Melaksanakan Tugas Praktikum Perkuliahan, Mahasiswa PGMI Diskusi dengan Guru MI Islamiyah dan MI Nurul Huda

Menyambut penerapan  Kurikulum  berbasis KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) di Fakultas  Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) IAIN Syekh Nurjati Cirebon, sebagian besar mata kuliahnya harus didukung dengan pengembangan kompetensi mahasiswa. KKNI ini juga dimaksudkan agar mahasiswa tidak hanya mengetahui ilmu secara teori-tekstual-saja, tetapi juga harus didukung dengan kondisi riil –kontekstual- di lapangan, sehingga alumninya kelak tidak menjadi sarjana  yang verbalisme.

Perkuliahan “Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah (MI)” yang diampu oleh Dr. H. Tamsik Udin, M.Pd. telah melaksanakan kegiatan praktek mata kuliah dalam rangka mendukung KKNI tersebut. Kegiatan itu dilaksanakan pada tanggal 2 Mei 2016,  dengan teknik mahasiswa Jurusan PGMI Smt 2 B secara kolektif (25 orang) mendatangi Guru MI –ibu Tari, Guru MI Islamiyah Desa Wanakaya dan Ibu siti Hajar guru MI Nurul Huda Desa Kalisapu Kab.Cirebon.

Hasil yang dicapai adalah Mahasiswa memahami Rencana Pembelajaran (RPP) Tematik yang berisikan sub judul : Kompetensi Inti (KI), KD,Indikator, Tujuan, Materi Pembelajaran,Metode,Kegiatan Pembelajaran,Sumber dan Media serta Penilaian; bagaimana pengertian dan bagaimana cara membuat deskripsi pada setiap sub judul RPP tersebut.  (Tamsik)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *