Sukseskan Pertemuan PD PGMI se-Indonesia, PGMI IAIN Cirebon Kirimkan Delegasi ke IAIN Palangka Raya

IMG-20180505-WA0084

Palangka Raya (04/05/18) Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD PGMI) se Indonesia gelar Seminar Nasional dan Pertemuan Dosen PGMI se Indonesia. Kegiatan yang digelar dari tanggal 04 s/d 06 Mei 2018 ini bertempat di Aula IAIN Palangka Raya dan diikuti oleh lebih kurang 33 Perguruan Tinggi se Indonesia, baik PTKIN, PTKIS, maupun PTU. Turut hadir dari 33 Perguruan Tinggi tersebut adalah utusan dari PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang diwakili oleh Ahmad Arifuddin, M.Pd.

Kegiatan ini terdiri dari 3 rangkaian kegiatan, yakni Seminar Nasional yang mengangkat tema “Pengembangan KKNI Berbasis Kearifan Lokal Pada Program Pendidikan Dasar Islam“, Pararel Session, dan Rapat Kerja Pengurus PD PGMI Indonesia. Hadir sebagai narasumber Seminar Nasional adalah Prof. Dr. H. Muhammad Ali, M.Pd., MA. Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia, Dr. Fauzan, MA. Ketua PD PGMI se-Indonesia, Drs. Kidup Supriyadi,  M.Pd Kementerian Agama RI, Dr. Guntur Tjalajan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Kalimantan Tengah, dan Dr. Ibnu Elmi, MH Rektor IAIN Palangka Raya.

Dalam paparannya para narasumber menyampaikan bahwa pengembangan kurikulum berbasis kearifan lokal (local wisdom) menjadi sebuah keharusan. Karena dengan kearifan lokal tersebut pengembangan yang berkelanjutan akan dapat tercapai dengan baik. Di samping itu, menggali kearifan lokal di masing-masing daerah juga bagian dari menjaga warisan leluhur budaya nusantara.

Lebih lanjut narasumber menyampaikan bahwa banyak sekali nilai-nilai moral/karakter yang dapat digali dari kearifan lokal tersebut, yang sangat erat kaitannya dengan capaian pembelajaran pada aspek sikap dan keterampilan.  Sehingga mahasiswa mampu mengaplikasikan nilai-nilai moral tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Diakhir paparannya narasumber berharap agar alumni/lulusan dari Program Studi PGMI mampu berkompetisi dengan alumni/lulusan dari Program Studi PGSD, baik di tingkat Nasional maupun Internasional. (A_A)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *