Pengelola Jurnal Al Ibtida Presentasikan Program Peningkatan Mutu Jurnal Di Hadapan DIKTIS

sambutan pak kasubdit

Bekasi (31/07/17)  Pengelola Jurnal Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI IAIN Syekh Nurjati Cirebon presentasikan program peningkatan mutu publikasi ilmiah (Jurnal Ilmiah) di Hadapan Pendidikan Tinggi Islam (DIKTIS) Kementerian Agama RI.  Kegiatan ini dalam rangka memenuhi Undangan presentasi proposal kluster publikasi ilmiah program peningkatan mutu publikasi ilmiah.

Kegiatan yang berlangsung sejak tanggal 31 Juli hingga 02 Agustus 2017 ini bertempat di Hotel Amaaroossa Grande Bekasi dan diikuti oleh 60 pengelola jurnal se-Indonesia. Turut Hadir dalam acara tersebut Kasubdit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Dr. Muhammad Zain, Kasi Penelitian Anis Masykur, M.A., dan Kasi Publikasi Ilmiah DIKTIS Dr. Mahrus el Mawa.

Dalam kesempatan tersebut Dr. Arif Maftuhin, MA selaku Reviewer seminar proposal peningkatan mutu publikasi ilmiah tersebut yang juga pengelola jurnal Al Jami’ah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta memberikan pengarahan bahwa program peningkatan mutu publikasi ilmiah yang akan diajukan harus disesuaikan dengan hasil evaluasi diri masing-masing jurnal, baik evaluasi diri melalui sistem ARJUNA DIKTI maupun evaluasi diri oleh internal pengelola jurnal. Sementara itu, Dr. Syamsul Maarif, M.Ag selaku reviewer juga memaparkan bahwa program yang akan diajukan juga harus diarahkan pada percepatan menuju jurnal terakreditasi.

Ahmad Arifuddin selaku pengelola jurnal Al Ibtida dalam presentasi proposalnya menyampaikan bahwa program yang akan diajukannya adalah workshop tata kelola jurnal elektronik tingkat lanjut dan teknik penulisan artikel jurnal berstandar jurnal terakreditasi   nasional. Hal ini dilakukan berdasarkan hasil evaluasi diri melalui sistem ARJUNA DIKTI dimana substansi naskah/artikel masih kurang.  Sementara itu, untuk menggali informasi terkait pengelolaan jurnal elektronik sesuai standar ARJUNA, maka pengelola jurnal Al Ibtida akan mengajukan kegiatan study banding/kunjungan ke jurnal yang sudah terakreditasi, semisal ke Journal of Education and Learning Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta ataupun ke Jurnal Pendidikan Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Ahmad Arifuddin berharap semoga ikhtiar yang dilakukannya dalam rangka peningkatan mutu publikasi ilmiah Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI dapat LULUS seleksi dan dikabulkan oleh DIKTIS Kementerian Agama RI, amien (Ahmad Arifuddin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *