Tingkatkan Kualitas Lulusan, PGMI Selenggarakan Khotmil Qur’an Dan Tahfidz

WhatsApp Image 2019-07-12 at 11.08.23

Sebagai implementasi dari program jurusan, PGMI menyelenggarakan kegiatan Khotmil Quran dan Tahfidz Juz 30 dan 1 pada Senin (8/7). Sebanyak 141 mahasiswa semester 2 Jurusan PGMI menjadi peserta di kegiatan yang terselenggara di Aula Gedung SBSN ini.

Ketua Jurusan PGMI, Syibli Maufur, M.Pd menjelaskan, selain sebagai program jurusan, Khotmil Quran dan Tahfidz Jus 30 dan 1 juga merupakan materi pembelajaran yang ada di MK Qiroah dan Tahfidz. Menurutnya, kompetensi membaca dan menghafal Al Quran menjadi tren baru bagi guru MI dan SD. Untuk itulah, sebagai calon guru MI dan SD, mahasiswa PGMI dibekali sedari dini untuk menghafal Al Quran agar mampu menjawab tantangan zaman. “Melalui program ini kami menyiapkan anak didik kami. Bahwa alumni jurusan PGMI di IAIN Syekh Nurjati Cirebon siap untuk mengajarkan hafalan Al Quran juz 30 dan juz 1,” ungkapnya.

Kegiatan yang telah dilakukan kedua kalinya ini, dilaksanakan di semester 2 sementara kegiatan sebelumnya dilaksanakan di semester 8. Perubahan ini dikarenakan pertimbangan bahwa motivasi mahasiswa semester awal lebih tinggi, harapannya out put yang diperoleh akan lebih baik.

Di tataran kampus, MK Qiroah dan Tahfidz juga dinilai efektif untuk membantu mahasiswa PGMI dalam menyelesaikan pembelajaran dan ujian baca dan teori Al Quran di Pusat Pengembangan Tilawatil Quran (PPTQ) pada semester awal. Selain itu, lanjut Syibli, untuk meningkatkan daya saing dan kemampuan, mahasiswa Jurusan PGMI tidak hanya menghafal Juz 30 dan 1 saja, tetapi pihaknya juga telah mencanangkan program satu semester satu juz. “Sehingga dalam 8 semester bisa 8 juz,” harapnya.

Dia mencatat, sebanyak 95 persen alumni PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon bekerja sesuai bidangnya, yaitu menjadi tenaga pendidik di MI maupun SD. Angka itu menjadi indikator kualitas lulusan jurusan tersebut sangat tinggi, sehingga peluang untuk menjadi tenaga pendidik pun sangat terbuka lebar.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Dekan III Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FITK), Dr H Saefudin M.Ag memberi apresiasi kegiatan Khotmil Quran dan Tahfidz Jus 30 dan 1 ini. Menurutnya, kegiatan tersebut layak didukung dan dikembangkan. Bahkan Saefudin menantang mahasiswa Jurusan PGMI untuk tidak berhent menghafal Al Quran. “Semester 2 menghafal 2 juz. Kalau semester 8 bisa menghafal 8 juz, itu lulusan PGMI setara dengan mahasiswa Universitas Al-Azhar, Kairo,” pungkasnya. (Amel).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *