HIMAGUMI Sukses Gelar Muswil IMPI Jabarta

muswil jabarta

Alhamdulillah, HIMAGUMI (Himpunan Mahasiswa Guru Madrasah Ibtidaiyah) IAIN Syekh Nurjati Cirebon sukses menggelar Musyawarah Wilayah II JABARTA (Jawa Barat, Banten dan Jakarta) IMPI (Ikatan Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah Indonesia) Jabarta ke-V yang bertempat di Jurusan Pendidikan Guru MI (PGMI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon, pada hari Rabu s/d Sabtu, 07 – 10 Februari 2018.

Kegiatan yang mengusung tema “Revitalisasi Semangat Kebersamaan untuk IMPI  JABARTA yang Loyal, Totalitas dan Bertanggungjawab dalam Manajemen dan Kinerja Kepengurusan yang akan Datang” ini bertujuan untuk mengeratkan tali silaturrahim antar kepengurusan IMPI yang baru agar lebih semangat, loyal, total dan bertanggung jawab dalam menjalankan roda kepengurusan yang baru dengan rasa kebersamaan dan kekeluargaan yang semakin erat.

Musyawarah Wilayah IMPI Jabarta ini diikuti oleh kurang lebih 25 peserta mahasiswa jurusan PGMI dari 8 Universitas se-Jabarta. Dalam prakatanya Asep Rahmat Ikbal Fauzi selaku ketua pelaksana Musyawarah Wilayah II IMPI JABARTA ke-V menyampaikan terimakasih kepada seluruh delegesai universitas yang telah hadir dan berharap mereka dapat mengkuti rangkaian acara demi acara yang telah disiapkan dengan baik. Beliau juga menyampaikan, bahwasanya acara muswil ini bukan hanya sekedar untuk meng-upgrade kepengurusan saja, namun juga bentuk silaturahmi dan agar lebih eratnya jalinan kekeluargaan seluruh mahasiswa/I  jurusan PGMI se-Indonesia, khususnya Wilayah II JABARTA.

Acara muswil yang diselenggarakan selama empat hari memiliki beberapa rangkaian acara, diantaranya studium general, bakti sosial, malam keakraban, lomba mendongeng, lomba bulutangkis, sidang musyawarah, pelantikan, serta fieldtrip. Kegiatan tersebut dimulai sejak hari Rabu, 07 Februari 2018 yang mana rangkaian kegiatannya yakni yang pertama pembukaan dan studium general. Studium general ini mengusung tema “Peluang dan Tantangan Madrasah Ibtidaiyyah di Era Globalisasi” dengan pemateri Bpk, Dr. H. Rosidi Rodi, MA. M. Pd dan Bpk. Ahmad Arifuddin, M. Pd sebagai moderator. Adanya studium general yang mengusung tema tersebut agar kita sebagai calon guru MI mampu mengatasi tantangan-tantangan yang ada di era globalisasi seperti saat ini. Acara muswil dibuka oleh Dekan FITK Bpk.Dr. H. Ilman Nafi’a, M.Ag.

Rangkaian kegiatan lainnya masih berlanjut, setelah studium general sekitar pukul. 14.00 WIB seluruh peserta muswil dan panitia menunju ke Rumah Singgah Peduli Anak Bangsa untuk melakukan kegiatan bakti sosial. Tidak hanya bakti sosial berupa materi saja, namun juga diadakan beberapa lomba seperti permainan egrang dan bakiak, selain untuk memberikan mereka hiburan juga untuk melestarikan permainan tradisonal. Setelah bakti sosial selesai, untuk kegiatan malamnya ada yang namanya Makrab (malam keakraban). Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk lebih mengakrabkankan lagi antar anggota IMPI, agar rasa kekeluargaan dan kebersamaan yang dekatnya terasa.

Hari ke-2 Kamis, 08 Februari 2018 acara yang dilaksanakan yakni, lomba mendongeng dan pertandingan bulu tangkis untuk masing-masing delegasi universitas dan sidang pleno musyawarah wilayah. Lomba mendongeng dilaksanakan di Studio Televisi Pusat Laboratoriaum Terpadu IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang diikuti oleh 5 peserta delegasi. Juara I diraih oleh delegasi IAID Ciamis, Juara II UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan Juara III IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Untuk lomba bulutangkis dilaksanakan di Lapangan Pemuda dan juara I tunggal putra diraih oleh delegasi STAI Putra Galuh Ciamis, juara II dari IAID Ciamis, Juara I tunggal putri UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan Juara II Universitas Islam Nusantara Bandung.

Setelah kegiatan perlombaan selesai, acara dilanjutkan pada malam harinya yakni, sidang pleno muswil. Dalam sidang tersebut membahas laporan pertanggungjawaban kepengurusan IMPI JABARTA periode tahun 2016-2017, membahas AD&ART IMPI, serta pemilihan ketua umum IMPI Jabarta. Yang mana telah terpilih sebagai ketua umum IMPI Jabarta secara musyawarah dan mufakat, yaitu saudara Ananda Supriatna dari UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Hari ke-3 Jum’at, 09 Februari 2018 acara dimulai pukul 14.30, yang mana agenda acaranya yaitu pelantikan kepengurusan periode 2017-2018 dan penutupan Muswil, serta photo bersama. Untuk hari berikutnya, Sabtu, 10 Februari 2018 fieldtrip ke Goa Sunyaragi dan Batik Trusmi.

Dengan adanya kegiatan tersebut, diharapkan Mahasiswa/I PGMI di Indonesia, khususnya Wilayah II JABARTA semakin kompak dan erat kekeluargaanya. Beda warna, beda rasa, dan beda asal, namun kita satu genggaman untuk mencapai tujuan dan IMPIan. IMPI Wilayah II JABARTA “Jaya Bareng Tak Terpisahkan”. Semoga persaudaraan dan persahabatan tersebut tak hanya di dunia tetapi juga sampai di surga. Aamiin. (Sri Taati/VI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *