Tingkatkan Mutu Pengelolaan Jurnal, Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI Gelar Workshop Teknik Penulisan Artikel Ilmiah

ali misri

Kamis (7/12/17) Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI gelar Workshop. Workshop yang mengangkat tema “Peningkatan Mutu Pengelolaan Jurnal dan Artikel Ilmiah Menuju Jurnal Terakreditasi” ini dilaksanakan di Aula Rektorat Lt 3 IAIN Syekh  Nurjati Cirebon dan berlangsung selama dua hari, yakni hari Kamis s.d Jum’at, 7 – 8 Desember 2017.

Workshop ini menghadirkan dua narasumber yang kompeten, yakni Dr. Muhammad Ali Misri, M.Si dan Busro, M.Ag. Mengawali presentasinya, Dr. Muhamad Ali Misri, M.Si. mengucapkan terima kasih kepada pengelola Jurnal Al Ibtida yang telah mengundang saya untuk menyampaikan materi tentang Penulisan Artikel Ilmiah. Seperti kita ketahui bersama,  publikasi ilmiah di jurnal-jurnal yang terakreditasi dan terindeks scopus menjadi hal yang sangat dibutuhkan oleh dosen dan juga mahasiswa di lingkungan kampus.

Oleh karenanya, kita perlu mengetahui bagaimana membuat artikel ilmiah yang baik dan benar. Dengan artikel yang berkualitas, nilai dari jurnal yang mempublikasinya juga menjadi bernilai tinggi. Artikel yang berkualitas dibutuhkan agar nilai dari jurnal kita tinggi dan memenuhi standar untuk bisa terakreditasi. Oleh karenanya, teknik penulisan jurnal yang baik menjadi hal yang mutlak bagi penulis yang ingin tulisannya bernilai tinggi.

Ada beberapa langkah untuk menghasilkan artikel yang baik. Pertama, kita harus menyiapkan hasil penelitian yang akan kita publish di artikel kita. Hasil penelitian bisa berupa tabel, grafik, dan lain-lain. Kedua, kita memilih dan memprediksi jurnal target publikasi kita. Kita harus mengetahui jurnal tujuan kita tersebut apakah bidang kajiannya sudah sesuai belum dengan pembahasan artikel kita. Kita harus mengetahui gaya selingkung, dan berbagai hal tentang jurnal yang ingin kita tuju. Pastikan bahwa kita mensubmit ke jurnal yang tepat sesuai dengan bidang kajian kita. Ketiga, kita menyiapkan manuskrip untuk mendukung hasil penelitian kita. Manuskrip sebaiknya berasal dari jurnal yang terindeks scopus dan berdasarkan hassil temuan terbaru tentang bidang kajian yang kita tulis. Keempat, periksa ulang manuskrip kita. Apabila masih terdapat kekurangan, kita tambahkan lagi dengan manuskrip yang baru. Apabila ada manuskrip yang dirasa kurang tepat lebih baik untuk diganti. Langkah terakhir, baru kita mensubmit artikel kita. (Arifuddin/Heru)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *