Dr. H. Tamsik Udin, M.Pd. Narasumberi Sosialisasi Akreditasi PAUD se-Kabupaten Cirebon

h tamsik

Kamis (15/02/18) Dr. H. Tamsik Udin, M.Pd menjadi narasumber dalam Sosialisasi Akreditasi PAUD se-Kabupaten Cirebon. Acara yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon ini sekaligus dalam rangka pelaksanaan kegiatan perencanaan dan penyusunan program bagi Anak Usian Dini (AUD) Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, yakni Rabu-Kamis, 14 – 15 Februari 2018 ini  bertempat di Hotel Sutan Raja Jl. Tuparev Cirebon dan dihadiri lebih kurang 100 peserta dari Kepala TK, Pengawas TK, Kepala Kelompok Belajar, dan Penilik PAUD se-Kabupaten Cirebon.

Dalam paparannya, Assesor PAUD Badan Akreditasi Provinsi Jawa Barat ini menjelaskan bahwa saat ini sistem akreditasi yang dipakai dalam proses akreditasi PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dan PNF (Pendidikan Non Formal) adalah menggunakan sistem/aplikasi berbasis web, yakni SISPENA (Sistem Penilaian Akreditasi). SISPENA adalah aplikasi penilaian akreditasi yang berbasis web dengan pemanfaatan Data Pokok Pendidikan dan Kebudayaan (Dapodik) dalam proses pelaksanaan akreditasi.

Dapodik itu sendiri lanjut Dosen PGMI ini menuturkan merupakan pangkalan data pendidikan dan kebudayaan yang terintegrasi untuk menunjang pelaksanaan akreditasi PAUD dan PNF secara efektif dan efisien. Sehingga dalam proses akreditasi PAUD khususnya, selain melakukan penilaian terhadap 8 standar pendidikan yang telah disusun oleh masing-masing sekolah, Tim Assesor juga akan mensinkronkannya dengan data di Dapodik tersebut.

Alhamdulillah acara selama dua hari tersebut berjalan dengan lancar. InsyaAllah kegiatan ini akan ditindaklanjuti dengan kegiatan pendampingan kepada masing-masing PAUD/TK/Kelompok Belajar se-Kabupaten Cirebon pada waktu yang belum ditentukan (A_A).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *