Menuju DOAJ, Jurnal Al Ibtida Terus Berbenah

cover-jurnal-al-ibtida-utk-moraref

Senin (31/10) Jurnal Al Ibtida Volume 3 Nomor 2 Edisi Oktober 2016 telah terbit. Pada Edisi Oktober 2016 ini Jurnal Al Ibtida menerbitkan 8 artikel jurnal, 5 artikel jurnal dari penulis luar (Universitas Mulawarman, IAI Banyuwangi, STAI Al Hikmah Jakarta, Universitas Muhammadiyah Magelang, dan SMAN 5 Samarinda) dan 3 artikel dari penulis dalam (IAIN Syekh Nurjati).

Berbeda dengan edisi-edisi sebelumnya, pada edisi Oktober 2016 ini seluruh tahapan pengelolaan artikel jurnal 100% menggunakan manajemen OJS (Open Journal System), mulai dari submission artikel, proses review, editing, hingga publish artikel jurnal. Untuk melihat artikel jurnal Vol 3 No 2 Edisi Oktober 2016 dapat dilihat di http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/ibtida

Ahmad Arifuddin, M.Pd. pengelola Jurnal Al Ibtida menuturkan bahwa saat ini jurnal Al Ibtida sudah mempunyai p-ISSN 2442-5133 dan e-ISSN 2527-7227 serta sudah terindeks di beberapa alat pengindeks nasional maupaun internasional. “Alhamdulillah jurnal Al Ibtida sudah mempunyai ISSN cetak maupun online serta sudah terindeks di IPI (Indonesian Publication Index), Moraref, Google Scholar, Academi.edu, DRJI (Directory Research Journal Indexing), UIF (Universal Impact Factor), dan lain-lain” ungkapnya.

Lebih lanjut Ahmad Arifuddin menambahkan bahwa untuk memenuhi kriteria DOAJ (Directory of Open Access Journals), Jurnal Al Ibtida saat ini sudah dilengkapi dengan menu author guideline, focus and scope, template journal, editorial team, lisency, visitor statistic, dan lain-lain. Semoga dengan dilengkapinya menu-menu tersebut Jurnal Al Ibtida dapat LOLOS review yang sedang dilakukan oleh Team Reviewer DOAJ, sehingga Jurnal Al Ibtida dapat terindeks DOAJ, amien (AA-red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *