↑ Return to Layanan

Print this Page

Layanan Perpustakaan

Jenis – Jenis Layanan

1.Layanan Sirkulasi ; 

Suatu pelayanan yang diberikan kepada pemustaka untuk memperoleh peminjaman bahan pustaka dan penyelesaian administrasinya. Termasuk juga didalamnya sanksi  keterlambatan, perpanjangan waktu peminjaman, dan sebagainya. Peminjaman, pengembalian bahan pustaka, dan kegiatan sejenis lainnya harus melalui prosedur yang telah ditentukan.

2. Layanan Referensi/Rujukan

Suatu kegiatan pelayanan yang diberikan kepada pemustaka dalam bentuk bantuan, petunjuk atau bimbingan untuk menemukan bahan pustaka atau informasi. Layanan referensi pun dianggap sebagai sarana konsultasi untuk mendapatkan informasi tertentu.

Layanan referensi juga menyediakan buku-buku rujukan, seperti kamus, ensiklopedi, handbook, buku pedoman dll, yang hanya bisa dibaca di tempat dan atau difotokopi.

3. Layanan Koleksi Tandon

Koleksi tandon adalah kopi satu dari koleksi umum yang mempunyai tingkat interest yang cukup tinggi dari pemustaka. Sistem layanan koleksi tandon bersifat tertutup ( Closed Acces ), pemustaka  dapat menemukan koleksi yang diperlukan melalui petugas setelah mengakses melalui catalog online yang tersedia dan hanya bias dibaca ditempat atau difoto kopi.

4. Layanan Koleksi Digital

Melayani pemustaka yang akan mencari  judul – judul skripsi/Tesis, dan laporan penelitian yang pernah dibuat oleh mahasiswa dan dosen yang dapat ditelusur melalui katalog elektronik atau online/OPAC.

5. Layanan Multimedia

Pemustaka yang ingin memanfaatkan salah satu fasilitas multimedia internet secara gratis. Selain itu pemustaka juga  dapat dilink-kan dengan informasi  e-books dsb sehingga kebutuhan  informasi multimedia dalam bentuk resource-internet dapat terpenuhi

5. Layanan Literasi Informasi

Melayani pemustaka yang ingin mencari informasi baik tercetak maupun digital melalui cara penelusuran efektif, yang bertujuan untuk membantu meningkatkan information skills pemustaka.

6. Layanan Bebas Pinjam Pustaka

Melayani pemustaka (S1 dan S2) yang akan membuat Surat Keterangan Bebas Pinjam Pustaka ( SKBPP) sebagai salah satu persyaratan untuk  mengikuti wisuda dan pengambilan ijazah. dengan ketentuan sbb ;

  • Memberikan sumbangan ke pusat perpustakaan berupa 1 (satu) eksemplar buku untuk S1 dengan kriteria terbitan terakhir sesuai dengan jurusan serta belum tersedia diperpustakaan atau; dan 2 (dua) eksemplar buku untuk S2 sesuai dengan jurusan serta belum tersedia di perpustakaan
  • Menyerahkan kartu anggota dan mengembalikan seluruh pinjaman koleksi
  • Menyerahkan 1 eks Skripsi atau Tesis baik berupa Soft Copy maupun Hardcopy

7. Layanan Fotokopi

Layanan fotokopi diberikan untuk mempermudah pengguna memperoleh informasi. Pemakai jasa perpustakaan dapat memfotokopi bahan-bahan pustaka yang diperlukan di perpustakaan.

8. Layanan Permohonan Judul Buku

Layanan permohonan judul buku adalah layanan yang diberikan kepada pemustaka untuk mengajukan sebanyak-banyaknya judul-judul buku yang belum tersedia di perpustakaan, kemudian di inventarisir untuk bahan pengadaan buku dengan anggaran DIPA IAIN.

9. Layanan Bimbingan Pemustaka

Layanan bimbingan pemustaka adalah layanan yang diberikan kepada pemustaka untuk menemukan informasi yang dibutuhkan dengan bantuan petugas baik melalui penelusuran katalog elektronik/OPAC maupun secara langsung.

10. Layanan Koleksi Cirebonese Corner

Cirebonese Corner (CC) adalah sebuah sudut ruangan yang terletak di lantai 1 yang menyediakan sumber rujukan berupa kumpulan koleksi/buku-buku tentang Cirebon, sejarah & Budaya Cirebon, Babad Tanah Sunda dan Jawa,Peta, Katalog, Manuskrip dan Naskah tentang cirebon dan koleksi lainnya seperti Islam Nusantara.

Koleksi Cirebonese Corner untuk sementara tidak di pinjamkan akan tetapi pemustaka hanya bisa membaca dan memfotocopy di di tempat.

11. Layanan BI Corner

BI Corner (BC) adalah sebuah sudut ruangan yang terletak di lantai 1 yang menyediakan sumber rujukan berupa kumpulan koleksi/buku-buku tentang Ekonomi, Bisnis, Perbankan & Management Perbankan. Koleksi BI Corner adalah bantuan dari Bank Indonesia dalam rangka ikut mencerdaskan bangsa.

Koleksi BI Corner untuk sementara tidak di pinjamkan akan tetapi pemustaka hanya bisa membaca dan memfotocopy di di tempat.

Permanent link to this article: http://web.syekhnurjati.ac.id/perpustakaan/layanan/layanan-perpustakaan/