«

»

Jul 20

Kemenag Perkuat Perpustakaan Riset di PTKIN

foto kemenag

Solo (Kemenag)  — Kementerian Agama akan mengembangkan perpustakaan riset di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Kasubdit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Muhammad Zain mengatakan bahwa upaya itu penting karena perpustakaan menjadi jantung perguruan tinggi.

“Perpustakaan memiliki peran yang cukup signifikan dalam penguatan tradisi akademik dan peningkatan mutu perguran tinggi. Perpustakaan merupakan subsistem dari perguruan tinggi sebagai induknya,” kata Muhammad Zain pada kegiatan Temu Konsultasi Pengembangan Perpustakaan Riset di Solo, Rabu (19/07).

Menurut pria yang akrab disapa Zain, koleksi perpustakaan harus semakian bervariasi, tidak hanya dalam bentuk cetak namun juga elektronik. Hal ini menjadi modal dasar penyediaan pelayanan dalam rangka mengajak civitas akademika memanfaatkan secara optimal. 

“Layanan perpustakaan menjadi rahasia umum bahwa belum dimanfaatkan secara optimal oleh civitas akademika. Karena itu, perlu strategi untuk mengajak civitas akademika memanfaatkan koleksi buku yang ada di perpustakaan masing-masing PTKIN,” ungkap Zain.

Zain mengajak seluruh kepala perpustakaan PTKIN untuk memfungsikan perpustakaan sebagai laboratorium riset yang menyediakan bahan-bahan primer dan sekunder paling mutakhir. Bahan-bahan itu nantinya menjadi rujukan untuk melakukan penelitian dan pengkajian ilmu pengetahuan serta teknologi.

Kasi Publikasi Ilmiah Dit. PTKI Mahrus menyampaikan, kegiatan temu Konsultasi Pengembangan Perpustakaan Riset merupakan kegiatan pertama yang digagas Sub Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Menurut Mahrus, kegiatan ini adalah terobosan baru dalam penguatan perpustakaan sebagai bagian penting di PTKIN menuju world class university.

“Salah satu syarat world class university itu perpustakaan harus dapat melayani peneliti dan fasilitas penelitian yang memadai. Layanan buku dan jurnal elektronik yang mudah di akses secara terbuka adalah salah satunya, selain layanan repositori yang baik,” ungkap Mahrus yang pernah menjabat sebagai Kepala Perpustakaan IAIN Syekh Nur Jati Cirebon.

Dikatakan Mahrus, temu konsultasi pengembangan perpustakaan riset bersama kepala perpustakaan di PTKIN sangat penting dan relevan dalam rangka menuju world class university. Ke depan, penguatan perpustakaan ini akan melibatkan semua unsur di Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam karena menyangkut juga profesi pustakawan, peningkatan kualitas pustakawan, dan fasilitas perpustakaan yang harus selalu menyesuaikan kondisi dengan perpustakaan-perpustakaan tingkat global. (Mahrus)

sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>