IMPI Wilayah II JABARTA Gelar Studium General di IAIN Syekh Nurjati Cirebon

WhatsApp Image 2018-02-07 at 09.23.51

Rabu (07/02/18) Himpunan Mahasiswa Jurusan PGMI (HIMAGUMI) IAIN Syekh Nurjati Cirebon dan Ikatan Mahasiswa PGMI se Indonesia Wilayah II Jawa Barat, Banten  dan Jakarta (JABARTA) menggelar Studium General. Kegiatan tersebut mengangkat tema “Peluang dan Tantangan Madrasah Ibtidaiyah di Era Globalisasi”. Kegiatan  yang diadakan di Auditorium Lantai IV Gedung FSEI IAIN Syekh Nurjati Cirebon ini menghadirkan seorang narasumber, yaitu Bapak Dr. H. Rosidi Rido, MA., M.Pd. Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama Kota Cirebon.

Kegiatan yang diawali dengan penampilan Grup Rebana PGMI ini dihadiri oleh lebih kurang 100 peserta, terdiri dari dosen, mahasiswa, dan perwakilan mahasiswa PGMI se Jawa Barat, Banten  dan Jakarta (JABARTA). Dalam sambutannya, Syibli Maufur (Kajur PGMI) mengucapkan selamat datang kepada peserta musyawarah wilayah II Jawa Barat, Banten  dan Jakarta (JABARTA) Ikatan Mahasiswa PGMI Indonesia di PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Selanjutnya, beliau juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas terselenggaranya studium general dalam rangkaian kegiatan musyawarah wilayah II Jawa Barat, Banten  dan Jakarta (JABARTA) Ikatan Mahasiswa PGMI Indonesia ini.  “selamat dan sukses untuk kegiatan musywilnya, semoga kegiatannya berjalan lancar” ungkapnya.

Dr. H. Ilman Nafi’a, M.Ag. selaku Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan saat membuka studium general juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas terselenggarannya studium general yang mengangkat tema peluang dan tantangan madrasah ibtidaiyah di era globalisasi. Lebih lanjut Dekan FITK ini berharap semoga kegiatan ini dapat meningkatkan jalinan komunikasi antar mahasiswa PGMI se Indonesia, khususnya mahasiswa di Wilayah II JABARTA sehingga dapat sharing pengalaman dari kampusnya masing-masng.

Selanjutnya, beliau memaparkan bahwa FITK pada tahun ini akan menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi di Thailand, Malaysia, dan Singapura. “Tahun ini kami akan menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi di Thailand, Malaysia, dan Singapura untuk kerjasama dalam bidang Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa FITK” tuturnya.

Sementara itu, Dr. Rosidi Rido saat menjadi narasumber dalam studium general tersebut menyampaikan bahwa cikal bakal lahirnya pendidikan madrasah adalah berawal dari pendidikan berbasis masjid. Dari pendidikan berbasis masjid kemudian lahirlah pendidikan pesantren dan dari pendidikan pesantren kemudian melahirkan pendidikan madrasah.  Oleh karena itu, madrasah lebih menitikberatkan pada pendidikan agama. Hal ini dilakukan dalam rangka mencetak generasi yang berakhlaqul karimah yang  dilandasi iman dan taqwa.

Lebih lanjut beliau memaparkan bahwa berbicara tentang peluang dan tantangan madrasah, maka berarti kita sedang menSWOT madrasah.  “Setidaknya ada 3 point penting yang akan dibicarakan. Yang pertama bagaimana peluang dan tantangan madrasah ibtidaiyah (MI). Kedua, bagaimana kondisi madrasah ibtidaiyah saat ini. Dan ketiga, bagaimana pemutakhiran data di madrasah ibtidaiyah” ungkapnya.

Diantara peluang madrasah ibtidaiyah di era globalisasi ini adalah madrasah ibtidaiyah dapat menjadi salah satu pendidikan alternatif yang dapat diunggulkan, karena pendidikan madrasah menitikberatkan pada pendidikan karakter, dan pendidikan karakter menjadi sangat penting di era globalisasi ini. Selain itu, saat ini MI sudah sejajar/setara dengan SD, sehingga para lulusan MI tidak perlu risau dalam hal hak dan kewajibannya dalam mengenyam pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Selanjutnya, terkait dengan kondisi MI saat ini. Secara umum kondisi MI saat ini perlu ditingkatkan, baik dalam hal Sumber daya manusia (SDM), manajemen pengelolaan, maupun sarana prasarananya.

Di akhir sesi, beliau mengajak kepada seluruh audiens untuk senantiasa berkontribusi dalam membangun dan memajukan madrasah ibtidaiyah, agar slogan Madrasah lebih baik, lebih baik madrasah dapat terwujud. (A_A)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *