Category Archive: Informasi

Mar 12

Pusat Perpustakaan IAIN SNJ Jalin Kerjasama dengan UIN Syahida Jakarta

K1

Foto penandatanganan Kerja sama/MoU antara Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon (diwakilkan pustakawan Tohirin,S.Ag.,S.IPI) dengan Kepala Pusat Perpustakaan UIN Syahida Amrullah Hasbana,S,Ag,SS,MA pada acara visit/kunjungan ke Perpustakaan UIN Syahida, para peserta DIklat Manajemen Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri Islam,Kamis 13 Maret 2020 di ruang serbaguna lantai 7.

Pusat Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon jalin kerjasama dengan Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Kamis, 12 Maret 2020 di Aula Gedung baru perpK2ustakaan Lantai 7.

Penandatangan kerjasama /MoU  ini hanya diikuti oleh delapan perpustakaan perguruan Tinggi Negeri dibawah naungan Kementerian Agma RI pada acara Visit/Kunjungan para peserta Pelatihan Teknis Manajemen Perpustakaan sebanyak 30 orang di UIN syarif Hidayatullah Jakarta.

Delapan Perpustakaan Perguruan Tinggi yang ikut menandatangani kerjasama / MoU antara lain : 1) Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon diwakili oleh pustakawan, 2) Perpustakaan IAIN Pamekasan Madura, 3) Perpustakaan IAIN Bone, 4) Perpustakaan IAIN Langsa Aceh, 5) Perpustakaan IAIN Banten, 6) Perpustakaan IAIN Pontianak, 7) Perpustakaan Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung, dan 8) Perpustakaan Sekolah Tinggi Agama Budha Negeri (STABN) Sriwijaya Tanggerang. Kerjasama ini menitikberatkan pada layanan dan pengembangan SDM perpustakaan serta pendampingan Akreditasi perpustakaan. Kerjasama ini berlaku sampai 5 tahun.

Kegiatan Pelatihan Pengelolaan Manajemen Perpustakaan dilaksanakan sejak hari senin 9 Maret sd 14 Maret 2020 di Kampus Pusdiklat Tenaga Administrasi Jl. Ir. Juanda No. 37 Ciputat Tanggerang Selatan.

Permanent link to this article: http://web.syekhnurjati.ac.id/perpustakaan/?p=2393

Feb 21

Foto Bersama Perpisahan Prakerin di Perpustakaan

Foto Perpisahan Prakerin 1

Foto perpisahan para prakerin dari SMK Gemulung Lebak Kec.Greged-Cirebon bersama kepala pusat perpustakaan, pustakawan dan staff perpustakaan di pusat perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon , Jum’at 21 Februari 2020 di Ruang Panggung Literasi Lantai 1 gedung perpustakaan.

Permanent link to this article: http://web.syekhnurjati.ac.id/perpustakaan/?p=2355

Jan 22

Serah Terima Buku Pengadaan untuk Perpustakaan Pascasarjana

serah

Foto serah terima koleksi pengadaan th.2019 untuk perpustakaan pascasarjana oleh kepala pusat perpustakaan Dr. Yayat Suryatna,M.Ag dengan pengelola perpustakaan pascasarjana Ibu Eti Subernati,S.Sos di ruang kerja kepala perpustakaan. Rabu, 22 Januari 2020

Kepala Pusat Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati CirebonDr. Yayat Suryatna,M.Ag  menyerahkan buku pengadaan DIPA 2019 kepada Direktur Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon dalam hal ini diwakili oleh pengelola Perpustakaan Pascasarjana Ibu Eti Subernati,S.Sos sebanyak 58 Judul 273 eksemplar sesuai dengan pengajuan dari perpustakaan pascasarjana.

Penyerahan koleksi secara simbolik ini dilakukan di ruang kerja kepala pusat perpustakaan pada hari Rabu, 22 januari 2020 pukul 11.00 WIB.

Mudah-mudahan koleksi tersebut bermanfaat dan untuk menambah jumlah koleksi di perpustakaan pascasarjana.

Permanent link to this article: http://web.syekhnurjati.ac.id/perpustakaan/?p=2360

Jan 03

Pengumuman Surat Ket.Bebas Pustaka tahun 2020

Diberitahukan kepada seluruh mahasiswa akhir yang akan mengikuti wisuda bulan April tahun 2020, bahwa pendaftaran untuk mendapatkan Surat Keterangan Bebas Pustaka (SKBP) Perpustakaan sebagai syarat untuk mengikuti wisuda sudah dibuka pertanggal 03 Februari 2020 sampai ditutupnya pendaftaran wisuda IAIN Syekh Nurjati Cirebon pada jam kerja 08.00 sd.15.00 WIB.

Untuk mendapatkan SKBP dari Pusat Perpustakaan harus menyerahkan :

  1. FC cover (skripsi/tesis / disertai ) 1 lembar
  2. FC abstrak semua bahasa (Indonesia, arab, inggris) 1 lembar
  3. FC Daftar Pustaka 1 lembarMenyerahkan 1 eks (Skripsi/Tesis/Dsertasi) dalam bentuk hardcover
  4. Menyerahkan 1 buah CD isi skripsi/tesis/disertasi dalam bentuk file dengan format PDF secara lengkap dan berurutan.
  5. Untuk pengesahan stempel harus asli.
  6. Menghibahkan koleksi dengan kriteria :
  • Buku yang akan dihibahkan/disumbangkan sesuai dengan                    subjek  jurusan masing2.
  • Jumlah halaman buku minimal 200 lbr, dan tahun cetak 2                    terakhir.
  • Untuk S1 = 1 eks buku, S2 = 2 eks buku dan S3 = 3 buah buku.

Berikut Alur layanan Bebas Pustaka :

alur layanan skbp 2020

 

Permanent link to this article: http://web.syekhnurjati.ac.id/perpustakaan/?p=2336

Dec 19

Remindpreneur : Revolusi Industri 4.0 Untuk Menuju Hidup yang Lebih Berintegritas

9e85f3a7-eec3-48df-adc8-ae0905cc9a85 (1)Pusat Perpustakaan  bekerjasama dengan UKM Senjapreneur IAIN SNJ Cirebon menyelenggarakan acara Pelatihan tentang keorganisasian Remind Preneur dengan tema ” Revolusi Industri 4.0 untuk menuju hidup yang lebih berintegritas “.

Kegiatan ini rencananya akan dilaksanakan selama dua hari yaitu kamis-301b870d-23b3-4a73-a0d1-65c669e1385fJum’at, 19 – 20 Desember 2019 di ruang panggung literasi gedung pusat Perpustakaan lantai 1, dengan menghadirkan narasumber : 1) Cak Soleh, 2) Teh Cicik, dan 3)  A. Riyan.

Peserta yang diundang sekitar 20 orang dari berbagai utusan UKM dilingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mempersiapkan kaderisasi dalam pengurusan UKM Senjapreneur.

Harapan dari kegiatan ini adalah peserta dapat mengimplementasikan materi yang disampaikan untuk pengurusan UKM Senjapreneur periode berikutnya tutur ketua panitia Muhammad Yusuf.

Permanent link to this article: http://web.syekhnurjati.ac.id/perpustakaan/?p=2329

Dec 04

Pengembangan dan pengelolaan Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Foto bersama peserta workshop dengan rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon Bapak Dr. H. Sumanta,M.Ag, Kepala biro dan Narasumber, Hotel Tryas, 03-12-2019 ( Dok.Toh)

Foto bersama peserta workshop dengan rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon Bapak Dr. H. Sumanta,M.Ag, Kepala biro Bapak Drs.H. Subarja,M.Pd dan Narasumber dalam acara workshop pengembangan dan pengelolaan perpustakaan Bapak Amrullah Hasbana,MA di hotel tryas ,03-11-2019 (dok.Toh).

Pusat perpustakaan  menyelenggarakan kegiatan workshop pengembangan dan pengelolaan perpustakaan di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon dengan mengangkat tema ” Melalui Pengembangan kompetensi Pustakawan dan Pembangunan Perpustakaan Berbasis Digital Kita Tingkatkan kualitas perpustakaan di IAIN Syekh Nurjati Cirebon, dengan menghadirkan narasumber bapak Amrullah Hasbana,MA kepala pusat perpustakaan UIN Jakarta dan moderator Rahman Abdullah.

Acara dibuka oleh rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon diwakili oleh wakil rektor bidang akademik dan pengembangan Lembaga bapak Dr.H.Saefudin Zuhri,M.Ag dengan di didampingi oleh kepala pusat perustakaan bapak Dr.Yayat Suryatna, M.Ag.

Kegiatan ini di hadiri oleh para pengelola perpustakaan baik perpustakaan pusat, fakultas maupun pascasarjana dengan jumlah undangan 26 orang. kegiatan ini di selenggarakan selama dua hari tanggal 03-04 Desember 2019 di hotel tryas Cirebon.

Tujuan selenggarakan kegiatan ini adalah agar 1).menambah wawasan dan pengetahuan tentang pengembangan perpustakaan di lingkungan Perguruan Tinggi, 2). Melatih pustakawan dan pengelola perpustakaan untuk menguasai literasi informasi guna mendukung pencarian informasi yang cepat, tepat dan kredibel, 3). membangun sinergi pengelolaan perpustakaan pusat, fakultas dan pascasarjana. @toh.

 

Permanent link to this article: http://web.syekhnurjati.ac.id/perpustakaan/?p=2316

Nov 15

Buku: Teman Terbaik Sepanjang Masa

Didi Junaedi

Didi Junaedi

Ada sebuah ungkapan bijak dalam bahasa Arab yang berbunyi: “Khairu jaliisin fi al-zamaani kitaabun”, sebaik-baik teman di setiap saat adalah buku. Sebuah ungkapan sederhana, namun sarat makna jika dikaji lebih jauh.

Kita semua mafhum bahwa buku merupakan sumber informasi, lautan ilmu dan samudera pengetahuan. Dengan meyelaminya, kita akan mendapatkan hal-hal baru, yang mungkin tidak pernah kita ketahui sebelumnya selama ini.

Buku ibarat belantara pengetahuan tak berujung, lautan ilmu tak bertepi dan mayapada informasi tak berkesudahan. Siapa saja yang bisa masuk menjelajah ke dalamnya, akan menemukan mutiara terpendam yang tak ternilai. Dan, ketika mutiara itu sudah ditemukan, siapa saja akan merasa ingin selalu mencari mutiara-mutiara lainnya yang masih terpendam di balik lembaran-lembaran berjuta-juta buku lainnya.

Melalui buku, kepribadian seseorang terbentuk. Melalui buku pula, peradaban suatu bangsa akan tercipta. Bisa dipastikan, masyarakat suatu bangsa yang mencintai buku, menjadikannya sebagai menu wajib yang selalu menyertai dalam aktifitas kesehariannya, membudayakan aktifitas membaca di setiap saat, akan tampil sebagai bangsa dengan tingkat peradaban yang tinggi.

Sebaliknya, masyarakat sebuah bangsa yang tidak menaruh perhatian pada buku, menganggap buku sebagai hal yang remeh-temeh, tidak membudayakan aktifitas membaca, maka bisa dipastikan, bangsa tersebut akan menjadi bangsa terbelakang, ketinggalan informasi, gagap pengetahuan dan miskin peradaban.

Demikian halnya dengan kualitas individu setiap orang. Seseorang yang peduli terhadap ilmu pengetahuan, tanggap akan pentingnya informasi, akan membekali dirinya dengan aktivitas membaca. Dia selalu merasa haus ilmu dan informasi. Dia akan menyediakan waktu khusus untuk aktivitas membaca ini. Dia juga akan menyediakan dana khusus untuk membeli buku, majalah, surat kabar dan segala hal yang berkaitan dengan sumber informasi. Orang-orang seperti inilah yang akan terus bertahan hidup di tengah pusaran arus modernisasi dan globalisasi. Kualitas intelektualnya menjadikan mereka siap menghadapi tantangan zaman. Mereka ini selalu aktual dengan kondisi zaman, bahkan mungkin kualitas intelektual yang dimilikinya jauh melampaui zamannya.

Di sisi lain, ada orang-orang yang selalu jauh tertinggal dari kondisi zaman. Mereka adalah orang-orang yang tidak tanggap terhadap informasi, tidak peduli dengan ilmu pengetahuan. Mereka tidak pernah meluangkan waktu untuk membaca. Kehidupan yang dijalaninya statis, jalan di tempat, bahkan mundur beberapa langkah ke belakang. Zaman yang terus bergerak maju dengan sangat cepat, tidak mereka imbangi dengan peningkatan kualitas mental dan intelektual. Mereka gagap teknologi, informasi dan konteks kekinian. Mereka ini bagaikan makhluk asing yang hidup di zaman pra sejarah.

Singkatnya, bersahabat dengan buku, membaca, mempelajari dan mengkaji segala hal yang ada di sekeliling kita, sebagaimana pesan wahyu pertama di dalam al-Qur’an yang memerintahkan umat manusia untuk membaca, maka akan terbukalah misteri alam ini, akan tersingkap segala rahasia yang sebelumnya tidak pernah kita ketahui. Inilah hakekat dari membaca yang sesungguhnya. Membaca, membuka jendela dunia.

Permanent link to this article: http://web.syekhnurjati.ac.id/perpustakaan/?p=2290

Nov 07

Workshop Pengembangan Website dan Pemutakhiran data Perpustakaan IAIN SNJ Cirebon

IMG-20191107-WA0000

Foto bersama peserta dan narasumber workshop jurnalisme, pengembangan website Kampus dan pemutakhiran data di lingkungan IAIN SNJ di Aula Rektorat Lt.3 Gedung Rektorat, Rabu, 06-11-2019 ( dok.Toh)

Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD) IAIN Syekh Nurjati Cirebon menyelenggarakan kegiatan workshop Jurnalisme, Pengembangan Webite Kampus dan Pemutakhiran Data di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon selama tiga hari yaitu hari Rabu sd Jum’at,06-08 Nopember 2019.

Hari pertama dilaksanakan di Aula gedung rektorat lt.3 dengan menghadirkan narasumber dari Kabar Cirebon Bapak Taufik Hidayat  didampingi oleh moderator Bapak Arif Rachman dosen tetap Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah dengan materi bagaimana membuat dan mempublish sebuah berita di website. Rabu 06 Nopember 2019.

Kegiatan ini dihadiri oleh para pengelola website kampus yang ada dilingkungan IAIN SNJ Cirebon termasuk pengelola website perpustakaan dan acara dibuka oleh Wakil rektor II Bapak Dr.H. Adib,M.Ag. dilanjutkan dengan sambutan kepala PTIPD Dr.H. Darwan sebagai ketua penyelenggara kegiatan ini. Acara selesai dan di tutup pada pukul 12.00 WIB.

Acara hari kedua dan ketiga  kamis – Jum’at, 07-08 Nopember 2019 akan dilaksanakan di gedung PTIPD lt.2 dengan pemateri yang berbeda, mudah-mudahan setelah di selenggarakan kegiatan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan khususnya bagi para pengelola website kampus dalam mengelola dan membuat berita yang baik dan benar sesuai dengan standar pemberitaan. (@Toh).

 

 

Permanent link to this article: http://web.syekhnurjati.ac.id/perpustakaan/?p=2270

Oct 31

Menulis adalah Jalan Jihadku

dIDI7

Dr. Didi Junaedi,M.Ag

Ada banyak jalan untuk berjuang—yang dalam bahasa agama disebut jihad— dalam hidup ini. Dan aku memilih menulis sebagai jalan jihadku.

Berbeda dengan mereka yang memilih jalan jihad—jika memang bisa disebut demikian— dengan cara berorasi di jalan, meneriakkan slogan-slogan agama sembari membawa simbol-simbol agama yang tampak gempita disorot media, aku memilih jalan sunyi yang senyap dari pemberitaan apalagi sorot media. Ya, aku memilih jalan jihadku dengan menulis.

Aku teringat ungkapan Sayyid Qutub yang begitu dahsyat dan menggugah jiwa, “sebutir peluru hanya mampu menembus sebuah kepala. Tetapi sebuah tulisan mampu menembus ribuan bahkan jutaan kepala.”

Ungkapan penuh makna nan menggelorakan semangat itulah yang mendasari pilihanku untuk berjihad di jalan sunyi dengan menulis. Aku berharap, meski jalan yang kupilih ini tidak populis, jauh dari gempita, sepi dari ingar-bingar pemberitaan media, tetapi berdampak luar biasa melebihi efek dari orasi di jalanan yang begitu menggebu-gebu, yang hanya sesaat dan tak lama kemudian hilang ditelan waktu.

Menulis adalah jalan menuju keabadian. Menulis adalah jalan mulia untuk menggugah kesadaran manusia melampaui batas-batas ruang dan waktu. Meski kelak sang penulis sudah kembali ke haribaan Rabbnya, tetapi tulisannya akan tetap ada.

Inilah jalan jihad yang kupilih. Jalan sunyi, sepi, sendiri. Tetapi, aku berharap semoga ianya menghadirkan dampak yang gempita, memendarkan cahaya sepanjang masa.

Permanent link to this article: http://web.syekhnurjati.ac.id/perpustakaan/?p=2267

Aug 29

Library User Education Pusat Perpustakaan SNJ Cirebon Hari ke Kedua

Pusat Perpustakaan IAIN Syekh Nurjari Cirebon, hari ini menyelenggarakan kegiatan Orientasi Pendidikan Pemustaka bagi Mahasiswa Baru TA.2019/2020 hari kedua yang diikuti oleh Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan yang meliputi Program studi Pendidikan Agama Islam, Manajemen Pend. Islam, Pend.Islam Anak Usia Dini,Tadris Bhs. Indonesia, Tadris Pendidikan Bhs Arab,dan Tadris IPS di Gedung ICC Tanggal 29 Agustus 2019.

Hadir pada acara tersebut Bapak Dekan FITK yang diwakilkan oleh Wadek III Bapak Dr.H. Saefudin, M.Ag sekaligus membuka acara tersebut, di dampingi oleh Kepala Perpustakaan Dr.Yayat Suryatna,M.Ag dan Ibu Tiar Andini, S.Sos selaku Narasumber dari Dinas Perpustakaan dan Kerasipan Daerah Kab. Cirebon.

Tujuan kegiatan tersebut adalah agar mahasiswa baru lebih mengenal perpustakaan sebagai pusat informasi.


Berita terkait :

https://www.rakyatcirebon.co.id/2019/08/mahasiswa-baru-iain-ikuti-pendidikan.html

Permanent link to this article: http://web.syekhnurjati.ac.id/perpustakaan/?p=2199

Older posts «