Buka Workshop Pengelolaan Jurnal Al Ibtida, Dekan FITK Apresiasi Para Pengelola Jurnal di Lingkungan FITK

sambutan dekan

Kamis (7/12/17) Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI gelar Workshop. Workshop yang mengangkat tema “Peningkatan Mutu Pengelolaan Jurnal dan Artikel Ilmiah Menuju Jurnal Terakreditasi” ini dilaksanakan di Aula Rektorat Lt 3 IAIN Syekh  Nurjati Cirebon ini berlangsung selama dua hari, yakni hari Kamis s.d Jum’at, 7 – 8 Desember 2017. Turut hadir pada acara workshop tersebut yaitu Ketua Pusat Penelitian dan Penerbitan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Bapak/Ibu Dosen Jurusan PGMI, Pengelola Jurnal di Lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah IAIN Syekh Nurjati Cirebon serta Mahasiswa Jurusan PGMI yang berjumlah lebih kurang 50 peserta.

Dalam sambutannya Ahmad Arifuddin, M.Pd. selaku ketua pelaksana sekaligus Editor in Chief Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI menyampaikan pentingnya pemahaman dan penguasaan pengelolaan jurnal elektronik via OJS (Open Journal System). Selain itu, beliau juga menyampaikan bahwa tuntutan dan kewajiban seorang dosen, khususnya dosen yang mempunyai jabatan lektor kepala dan guru besar wajib mempublikasikan hasil karya ilmiahnya ke jurnal nasional terakreditasi maupun jurnal internasional bereputasi.

Oleh karena itu, workshop ini dimaksudkan untuk memberikan penyegaran/refreshment terkait teknik penulisan artikel ilmiah agar kualitas artikel ilmiah yang dihasilkan sesuai dengan standar kualitas artikel ilmiah jurnal terakreditasi maupun jurnal internasional bereputasi. Selain itu, pengelola jurnal juga diberi penyegaran/refreshment terkait manajemen penerbitan naskah full daring artikel via OJS, agar manajemen penerbitan naskah yang selama ini sudah dilakukan dapat lebih baik lagi.

Sementara itu, Ketua Jurusan PGMI menyampaikan apresiasi setingginya kepada segenap panitia dan pengelola jurnal Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI yang sudah bekerja keras hingga pelaksanaan workshop ini dapat berjalan dengan lancar. Selain itu, beliau menambahkan bahwa selama dua tahun terakhir ini Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI mengalami progress yang luar biasa. Di awal tahun 2016, Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI dari aspek komposisi naskah masih didominasi naskah artikel dari dosen-dosen intern IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Akan tetapi sejak edisi Juni 2017 hingga edisi Oktober 2017 komposisi naskah artikel sudah 60% bahkan lebih dari 60% naskah artikel dari luar IAIN Syekh Nurjati Cirebon, mulai dari sumatera, kalimantan, jawa, madura hingga papua. Sedangkan naskah yang diterima dari Internal IAIN Syekh Nurjati Cirebon hanya 40%. Selain aspek komposisi naskah, komposisi editorial team, reviewer maupun indeksasi juga sudah mengalami progres/kemajuan yang signifikan. Dan sejak tanggal 13 April 2017 Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI sudah terindeks di lembaga pengindeks internasional bereputasi sedang seperti DOAJ (Directory of Open Access Journals).

Selanjutnya, Dr. H. Ilman Nafi’a, M.Ag. selaku Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon dalam sambutannya memberikan apresiasi yang tinggi kepada dosen-dosen muda, khususnya pengelola jurnal Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI yang telah membangkitkan kembali jurnal-jurnal di Lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Mudah-mudahan dengan adanya workshop 2 hari ini dapat memberikan refreshment kepada peserta workshop agar pengelolaan jurnal di Lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, khususnya Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI lebih baik lagi dan dibarengi dengan naskah artikel yang berkualitas. Beliau juga berharap semoga Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI dapat mengajukan akreditasi jurnal ke Akreditasi Jurnal Nasional (ARJUNA) Kemenristek Dikti RI. (Arifuddin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *