↑ Return to Profil

Print this Page

Profil Perpustakaan

A. Sejarah Singkat Perpustakaan

 

gEDUNG PerpustakaanPerpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon telah dirintis pendiriannya sejak tahun 1965, ketika itu IAIN Syekh Nurjati Cirebon masih bernama IAIN yang merupakan cabang dari IAIN Syarif Hidayayatullah Jakarta. Kemudian dikirmkanlah ke Cirebon empat orang, yaitu 3 orang dosen dan 1 orang karyawan yang pernah bekerja di perpustakaan IAIN Syahida, yang bernama Muhammad Fadhullah, yang kemudian dengan berbekal 5 ekslempar buku, M. Fadhullah mengusulkan supaya ada perpustakaan di IAIN Cirebon, karena kedudukan Perpustakaan di suatu perguruan tinggi itu penting sekali untuk membantu para mahasiswanya dalam mencapai keberhasilan pendidikannya. Perguruan tinggi tanpa Perpustakaan bagaikan manusia tanpa jantung.

Sejarah Perpustakaan STAIN Cirebon berdiri seiring dengan sejarah berdirinya STAIN Cirebon yang sebelum menjadi STAIN merupakan Fakultas Tarbiyah IAIN “SGD” Cirebon, pada masa awalnya adalah suatu forum diskusi, konsultasi dan pertukaran informasi antara tokoh masyarakat Islam Indonesia – forum tersebut adalah Islamic Studies Club (ISC).

Sekitar tahun 1960-an dalam pembicaraan yang berkembang dalam forum ISC muncul gagasan tentang perlunya dibentuk suatu lembaga pendidikan Islam. Munculnya gagasan tersebut berkaitan dengan situasi keseluruhan yaitu semakin dominannya pengaruh komunisme di Indonesia. Para ulma di Cirebon khususnya memandang perlu membekali kader bangsa melalui bidang ilmu. Atas aspirasi kaum muda yang mendapat dukungan dari kaum tua, ISC kemudian disepakati lembaga pendidikan Islam. Tokoh-tokoh yang berperan dalam mewujudkan gagasan tersebut adalah :
1. Ajudan Komisaris Besar polisi Drs. Sasaban Adimaja
2. Sulatn Raja Muhammad nurus (Sultan Kanoman)
3. R.A. Rohani
4. Ustadz Saleh Assegaf.

Dalam penetapan rencana pendirian lembaga Islam bekerja sama dengandermawan muslim dalam bidang pendanaan. Tahun 1962 melalui beberapa usulan akhirnya disepakati berdirinya pendidikan tinggi Islam dengan nama Universitas Islam Syarif Hidayatullah (UNISYA) dengan rektor pertamanya yaitu Prof. Kahar Muzakar, sejak berdirinya UNISYA membuka tiga Fakultas, yaitu : Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Agama. Adapun kegiatan perkuliahannya yaitu di rumah usahawan H.A. Abdul Ghani Ihya (Alm) yang kini menjadi sekretariat HMI cabang Cirebon.

Pada tahun 1965, seiring dengan penegerian Fakultas Agama UNISYA dengan susunan panitia :
1. KH. O. Hulaemin sebagai ketua
2. KH. Bisri Asmin sebagai wakil ketua
3. Sa’dillah Fathon sebagai sekretaris
4. H. Abdul Ghani Ihya sebagai bendahara

Penegrian Fakultas Agama UNISYA diresmikan berdasarkan SK.Menag.No. 59/1963, tanggal 02 tahun 1965 menjadi Fakultas Tarbiyah, sebagai dekan pertama adalah Prof. TMT. Abdul Muin. Tiga tahun kemudian diresmikan fakultas Ushulluddin salah satu Fakultas dari IAIN Syahida Jakarta cabang Cirebon dengan susunan pimpinan sebagai berikut :
1. H. Zaeni Dahlan, MA sebagai Dekan
2. Drs. S. Sholehuddin, sebagai Pudek I
3. Drs. Shofiyuddin Mujahid sebagai Pudek II
4. Drs. Cholil sebagai Pudek III

Pada masa itu beberapa dosen dan karyawan dari IAIN Jakarta mempelopori berdirinya Perustakaan sebagai salah satu sarana yang menunjang dalam kegiatan perkuliahan. Dosen yang berperan dalam realisasi Perpustakaan adalah :
1. Drs. Zaeni Dahlan, MA
2. Drs. Ojo Jiharudin
3. Drs. Ramli

Dan dari karyawan adalah :
1. Sumarmun ( alm)
2. Muhammad Fadhullah (pustakawan)

Pada bulan Oktober 1965, bapak Fadhullah dkk. mulai merintis Perpustakaan yang dimulai dengan 5 ekslempar buku yang pada saat itu berlokasi di Jl. RA Kartini, dengan berbagai usaha dan kerjasama pengembangan perpustakaan mendapatkan sumbangan buku dari dr. Hardadi (spesialis mata), sumbangan buku dari Depag pusat dan Depag kota, dari instansi, buku-buku USIS dari pemerintah Inggris, bapak Fadhullah bertugas di perpustakaan dari tahun 1965-1988 dengan kegiatan pengumpulan koleksi perpustakaan dari berbagai donatur.

Sebelum menempati lokasi saat ini (Jl. Perjuangan ) perpustakaan sering mengalami perpindahan tempat antara tahun 1965-1982 tempat-tempat itu antara lain : Jl. RA Kartini kemudian ke Jl. Kejaksan kemudian ke Jl. Toha dan pindah lagi ke jalan Samadikun dan kembali lagi ke jalan Toha dan kemudian menetap tetap di Jl. Perjuangan dan menempati gedung laboratorium kemudian pindah ke gedung perpustakaan Fakultas Tarbiyah. Gedung perpustakaan Fakultas Tarbiyah berdiri tahun 1982 pada saat Dekan Fakultas dijabat oleh Drs. Muhaemin, Pudek I dijabat oleh Drs. Tauhid, Pudek II dijabat oleh Drs. Usman S. dan Pudek III dijabat oleh Drs. Faqih Mawardi.

Setelah tugas M. Fadhullah berakhir tahun 1988, perpustakaan diteruskan/dialihkan kepada Drs. Aen Zaenuddin (1988-1998) pada masa itu perpustakaan mulai dikembangkan dengan memberikan layanan sirkulasi dan referensi alakadarnya dan masih berusaha mengumpulkan koleksi.
Pada tahun 1988-2001 yang bertugas sebagai kepala perpustakaan adalah Dra. Hj. Elis Muchlishoh, dan seiring dengan perubahan status dari fakultas Tarbiyah IAIN Cirebon menjadi STAIN Cirebon, perpustakaan mulai dikembangkan dari perpustakaan fakultas Tarbiyah IAIN Cirebon menjadi perpustakaan STAIN Cirebon, dengan SK Presiden RI. No, 11 tahun 1997 mulai tahun akademik 1997/1998 fakultas Tarbiyah IAIN berubah status menjadi STAIN Cirebon, dengan membuka jurusan Tarbiyah, Dakwah, Syariah, yang kemudian berkembang dengan membuka jurusan Ushuluddin, Adab serta menyelenggarakan program D2 dan akta IV.

Petugas perpustakaan yang berlatar belakang ilmu perpustakaan hanya ada 2 dan itupun belum secara fungsional sebagai pustakawan, dan Hj, Elis Muchlisoh mengikuti pendidikan perpustakaan melalui diklat dan kursus.

Mulai tahun akademik 1999/2000 perpustakaan menyelenggarakan pendidikan pemakai perpustakaan bagi mahasiswa baru sebagai pra syarat menjadi anggota perpustakaan dengan tujuan setiap anggota perpustakaan mengerti aturan-aturan yang ada di perpustakaan dan agar lebih mudah dalam menggunakan fasilitas dan koleksi yang ada di perpustakaan, serta dapat memelihara berbagai koleksi yang dimiliki perpustakaan.

Pada tahun 2002, yang menjabat sebagai kepala perpustakaan adalah Dra. Iwah Siti Marwah, yang pada saat ini belum mempunyai latar belakang pendidikan Perpustakaan sampai akhir 2002.

Pada Tahun 2002 – 2006 Perpustakaan dipimpin kembali oleh Drs. H. Aen Zaenudin, dengan menempati gedung permanen berlantai tiga, dan tahun 2004 Perpustakaan mengalami perubahan. Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon dapat memulai otomasi setelah mengirimkan dua orang delegasi ke Pusat Perpustakaan IAIN Sunan Ampel Surabaya yaitu Ibu Eti Subernati,S.Sos dan Tohirin,S.Ag sebagai kiblat utama dalam upaya pembenahan sistem dan manajemen yang ada di perpustakaan.

Tahun 2006 kendali Perpustakaan dipimpin oleh Drs. Nasihudin Pono hingga berakhir tahun 2010 dilanjutkan Tahun 2010-2011 Perpustakaan dipimpin oleh Ibu Eti Subenati,S.Sos sebagai kepala Perpustakaan Pgs. dan di definitifkan hingga berakhir bulan Maret 2015. Tapuk kepemimpinan Pusat Perpustakaan dilanjutkan oleh Dr. Mahrus, M.Ag periode bulan Mei tahun 2015 hingga Tahun 2019, tapi sehubungan dengan pindah tugas baru di Kemenag Pusat Jakarta bulan Februari 2017, maka kepempinan beliau sampai bulan Februari 2017. Sejak beliau pindah ke Jakarta jabatan Kepala Pusat Perpustakaan mengalami kekosongan hingga bulan Oktober 2017. Pada masa kepempimpinan beliau mulai menggagas dan melounching Cirebonese Corner (CC) sebagai pusat literasi dan rujukan koleksi tentang Cirebon yang berpusat di Pusat Perpustakaan Lantai 1 dan Panggung Literasi sebagai sarana literasi berbagai informasi bagi para pemustaka yang dibutuhkan dan Cirebon Studies.  Hari Jum’at Tanggal 03 Nopember Tahun 2017 dilantik Bapak H. Didin Nurul Rosyidin,M.A.,Ph.D sebagai Kepala Pusat Perustakaan baru periode bulan Nopember 2017  melanjutkan masa jabatan kepala Pusat Perpustakaan yang lama hingga Tahun 2019.

B. Periodesiasi kepemimpinan Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Periodesasi kepemimpinan perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon dari tahun 1965 hingga sekarang sebagai berikut :

  1. M. Fadhullah (sejak berdiri – 1988)
  2. Drs. H. Aen Zaenuddin (Periode tahun 1988 – 1998 dan 2012-2006)
  3. Dra. Elis Hj. Elis Muchlishoh (Periode tahun 1998 – 2002)
  4. Hj. Iwah St. Marwah (Periode akhir tahun 2002 masa peralihan dari Hj. Elis Muchlishoh karena beliau pensiun)
  5. Drs. Nasihudin Pono, M.Pd (Periode tahun 2006 – 2010)
  6. Eti Subernati,S.Sos (Pgs. Juli 2010– Februari 2011) kemudian di definitifkan pada bln Maret 2011 s.d April 2015
  7. Dr. Mahrus,M.Ag (Periode tahun 2015 s.d 2019).
  8. H. Didin Nurul Rosidin, MA., Ph.D (Periode Nopember 2019 sd Sekarang)

Foto Periodesiasi Kepemimpinan Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon :

1.m-fadhlulloh-sejak-berdiri-s-d-1988M. Fadhullah (Alm)
(Periode tahun 1965 – 1988)

2. drs-aen-zainuddin-periode-1988-1998-periode-2002-2006Drs. H. Aen Zaenuddin
(Periode tahun 1988 – 1998 dan Tahun 2002 – 2006)

3.
hj-elis-muchlishah-periode-1998-2002

Dra. Hj. Elis Muchlishoh
(Periode tahun 1998 – 2002)

4.

assaa

Hj. Iwah Siti Marwah
(Periode akhir tahun 2002 masa peralihan dari Hj. Elis Muchlishoh karena beliau pensiun)

5.drs-nasihudin-ponomom-pd-2006-2010

Drs. Nasihudin Pono,M.Pd
(Periode tahun 2006 – 2010)

6.sdewf

Eti Subernati,S.Sos
(Pgs. Juli 2010– Februari 2011) kemudian di definitifkan pada bln Maret 2011 s.d April 2015

7.mahjpg

Dr. Mahrus, M.Ag
(Periode tahun 2015 s.d 2019)

8.

Didin Nurul

H. Didi Nurul Rosidin, MA.,PhD ( Periode Nop.2017 sd sekarang)

By : Tohirin

Permanent link to this article: http://web.syekhnurjati.ac.id/perpustakaan/tentang-perpustakaan/sejarah-singkat-perpustakaan/