Pengelola Jurnal Al Ibtida adakan Study Banding ke Jurnal Al Jami’ah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

IMG_20171211_112647

Senin (11/12/17) Pengelola Jurnal Al Ibtida adakan Study Banding ke Jurnal Al Jami’ah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini bertempat di Kantor Jurnal Al Jami’ah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kegiatan ini diikuti oleh 4 pengelola jurnal Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, yakni Bapak Ahmad Arifuddin, M.Pd., Syibli Maufur, M.Pd., Dr. H. Tamsik Udin, M.Pd., dan Heru Mudiyanto, M.Pd. Sementara itu, narasumber dalam acara tersebut adalah Bapak Saptoni, MA dan Bapak Dr. Arif Maftuhin, M.Ag.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan ketua jurusan PGMI bapak Syibli Maufur, M.Pd. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada pengelola jurnal Al Jami’ah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang telah berkenan menerima pengelola jurnal Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI untuk melakukan koordinasi dan konsultasi pengelolaan jurnal ke jurnal Al Jami’ah. Lebih lanjut beliau berharap semoga bapak Saptoni dan bapak Arif Maftuhin berkenan berbagi ilmu terkait dengan pengelolaan jurnal Al Jami’ah.

Dalam paparannya, bapak Saptoni, MA menyampaikan bahwa sebenarnya implementasi jurnal elektronik di jurnal Al Jami’ah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tidak jauh beda dengan penerapan OJS pada jurnal lain. Namun yang sedikit membedakan adalah untuk jurnal al jamiah peran section editor sedikit ditinggalkan, semuanya langsung dihandel/diperankan oleh editor. Dalam hal plagiasi, jurnal al jami’ah menetapkan kebijakan plagiasi di bawah 10%, dengan menggunakan software grammarly. Namun menurut beliau, beliau tidak serta merta mengandalkan software grammarly semata dalam mengechek plagiasi, tetapi juga mengandalkan feeling/analisa mendalam terkait tulisan yang sedang direview.

Sementara itu, Bapak Dr. Arif Maftuhin, M.Ag menyampaikan bahwa ada beberapa tips dan trik yang dapat dilakukan agar pengelola jurnal mendapatkan naskah yang berkualitas. Salah satunya adalah dengan mengadakan lomba penulisan artikel ilmiah. Dengan mengadakan lomba penulisan artikel ilmiah tersebut, kita dapat menjaring naskah-naskah yang masuk sehingga kita mendapatkan naskah yang berkualitas sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. Selain dengan lomba penulisan artikel ilmiah, menurutnya bisa juga dengan mengadakan konferensi/seminar maupun call for papers kepada penulis-penulis yang produktif dan bereputasi.

Menurut narasumber, hal-hal yang harus ditingkatkan oleh Pengelola Jurnal Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI antara lain adalah komposisi editor harus ditambah dan harus mewakili masing-masing wilayah secara nasional, proses review harus benar-benar berjalan dengan baik, sitasi jurnal perlu ditingkatkan, yakni baru disitasi 15, serta kualitas naskah artikel masih perlu ditingkatkan.

Lebih lanjut narasumber memaparkan bahwa untuk meningkatkan citasi perlu sering-sering melakukan share informasi mengenai Jurnal Al Ibtida melalui media elektronik seperti Medsos, Facebook, Instagram, Twiter, dll. Selain itu juga kita harus terus meningkatkan sosialisasi jurnal kita kepada orang lain dengan berbagai cara agar peluang jurnal kita untuk di citasi oleh orang lain semakin besar.

Di akhir acara, narasumber menyampaikan bahwa dalam mengelola sebuah jurnal, team work menjadi hal yang sangat penting sebagai syarat kesuksesan suatu jurnal. Oleh karena itu, “pengelola jurnal harus mempunyai komitmen yang tinggi dalam mengembangkan jurnal al ibtida ini” imbuhnya. (A_A)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *