»

Jan 24

Sejarah Singkat Perpustakaan

A. Sejarah Singkat Perpustakaan

gEDUNG PerpustakaanSejarah Perpustakaan STAIN Cirebon berdiri seiring dengan sejarah berdirinya STAIN Cirebon yang sebelum menjadi STAIN merupakan Fakultas Tarbiyah IAIN “SGD” Cirebon, pada masa awalnya adalah suatu forum diskusi, konsultasi dan pertukaran informasi antara tokoh masyarakat Islam Indonesia – forum tersebut adalah Islamic Studies Club (ISC).
Sekitar tahun 1960-an dalam pembicaraan yang berkembang dalam forum ISC muncul gagasan tentang perlunya dibentuk suatu lembaga pendidikan Islam. Munculnya gagasan tersebut berkaitan dengan situasi keseluruhan yaitu semakin dominannya pengaruh komunisme di Indonesia. Para ulma di Cirebon khususnya memandang perlu membekali kader bangsa melalui bidang ilmu. Atas aspirasi kaum muda yang mendapat dukungan dari kaum tua, ISC kemudian disepakati lembaga pendidikan Islam. Tokoh-tokoh yang berperan dalam mewujudkan gagasan tersebut adalah :
1. Ajudan Komisaris Besar polisi Drs. Sasaban Adimaja
2. Sulatn Raja Muhammad nurus (Sultan Kanoman)
3. R.A. Rohani
4. Ustadz Saleh Assegaf.
Dalam penetapan rencana pendirian lembaga Islam bekerja sama dengandermawan muslim dalam bidang pendanaan. Tahun 1962 melalui beberapa usulan akhirnya disepakati berdirinya pendidikan tinggi Islam dengan nama Universitas Islam Syarif Hidayatullah (UNISYA) dengan rektor pertamanya yaitu Prof. Kahar Muzakar, sejak berdirinya UNISYA membuka tiga Fakultas, yaitu : Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Agama. Adapun kegiatan perkuliahannya yaitu di rumah usahawan H.A. Abdul Ghani Ihya (Alm) yang kini menjadi sekretariat HMI cabang Cirebon.
Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon telah dirintis pendiriannya sejak tahun 1965, ketika itu IAIN Syekh Nurjati Cirebon masih bernama IAIN yang merupakan cabang dari IAIN Syarif Hidayayatullah Jakarta. Kemudian dikirmkanlah ke Cirebon empat orang, yaitu 3 orang dosen dan 1 orang karyawan yang pernah bekerja di perpustakaan IAIN Syahida, yang bernama Muhammad Fadhullah, yang kemudian dengan berbekal 5 ekslempar buku, M. Fadhullah mengusulkan supaya ada perpustakaan di IAIN Cirebon, karena kedudukan Perpustakaan di suatu perguruan tinggi itu penting sekali untuk membantu para mahasiswanya dalam mencapai keberhasilan pendidikannya. Perguruan tinggi tanpa Perpustakaan bagaikan manusia tanpa jantung.
Periodesiasi kepemimpinan Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon adalah :
1. M. Fadhullah (sejak berdiri – 1988)
2. Drs. H. Aen Zaenuddin (1988 – 1998)
3. Dra. Elis Hj. Elis Muchlishoh (1998 – 2002)
4. Hj. Iwah St. Marwah (akhir tahun 2002 masa peralihan dari Hj. Elis Muchlishoh karena beliau pensiun)
5. Drs. H. Aen Zaenuddin (2002 – 2006)
6. Drs. Nasihudin Pono,M.Pd (2006 – 2010)
7. Eti Subernati,S.Sos (Pgs. Juli 2010– Februari 2011)
8. Eti Subernati,S.Sos definitif bln Maret 2011 s.d April 2015
9. Dr. Mahrus,M.Ag periode 2015 s.d 2019.

About the author

tohirin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>