Tim Gugus Mutu Jurusan Dampingi Dosen dalam Penyusunan RPS sesuai KKNI

WhatsApp Image 2018-05-29 at 10.37.20

Kamis (05/04/18) Tim Gugus Mutu Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) adakan Pendampingan Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) sesuai Kurikulum yang mengacu KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) dan SN DIKTI (Standar Nasional Pendidikan Tinggi) bagi Dosen. Kegiatan yang bertempat di Ruang Jurusan PGMI ini dihadiri oleh Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan dan Dosen di Jurusan PGMI. Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini adalah Tim Gugus Mutu Jurusan, yakni Ahmad Arifuddin, M.Pd. dan Heru Mudiyanto, M.Pd.

Dalam paparannya narasumber menyampaikan bahwa langkah pertama dalam penyusunan RPS adalah harus memahami kurikulum Program Studi /Jurusan PGMI. “terlebih dahulu kita harus memahami kurikulum, karena unsur-unsur dalam RPS ada di kurikulum jurusan PGMI” tuturnya.

Lebih lanjut narasumber menambahkan bahwa dalam mencantumkan capaian pembelajaran lulusan maupun capaian pembelajaran mata kuliah, baik aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan di RPS harus merujuk pada capaian pembelajaran yang ada di kurikulum jurusan. Sama halnya dengan mengisi deskripsi mata kuliah juga harus mengacu deskripsi mata kuliah yang ada di kurikulum.

Di samping itu, dosen juga harus membuat rubrik penilaian yang jelas dan terukur sesuai dengan karakteristik mata kulaih masing-masing. Hal ini dimaksudkan untuk mengukur ketercapaian proses perkuliahan selama satu semester. (A_A)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *