dini di era modern ini

Studium General  Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Dengan adanya sesi Tanya jawab sekitar problem penangani anak-anak di jaman sekarang dengan hadir elektronik yang sudah canggih dan media sosial yang sudah masuk di setiap pelosok kota dan daerah terpencil, yaitu dengan hadirnya Al-Qur’an digital.

tujuan diadakan nya Studium General ini adalah untuk mendukung perubahan dari nomenklatur PGRA kepada PIAUD yang memiliki tujuan keilmuan, dan lebih luas kepada pendidikan Islamnya sehingga bisa menelurkan dasar keislamannya menjadi lebih bagus.

Dari kurikulum KKNI mata kuliah keislamannya kurang di dukung dari ilmu Al-Qur’an dan Hadist, sehingga kami menghadirkan beliau selaku narasumber, yang sudah memiliki wawasan luas agar bisa menjelaskan tentang perspektif dari kitab suci Al-Qur’an dan Hadist bagi mahasiswa.

 

Dr. Muslihudin, M. Ag. Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon membuka acara Studium General Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

Dr. Muslihudin, M. Ag. Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon membuka acara Studium General Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

Dr. H. Saifuddin, M. Ag. Ketua Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Memberikan Sambutan dalam Acara Studium Genaral Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas ilmu tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dalam Acara Studium General Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

Peserta Studium General Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini menyanyikan Lagu Indonesia Raya.

Rifka Ramdan dan Mawaddah Warohmah Sebagai Protokoler dalam Acara Studium General Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

HMJPIAUD FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon Mengadakan Talkshow Pendidikan Islam Anak Usia Dini Dengan Tema “Masih Mau Bilang Salah Jurusan”

Cirebon – HMJPIAUD FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon  Mengadakan Talkshow Pendidikan Islam Anak Usia Dini Dengan  Tema “Masih Mau Bilang Salah Jurusan” ; Jum’at, 04 Desember 2018 HMJPIAUD FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon  Mengadakan Talkshow Pendidikan Islam Anak Usia Dini Dengan  Tema “Masih Mau Bilang Salah Jurusan” pada kesempatan ini sebagai Narasumber Rohimah, M. Pd. (Ketua IGRA Kabupaten Cirebon), dan Lisda Nurmala, S. Pd. (Alumni PIAUD) .

Mendengar kata PIAUD mungkin masih terlalu asing bagi setiap orang,  Yah, memang jurusan yang satu ini belum terlalu hitz ya atau bisa dibilang belum begitu terkenal, karena memang jurusan ini baru beberapa tahun nomiklaturnya yang dulu PGRA..

Jurusan yang satu ini memang sedikit berbeda dari jurusan lain. PIAUD adalah kepanjangan dari pendidikan islam anak usia dini. siapa sih yang gak kenal PIAUD,  pasti diantara kita semua pernah kan merasakan pendidikan di PAUD. Pendidikan ini diperuntukkan untuk anak usia 4 sampe 6 tahun.. Sedangkan yang dimaksud anak usia dini adalah anak yang berusia 0 sampai dengan 6 tahun..

Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Pendidikan ini sama seperti PAUD pada umumnya, yang membedakan dari pendidikan ini adalah adanya pendidikan keislaman yang diajarkan kepada anak anak. Banyak yang bilang dari mereka kuliah PIAUD itu gampang, enak dan mereka banyak yang bilang santai, adapula yang bilang tanpa kuliah tetep bisa kog jadi guru PAUD.  Emang bener sih tanpa kuliah pun kita bisa tetep bekerja dan mengajar. Tapi tetep aja ada perbedaan dari ilmu-ilmu yang didapatkan dari kuliah maupun tidak. Banyak dari mereka yang merasa minder atau malu untuk masuk jurusan ini, ya karena mungkin menurut sebagian orang jurusan ini biasa biasa saja  tapi  jangan salah ya, Kita bisa pintar seperti sekarang ini selain dari asuhan orang tua guru PAUD juga ikut serta membimbing kita loh dari kita usia 2 tahun sampai 6 tahun,  justru kuliah di jurusan ini gampang-gampang susah, kita di ajarkan bagaimana merawat anak mulai dari dalam kandungan sampai mereka besar, dari setiap pelajaran kita mendapatkan banyak materi yang menyangkut tentang anak,  misalnya perkembangan anak di dalam kandungan, di usia sebelum sekolah dan di usia sekolah,  kita juga diajarkan menjadi psikologi loh walaupun kita gak kuliah di jurusan psikologi, kok bisa?? Karena kita diajarkan teori pembelajaran dan juga psikolgi anak usia dini. Selain itu ada pula pembelajaran seni rupa, seni musik, seni tari dsb,   ada juga pembelajaran kesehatan dan olahraga.  Dan masih banyak lagi.

Dr. H. Saifuddin, M. Ag.(Ketua Jurusan PIAUD) Membuka Acara HMJPIAUD FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon  Mengadakan Talkshow Pendidikan Islam Anak Usia Dini Dengan  Tema “Masih Mau Bilang Salah Jurusan” .

Rohimah, M. Pd. (Ketua IGRA Kabupaten Cirebon) Sebagai Narasumber Acara HMJPIAUD FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon  Mengadakan Talkshow Pendidikan Islam Anak Usia Dini Dengan  Tema “Masih Mau Bilang Salah Jurusan” .

Lisda Nurmala (Alumni PIAUD) Sebagai Narasumber Acara HMJPIAUD FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon  Mengadakan Talkshow Pendidikan Islam Anak Usia Dini Dengan  Tema “Masih Mau Bilang Salah Jurusan”.

Peserta HMJPIAUD FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon  Mengadakan Talkshow Pendidikan Islam Anak Usia Dini Dengan  Tema “Masih Mau Bilang Salah Jurusan” .

Aip saripudin, M. Pd. – Dosen Jurusan PIAUD, Maulidya Ulfah S.Pd.I,M.Pd.I. – Dosen Jurusan PIAUD, Rohimah, M. Pd. – Ketua IGRA Kabupaten Cirebon, Ery Khaeriyah S.Ag., M. A. – Sekretaris Jurusan PIAUD, Lisda Nurmala, S. Pd. – Alumni PIAUD, Jazariyah ,M.Pd. – Dosen Jurusan PIAUD Foto Bersama Usai Acara HMJPIAUD FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon  Mengadakan Talkshow Pendidikan Islam Anak Usia Dini Dengan  Tema “Masih Mau Bilang Salah Jurusan” .

Civitas Akademika Jurusan PIAUD dan Peserta Foto Bersama Usai Acara HMJPIAUD FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon  Mengadakan Talkshow Pendidikan Islam Anak Usia Dini Dengan  Tema “Masih Mau Bilang Salah Jurusan” .

 

Kunjungan Edukasi Mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini IAIN Syekh Nurjati Cirebon ke Rumah Kreatif Wadas Kelir Purwokerto

Cirebon — Kunjungan Edukasi Mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon ke Rumah Kreatif Wadas Kelir Purwokerto ;Hari Rabu – Kamis,  Tanggal 05 – 06 Desember 2018 Mahasiswa Jurusan  Pendidikan Islam Anak usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon  melakukan Kunjungan Edukasi ke Rumah Kreatif Wadas Kelir Purwokerto.

Hari Rabu, 05 Desember 2018 jam 08.00 waktu setempat dihadiri oleh 47 mahasiswa semester 3 angkatan 2017, Founder Rumah Kreatif Bapak Dr. Heru Kurniawan, serta Lurah Karangklasem Bapak Subagyo sebagai kepala wilayah di mana rumah Kreatif Wadas Kelir.

Selanjutnya mahasiswa melakukan observasi dan mendapatkan pengarahan dari beberapa unit di Rumah Kreatif Wadas Kelir (RKWK): PAUD, Bimbel, PKBM, Studio penulisan buku dari penjualan buku-buku pendidikan anak.

Karya mahasiswa/relawan yang terbit ke penerbit Nasional elexmedia, gramedia, bid, tiga serangkai dll. Malamnya mereview buku sains dan matematika hasil mahasiswa oleh narasumber Heru Kurniawan, M. Pd.

Hari Kamis, 06 Desember 2018 Review Buku Sains dan Matematika Hasil Mahasiswa dan Mahasiswa diberikan pengarahan tentang karya tulisnya, ada beberapa karya tulis mahasiswa yang siap terbit. Setelah mahasiswa melakukan kunjungan edukasi mata kuliah pembelajaran Sains Anak Usia Dini ke Baturraden.

 

Pembukaan Acara Kunjungan Rumah Kreatif Wadas Kelir Purwokerto.

Mahasiswa Semester 3 Angkatan Tahun 2017/2018 Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu tarbiyah dan Keguruan IAIn Syekh Nurjati Cirebon dalam Acara Kunjungan ke Rumah Kreatif wadas Kelir Purwokerto.

Tempat Belajar Rumah Kreatif Wadas Kelir Purwokerto.

Review Buku Sains dan Matematika Hasil Mahasiswa Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon oleh Narasumber Heru Kurniawan, M. Pd. Pimpinan Rumah Kreatif Wadas Kelir Purwokerto.

Foto Bersama Setelah Review Sains dan Matematika Hasil Mahasiswa Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon oleh Narasumber Heru Kurniawan, M. Pd. Pimpinan Rumah Kreatif Wadas Kelir Purwokerto.

Foto Bersama Heru Kurniawan, M. Pd. Pimpinan Rumah Kreatif Wadas Kelir Purwokerto dengan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon Angkatan 2017/2018 .

Foto Bersama Heru Kurniawan, M. Pd. Pimpinan Rumah Kreatif Wadas Kelir Purwokerto dengan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon Angkatan 2017/2018.

Foto Bersama di Baturraden Purwokerto dalam Acara Kunjungan Edukasi Mata Kuliah Pembelajaran Sains Anak Usia Dini .

Workshop Peningkatan Kapasitas Pengelola Jurnal Awlady Menuju Jurnal Terakreditasi Tahun 2018

Cirebon- Workshop Peningkatan Kapasitas Pengelola  Jurnal Awlady Menuju Jurnal Terakreditasi Tahun 2018;Pengelola Jurnal Awlady pada hari senin, 19 November telah menyelenggarakan Workshop Peningkatan Kapasitas Pengelola  Jurnal Awlady Menuju Jurnal Terakreditasi Tahun 2018 dengan tema “Pengelola Jurnal Berbasis OJS Bagi Pengelola Jurnal dan Reviewer Jurnal Awlady”. bertempat di Hotel Grand Tryas Cirebon. Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pengelolaan jurnal/terbitan berkala ilmiah agar bereputasi dan terindeks internasional, mengembangkan jaringan informasi dan komunikasi diantara pengelola jurnal di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon serta sebagai sarana berbagi di dalam inovasi mengelola jurnal.

Acara diawali sambutan oleh Aip Saripudin, M. Pd. Selaku pengelola Jurnal Awlady Kemudian, acara ini dibuka secara resmi oleh Dr. Saefudin Zuhri, M.Ag. ( Wakil Rektor I IAIN Syekh Nurjati Cirebon) yang menekankan pentingnya workshop ini sebagai peningkatan kapasitas manajemen pengelolaan jurnal, yang nantinya akan berkorelasi langsung kepada peningkatan publikasi jurnal di kalangan civitas akademika IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Secara umum, workshop ini diikuti oleh 30 peserta yang berasal dari para pengelola jurnal FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon dan PAUD Wilayah Cirebon.

Sesi pertama disampaikan oleh Budi Manfaat, M. Pd. Narasumber dengan materi “Peluang dan Tantangan Publikasi Ilmiah Bagi Dosen PTKI. Pada sesi ini, banyak pertanyaan yang diajukan oleh para peserta terkait tantangan-tantangan Publikasi . Sesi selanjutkan pemaparan oleh Busro, M. Ag. lebih banyak memaparkan Pengelola  Jurnal Berbasis OJS Bagi Pengelola Jurnal dan Reviewer.

Workshop Peningkatan Kapasitas Pengelola Jurnal Awlady Menuju Jurnal Terakreditasi Tahun 2018

Workshop Peningkatan Kapasitas Pengelola Jurnal Awlady Menuju Jurnal Terakreditasi Tahun 2018 dengan tema “Pengelola Jurnal Berbasis OJS Bagi Pengelola Jurnal dan Reviewer Jurnal Awlady”.

Aip Saripudin, M. Pd.-Pengelola Jurnal Awlady memberikan sambutan pada acara Workshop Peningkatan Kapasitas Pengelola Jurnal Awlady Menuju Jurnal Terakreditasi Tahun 2018.

Workshop Peningkatan Kapasitas Pengelola Jurnal Awlady Menuju Jurnal Terakreditasi Tahun 2018 secara resmi dibuka oleh Dr. Saefudin Zuhri, M.Ag. ( Wakil Rektor I IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Narasumber Budi Manfaat, M. Pd. memaparkan materinya “Peluang dan Tantangan Publikasi Ilmiah Bagi Dosen PTKI.

Sesi tanya jawab oleh peserta Workshop kepada Narasumber.

Narasumber Busro, M. Ag. memaparkan materinya Pengelola Jurnal Berbasis OJS Bagi Pengelola Jurnal dan Reviewer.

Narasumber Busro, M. Ag. memaparkan materinya Pengelola Jurnal Berbasis OJS Bagi Pengelola Jurnal dan Reviewer.  

Pembacaan do’a oleg Dr. H. Saifuddin, M. Ag. Sekalian penutupan acara Workshop Peningkatan Kapasitas Pengelola Jurnal Awlady Menuju Jurnal Terakreditasi Tahun 2018.

Pengelola Jurnal Awlady dan Panitia penyelenggara Workshop Peningkatan Kapasitas Pengelola Jurnal Awlady Menuju Jurnal Terakreditasi Tahun 2018.  

Foto Bersama Pengelola Jurnal Awlady, Narasumber, Wakil Rektor I, Ketua Jurusan PIAUD dan Peserta Workshop Peningkatan Kapasitas Pengelola Jurnal Awlady Menuju Jurnal Terakreditasi Tahun 2018.

Foto Bersama Pengelola Jurnal Awlady, Narasumber, Ketua Jurusan PIAUD dan Peserta Workshop Peningkatan Kapasitas Pengelola Jurnal Awlady Menuju Jurnal Terakreditasi Tahun 2018.

Dosen Jurusan Pendidikan Islam Anak usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon Melakukan Kegiatan Pengabdian Masyarakat

Cirebon — Dosen Jurusan Pendidikan Islam Anak usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon  melakukan ekspos kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan 16-17 November 2018 bertempat di Kabupaten Cirebon. Kegiatan ini diikuti oleh  Dosen Jurusan Pendidikan Islam Anak usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Ketua Jurusan Pendidikan Islam Anak usia Dini Dr. H. Saifuddin, M. Ag. menyatakan kegiatan ini sebagai bentuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan tinggi, dan Sosialisasi kepada masyarakat akan keberadaan Jurusan Islam Anak Usia Dini yang akan meluluskan calon Guru dibidan Pendidikan Anak Usia Dini, Raudhatul Athfal, Fulday Day Care. Yang dulu bernama Jurusan Pendidika guru Raudhatul Athal yang sekarang sudah berubah nomiklaturnya sejak maret 2017 menjadi Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

Pengabdian masyarakat ini yang terpenting adalah sasarannya tepat di masyarakat, kedepan kegiatan ini harus lebih ditingkatkan kembali.

Salah satu ketua tim Dosen Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini melakukan Workshop Pendampingan Program Literasi Melalui Permainan Edukatif Untuk Pendidikan Usia Dini.

“Kegiatan ini disambut baik oleh para guru, sengaja kami membatasi kegiatan ini untuk  guru yang diundang dalam acara ini, karena kami melakukan bimbingan langsung kepada mereka, tentang berbagai macam permainan dan edukatif untuk anak usia dini.

Pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Jurusan Pendidikan Islam Anak usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon diantaranya pelatihan mendesain soal literasi permainan edukatif menggunakan kain panel, botol bekas, kardus bekas, Program Dasar Kewirausahaan Bagi Tenaga Pendidik untuk bahan pengajaran kepada murid- murid anak usia dini ditempat mereka mengabdi.

Dr. H. Saifuddin, M. Ag. Ketua Jurusan Pendidikan Islam Dini memberikan sambutan dalam Kegiatan Workshop Pendampingan Program Literasi Melalui Permainan Edukatif Untuk Pendidikan Usia Dini.

Durtam S.Ag, M.Pd.I. Selaku Ketua Penyelenggara Kegiatan Workshop Pendampingan Program Literasi Melalui Permainan Edukatif Untuk Pendidikan Usia Dini.

Maulidya Ulfah S.Pd.I,M.Pd.I. dan Jazariyah ,M.Pd. selaku narasumber dalam Kegiatan Workshop Pendampingan Program Literasi Melalui Permainan Edukatif Untuk Pendidikan Usia Dini.

Guru-Guru PAUD melakukan praktek pembuatan permainan edukatif dalam Kegiatan Workshop Pendampingan Program Literasi Melalui Permainan Edukatif Untuk Pendidikan Usia Dini.

Guru-Guru PAUD melakukan praktek pembuatan permainan edukatif dalam Kegiatan Workshop Pendampingan Program Literasi Melalui Permainan Edukatif Untuk Pendidikan Usia Dini.

Guru-Guru PAUD melakukan praktek pembuatan permainan edukatif dalam Kegiatan Workshop Pendampingan Program Literasi Melalui Permainan Edukatif Untuk Pendidikan Usia Dini.

Guru-Guru PAUD melakukan praktek pembuatan permainan edukatif dalam Kegiatan Workshop Pendampingan Program Literasi Melalui Permainan Edukatif Untuk Pendidikan Usia Dini.

Foto bersama narasumber dan Guru-Guru PAUD memperlihat hasil praktek pembuatan permainan edukatif dalam Kegiatan Workshop Pendampingan Program Literasi Melalui Permainan Edukatif Untuk Pendidikan Usia Dini

Audit Mutu Internal Berbasis ISO 9001 : 2015 Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Cirebon – Udit Mutu Internal Berbasis ISO 9001 : 2015; Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon  diadakan kegiatan Audit Mutu Eksternal pada hari Rabu, 07 November 2018 bertempat di kantor Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini  Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Audit dilakukan pada petugas Pengendali Dokumen, petugas Administrasi, dan petugas Teknis. Audit eksternal dilakukan untuk menentukan apakah sistem manajemen mutu memenuhi kesesuaian dengan persyaratan standar ISO 9001 : 2015. dan persyaratan sistem manajemen mutu yang ditetapkan oleh organisasi, apakah telah diterapkan dan dipelihara secara efektif.

Audit internal merupakan faktor kunci dalam manajemen suatu organisasi untuk dapat memberikan data yang bermanfaat bagi kepentingan evaluasi dan perbaikan/peningkatan efektivitas sistem yang dimiliki. Audit internal juga merupakan teknik mendasar yang hasilnya digunakan sebagai salah satu bahan masukan untuk aktivitas tinjauan manajemen sebagaimana yang dipersyaratkan oleh standar sistem manajemen.

Audit Mutu  Internal (AMI) adalah pemeriksaan sistematik dan independaen untuk mengetahui apakah implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) efektif dan sesuai perencanaan yang dilakukan oleh unit kerja di IAIN Syekh Nurjati Cirebon. AMI di IAIN Syekh Nurjati Cirebon dilakukan untuk memeriksa kesesuaian antara standar mutu yang ditetapkan, dalam Sistem Manajemen Mutu (SMM) Akademik, Keuangan dan Administrasi dengan pelaksanaannya oleh unit kerja di IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

AMI sangat bermanfaat untuk:

  1. Membantu mengidentifikasi setiap ketidaksesuaian yang telah dan atau sedang terjadi, serta hal-hal yang kemudian hari mempunyai kecenderungan untuk menimbulkan masalah (terjadi ketidak sesuaian).
  2. Membantu mengidentifikasi setiap ketidak sesuaian yang telah dan atau sedang terjadi, serta hal-hal yang kemudian hari mempunyai kecenderungan untuk menimbulkan masalah (terjadi ketidak sesuaian).
  3. Menjamin kesesuaian aktivitas yang diterapkan dengan sistem terdokumentasi.
  4. Menjamin konsistensi penerapan system.
  5. Memastikan keefektifan penerapan system.
  6. Meningkatkan/mengembangkan system.
Audit Mutu Internal Berbasis ISO 9001 : 2015 Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Spanduk Audit Mutu Internal Berbasis ISO 9001 : 2015
Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Audit Mutu Internal Berbasis ISO 9001 : 2015 Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Hj. Ery Khaeriyah, S. Ag., M.A. ( Sekretaris Jurusan PIAUD ), Maulidya Ulfah, S. Pd.I., M. Pd. I. ( Dosen Jurusan PIAUD ), Jazariah, M. Pd. ( Dosen Jurusan PIAUD ), Aip Saripudin, M. Pd. ( Dosen Jurusan PIAUD ) dan Kusnadi Staf Jurusan PIAUD Dalam Kegiatan Audit Mutu Internal Berbasis ISO 9001 : 2015
Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Audit Mutu Internal Berbasis ISO 9001 : 2015 Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Hj. Ery Khaeriyah, S. Ag., M.A. (Sekretaris Jurusan PIAUD) dan Aip Saripudin, M. Pd. ( Dosen Jurusan PIAUD ) Mendampingi Uditor Menyerahkan Berkas Administrasi PIAUD Dalam Kegiatan Audit Mutu Internal Berbasis ISO 9001 : 2015
Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Audit Mutu Internal Berbasis ISO 9001 : 2015 Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Foto Bersama Sekjur, Dosen dan Tim Auditor Dalam Kegiatan Audit Mutu Internal Berbasis ISO 9001 : 2015
Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Audit Mutu Internal Berbasis ISO 9001 : 2015 Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Foto Bersama Sekjur, Dosen dan Tim Auditor Dalam Kegiatan Audit Mutu Internal Berbasis ISO 9001 : 2015
Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Wisuda Sarjana ke XVIII IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Cirebon – Wisuda Sarjana ke XVIII IAIN Syekh Nurjati Cirebon;  Hari Sabtu Tanggal 30 Oktober 2018 telah di laksanakan Wisuda yang ke XVIII Bertempat di Apita Hotel Tuparev Kab. Cirebon Khususnya Untuk Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Perdana  Angkatan 2014 Meluluskan Sebanyak 18 Orang Mahasiswa.

Cirebon – Wisuda Sarjana ke XVIII; IAIN Syekh Nurjati Hari Sabtu Tanggal 30 Oktober 2018 telah di laksanakan Wisuda yang ke XVIII Bertempat di Apita Hotel Tuparev Kab. Cirebon Khususnya Untuk Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Perdana  Angkatan 2014 Meluluskan Sebanyak 18 Orang Mahasiswa.  Bagi Mahasiswa, Wisuda adalah momen spesial yang pasti bakal dikenang sepanjang masa. Wajar, karena proses menuju wisuda saja sudah susah. Mulai dari kamu harus bayar mahal untuk masuk kuliah, masa perkuliahan yang bikin kamu pusing gak karuan, hingga proses pengerjaan skripsi yang bisa bikin kamu lupa segalanya.

Setelah melalui beberapa proses tersebut, sudah pasti wisuda adalah pencapaian tinggi yang memebanggakan bagi mereka. Senang itu wajar-wajar aja. Namun, janagn terlena dengan euforia wisuda. Masih banyak pencapaian tinggi yang bisa diraih raih di luar sana.

Ucapan selamat yang datang dari orangtua, saudara hingga sahabat tercinta memang bikin kamu bahagia. Maklum lah, momen wisuda adalah momen yang sangat membanggakan. Tak hanya bagi dir pribadi, tapi juga bagi orang-orang terdekat, terutama bagi orangtua yang sudah membesarkan hingga bisa jadi sarjana. Atas dasar itu, wajib untuk bersyukur dan berbahagia. Euforia wisuda itu wajar. Karena itu momen bahagia.

Ada saat di mana diri ini sendirian dan diam sesaat setelah wisuda. Saat itu, diri ini akan mulai kepikiran tentang pertanyaan berat dalam hidup.

Pertanyaan sederhana tapi penuh makna. Dari sini, arah masa depan akan ditentukan. Entah  akan memilih untuk lanjut kuliah S2 atau langsung terjun ke dunia kerja, yang jelas, dari pertanyaan itu  bakal mengarahkan hidup ini ke arah yang ingin dituju.

Ibarat permainan, tahapan kuliah hingga wisuda adalah fase tutorial yang dijalani. Memang sih bagi sebagian orang, tutorial itu gak penting. Tapi tutorial bisa juga jadi sangat berguna untuk memudahkan langkah nantinya. Nah, momen wisuda adalah momen spesial yang kalau pada beberapa permainan, akan ada achievement tersendiri yang akan terbuka saat tutorial selesai dijalani.

Wajar saja bangga, tapi untuk puas ya jangan dulu. Masih banyak hal lain yang harus di capai sebelum merasa terpuaskan. masih harus memilih antara kuliah atau kerja. dan juga masih harus bersaing dengan banyak orang guna mendapat penghasilan demi keluarga. juga masih harus terus tumbuh dan bertambah tua dan membanggakan keluarga. Jalan masih panjang.

Perasaan bangga dan bahagia pasti akan muncul saat kamu sudah resmi jadi sarjana. Perjalanan 4 tahun terbayar lunas dengan adanya titel sarjana yang disematkan. Meski demikian,  gak boleh merasa sombong.  memang punya gelar sarjana, tapi belum tentu  bisa langsung mengarahkan hidup ke arah yang  disukai. Di dunia nyata, gelar sarjana sudah bukan lagi segalanya. Selain punya gelar, juga dituntut harus punya soft skill yang mumpuni dan kepribadian yang juga baik.

Bukan bermaksud untuk menakuti, tapi momen wisuda hanya akan bermakna bahagia kala tidak berhenti belajar dan berusaha saat gelar sarjana sudah didapat. Senang saat wisuda itu perlu. Dengan begitu bisa turut menghargai jerih payah selama kuliah. Mulai dari saat ospek, begadang mengerjakan tugas hingga pahit-manis saat  skripsi.

Tapi sedih setelah wisuda juga perlu. Dengan begitu  bisa instrospeksi dan jadi takut untuk mengecewakan orangtua yang sudah bekerja membiayai kuliah. Agar pengorbanan tak sia-sia, setelah wisuda  tetap harus berusaha.

Jangan pernah melihat wisuda sebagai akhir dari segalanya. Wisuda hanyalah awalan dari dunia yang sebenarnya. Jadi masih harus menyesuaikan diri lagi jika ingin terus berkarya dan berprestasi. Tapi jangan takut, setidaknya dengan sudah wisuda,  punya modal untuk memasuki dunia nyata.

Tempat Prosesi Wisuda XVIII di Bale Room Apita Hotel Tuparev Kab. Cirebon.

Pelaksanaan Wisuda yang ke XVIII Bertempat di Apita Hotel Tuparev Kabupaten Cirebon.

Hj. Ery Khaeriyah, S. Sg. M.A., Sekretaris Jurusan PIAUD dan Mahasiswa Jurusan PIAUD Prosesi Wisuda XVIII di Bale Room Apita Hotel Tuparev Kab. Cirebon.

Foto Bersama Hj. Ery Khaeriyah, S. Sg. M.A., Sekretaris Jurusan PIAUD dan Mahasiswa Jurusan PIAUD Prosesi Wisuda XVIII di Bale Room Apita Hotel Tuparev Kab. Cirebon.

Powered by WordPress and MasterTemplate