HIMAGUMI Kenalkan Dunia Kampus kepada Mahasiswa Baru Lewat Budaya Cirebon

WhatsApp Image 2018-09-21 at 10.44.30

Orientasi Mahasiswa Baru (OMB) Jurusan PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon 2018 yang diselenggarakan oleh pengurus Himpunan Mahasiswa Guru Madrasah Ibtidaiyyah (HIMAGUMI) pada tahun akademik 2018/2019 mengangkat tema dan acara yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Orientasi Mahasiswa Baru (OMB) Jurusan PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon 2018 ini, mengangkat tema Membentuk Mahasiswa PGMI yang Militan melalui Kearifan Lokal Budaya Cirebon untuk Mapan Masa Depan”.

Acara ini dilaksanakan selama 2 hari berturut-turut, yaitu pada hari Senin-Selasa, 17-18 September 2018 yang  diikuti oleh 157 mahasiswa baru jurusan PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon dengan sangat antusias dan penuh semangat. Pada hari pertama, kegiatan OMB dilaksanakan di Aula Bansal Keraton Kasepuhan Cirebon dengan beberapa rangkaian acara, seperti workshop topeng oleh Distro Topeng Sunyaragi. Kegiatan ini bertujuan mengenalkan  budaya Cirebon kepada mahasiswa baru PGMI karena mahasiswa baru PGMI bukan hanya dari  daerah Cirebon saja ada juga dari  luar kota bahkan luar pulau. (Tutur Faiz Hisbuloh ketum HIMAGUMI) . Panitia ikut serta dalam kegiatan workshop topeng, disana setiap orang diberikan satu topeng polos serta alat dan bahan yang telah dikoordinir oleh panitia untuk diwarnai. Ada beberapa jenis topeng yang dibagikan, seperti topeng rumyang, topeng kelana, dll. Dan hasil topeng yang sudah diwarnai bisa dibawa pulang sebagai cinderamata.

Kegiatan berikutnya adalah selayang pandang dari Ketua Jurusan PGMI, yaitu Bapak Syibli Maufur,M.Pd. Beliau menjelaskan dan memperkenalkan dinamika kampus dan serentetan program yang ada di jurusan PGMI yang mana beliau menuturkan bahwa jurusan PGMI IAIN  Syekh Nurjati Cirebon memiliki ciri khas yang sangat  menonjol dengan jurusan PGMI/PGSD lainnya. Jurusan PGMI IAIN Syekh Nurjati  Cirebon disamping  memperkaya keilmuan dibidang pengetahuan juga keterampilan guru profesional di dunia kerja nanti serta  jurusan PGMI ini juga memperdalam budaya lokal khususnya budaya Cirebon. Untuk mencapai tujuan tersebut, jurusan PGMI menambahkan  mata kuliah khusus dan tambahan yang tidak ada di jurusan PGMI lainnya seperti mata kuliah kepramukaan, Kajian kitab kuning, sendratari, keterampilan bahasa daerah (Cirebon), dll. tuturnya. Setelah itu, diadakan kegiatan Tour Guide sebagai kegiatan pamungkas dihari pertama yang dilakukan oleh pihak keraton langsung. Setelah itu peserta diajak untuk operasi semut yaitu memungut sampah yang tertinggal di aula. Lalu mereka diarahkan untuk pulang.

Pada hari kedua, kegiatan OMB dilaksanakan di Goa Sunyaragi. Kegiatan di hari kedua tidak kalah seru dibanding hari pertama. Kegiatan pertama di hari kedua ialah selayang pandang tentang  Goa Sunyari oleh pihak Goa Sunyaragi. Lalu disambung dengan pemberian materi oleh Kak Eka dan Kak Yuriska (Alumni mahasiswa PGMI) tentang Tri dharma Perguruan Tinggi. Selanjutnya pemberian materi oleh Kak Asep dan Kak Yaya tentang Ikatan Mahasiswa PGMI se-Indonesia. Setelah itu, ada sesi pengenalan dengan pengurus HIMAGUMI. Kegiatan berikutnya adalah Mobiling Game, dimana peserta berkeliling area Goa Sunyaragi dan datang dari satu pos ke pos lainnya untuk mengikuti permaianan seru dari setiap divisi pengurus HIMAGUMI.  Dan acara pun di tutup dengan kemeriahan sesi foto bersama berlatar belakang pelatan Goa Sunyaragi dengan balutan smoke bomb warna-warni. Kegiatan hari kedua ini bertujuan untuk mengenalkan dinamika ormawa (organisasi mahasiswa) yang berkaitan dengan jurusan PGMI khususnya organisasi HIMAGUMI, IMPI, dll.

Kegiatan di hari kedua ini panitia kegiatan bermaksud mengadakan pendekatan emosional dan silaturahmi terhadap mahasiswa baru karena mereka sudah termasuk keluarga besar mahasiswa PGMI. Kegiatan Orientasi Mahasiswa Baru (OMB) PGMI IAIN Syekh Nurjati ini panitia kegiatan berharap mahasiswa baru PGMI bisa mengenal, menjaga dan mencintai budaya lokal yang pada zaman milineal ini generasi muda sudah  tidak peduli. Dan panitia kegiatan pun berharap mahasiswa baru PGMI  mengenal dunia kampus dan jurusannya seperti jargon kegiatan katakan yaitu “Kenal HMJne, kenal IAINne, kenaaaal Cirebonne. (Tutur ketua pelaksana Nurjannah bersemangat sekali (Tsy&Ydh).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *