Feb 05

Panduan Cara Mengakses E-Jurnal & Ebooks Database Gale

abstract-149354_960_720 - Copy Read the rest of this entry »

Feb 01

Alur layanan Bebas Pinjam Pustaka Angkatan XIV Th.2018

Alur layanan Bebas Pustaka

Jan 11

Panggung Literasi Episode 2 ” Kloning pada Manusia: Manfaat atau Masalah?

HUM_6534-upload-768x509Kamis, 11 Januari 2017. Pusat Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon menyelenggarakan acara panggung literasi episode ke-2 dengan tema ” Kloning pada Manusia : Manfaat atau Masalah ?”. Hadir Sebagai narasumber Bapak Johar Maknun, M.Si, beliau adalah dosen IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Acara tersebut dimulai pada pukul 09.00 sd 11.30 WIB dan dibuka langsung oleh Kepala Pusat Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon Bapak H.Didid Nurul Rosyidin,MA.,Ph.D. Dalam sambutannya beliau HUM_6512-UPLOAD-768x509mengatakan bahwa acara semacam ini adalah merupakan agenda rutin bulanan yang diselenggarakan oleh Perpustakaan,semoga mimpi menjadikan perpustakaan sebagai baitul hikmahnya kampus terwujud. Adapun tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan peran perpustakaan dalam pengembangan budaya literasi serta meningkatkan kesadaran akan budaya literasi di lingkungan civitas akademika IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Salah satu fungsi perpustakaan pusat IAIN Syekh Nurjati Cirebon adalah sumber pengetahuan, menyebarkan penemuan baru dalam ilmu pengetahuan.

Acara tersebut dihadiri lebih dari 80 peserta dari kalangan mahasiswa, dosen dan karyawan Civitas akademika IAIN syekh Nurjati Cirebon, dan mereka antusias mendengarkan penjelasan dari narasumber.Sebelum acara di tutup diadakan dialog/ tanya jawab oleh para peserta dan Acara ditutup pada pukul 11.30 WIB.

Dec 12

Panggung Literasi Episode Perdana ” Menyejarah Bersama Karya”

foto3Senin, 11 Desember 2017. Pusat Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon menyelenggarakan Pangung Literasi dengan tema ” Menyejarah Bersama Karya” bersama narasumber penulis produktif sekaligus Dosen IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Didi Junaedi, M.A. di dampingi oleh Kepala Pusat Perpustakaan Bapak H. Didi Nurul Rosidin,M.A.,Ph.D.

Acara dimulai pada pukul 09.00 sd. 12.00 WIB dan dibuka langsung oleh Kepala Pusat Perpustakaan. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa acara ini merupakan acara perdana dalam panggung literasi,semoga mimpi menjadikan perpustakaan sebagai baitul hikmahnya kampus terwujud. Adapun tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan peran perpustakaan dalam pengembangan budaya literasi serta meningkatkan kesadaran akan foto7budaya literasi di lingkungan civitas akademika IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Salah satu fungsi perpustakaan pusat IAIN Syekh Nurjati Cirebon adalah sumber pengetahuan, menyebarkan penemuan baru dalam ilmu pengetahuan.

Acara tersebut dihadiri lebih dari 50 peserta dari kalangan mahasiswa, dosen dan karyawan Civitas akademika IAIN syekh Nurjati Cirebon, dan mereka antusias mendengarkan penjelasan dari narasumber. Sebelum acara di tutup diadakan dialog/ tanya jawab oleh para peserta dan Acara ditutup pada pukul 12.00 WIB.

Kita tunggu acara berikutnya bulan depan .

Jul 20

Ranking Repository IAIN Syekh Nurjati Cirebon

rANKING REPOSITORYRanking Web of Repositories merupakan salah satu lini pemeringkatan (selain Ranking Web of Universities atau Webometrics) yang dilakukan oleh Cybermetrics Lab CSIC (webometrics.info).

Ranking Web of Repositories bertujuan untuk mengukur sejauh mana tingkat komitmen perguruan tinggi dalam mendukung inisiatif dan gerakan Open Access, yaitu gerakan yang mendorong perguruan tinggi untuk bersedia membagi (sharing) semua research output (baik yang sifatnya published maupun unpublished) kepada masyarakat luas secara full text (lengkap seluruh kontennya) melalui satu platform yang dikenal dengan istilah repository.

Perpustakaan PTKIN mempunyai peran penting dalam pengembangan repository ini. Dalam banyak aspek, repository ini mempunyai sumbangan langsung terhadap Ranking Web of Universities atau Webometrics yang dicapai oleh suatu perguruan tinggi (PTKIN).(http://faizuddin.lecturer.uin-malang.ac.id/2017/02/05/ranking-web-of-repositories-perguruan-tinggi-keagamaan-islam-negeri-ptkin/)

Alhamdulilah, untuk pertamakalinya repositiory IAIN syekh Nurjati Cirebon masuk ranking 58 untuk tingkat Perguruan Tinggi di Indonesia.

Berikut Ranking Web of Repositories edition kedua Juli  2017  (2017.2.0 beta!) yang dicapai oleh Perpustakaan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). >>>klik disini !

 

Jul 20

Kemenag Perkuat Perpustakaan Riset di PTKIN

foto kemenag

Solo (Kemenag)  — Kementerian Agama akan mengembangkan perpustakaan riset di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Kasubdit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Muhammad Zain mengatakan bahwa upaya itu penting karena perpustakaan menjadi jantung perguruan tinggi.

“Perpustakaan memiliki peran yang cukup signifikan dalam penguatan tradisi akademik dan peningkatan mutu perguran tinggi. Perpustakaan merupakan subsistem dari perguruan tinggi sebagai induknya,” kata Muhammad Zain pada kegiatan Temu Konsultasi Pengembangan Perpustakaan Riset di Solo, Rabu (19/07).

Menurut pria yang akrab disapa Zain, koleksi perpustakaan harus semakian bervariasi, tidak hanya dalam bentuk cetak namun juga elektronik. Hal ini menjadi modal dasar penyediaan pelayanan dalam rangka mengajak civitas akademika memanfaatkan secara optimal.  Read the rest of this entry »

Oct 02

Nominasi Duta Pustaka Award Th.2016

Dalam rangka memberikan apresiasi dan motivasi membaca serta tradisi menulis, Pusat  Perpustakaan akan memberikan DUTA PUSTAKA AWARD kepada para pemustaka yang . dengan dua kategori : 1 Kategori Mahasiswa yang masih aktif pembaca buku terbanyak, 2 mahasiswa yang diwisuda / alumni.

Berikut nama Dusta Pustaka untuk tahun 2016 :

  1. Nurul Hasanah jurusan FTIK / PAI : 266 No. anggota 133010701
  2. Wina Seviani FTIK /PAI : 240 No. Anggota 1230115301

 

Aug 23

Filologi Nusantara dan Perpustakaan: Potret Layanan Khusus Pengguna Studi Islam Indonesia

474-977-1-PBMahrus eL-Mawa1
mahruselmawa2@gmail.com

Abstrak;

imagesAda kegelisahan sebagian pengguna perpustakaan ketika sedang mengkaji Islam di Indonesia berbasis naskah kuno. Salah satu kegelisahan itu adalah ketidaktersediaan sumber informasi tentang naskah kuno Nusantara di perpustakaan PTKIN. Informasi naskah kuno yang paling sederhana ini melalui katalog naskah kuno. Di Indonesia, katalog naskah kuno ini sudah ada sejak tahun 1950 oleh Poerbatjaraka, Voorhoeve, dan Hoykaas dengan titel Indonesische Handschriften hingga saat ini. Katalog naskah Nusantara itu memuat informasi asal usul naskah, isi naskah, dst. Lebih jauh lagi, tentu saja seharusnya perpustakaan PTKIN menyediakan naskah-naskah kuno tersebut, sekalipun dalam bentuk digital. Salah satu bentuk penyelamatan naskah kuno itu melalui program digitalisasi. Dalam konteks itulah filologi Nusantara penting untuk menjadi alat bantu dalam pengembangan perpustakaan PTKIN. Sebenarnya, filologi bukanlah ilmu baru di lingkungan PTKIN. Sebagai mata kuliah, filologi atau studi naskah kuno diajarkan pada Jurusan/Program Studi Sejarah Kebudayaan/Peradaban Islam Fakultas Adab dan Humaniora. Hanya saja, kajian Islam berbasis filologi masih dapat dihitung dengan jari. Karena itu, sangat wajar juga jika pihak perpustakaan hingga saat ini masih belum ada koleksi khusus tentang hal itu. Berangkat dari kegelisahan itulah nampaknya penting diungkapkan saat ini sebagai kajian awal tentang filologi Nusantara dan perpustakaan. Pengalaman kecil di Pusat Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon melalui layanan khusus Cirebonese Corner dapat menjadi pintu awal kajian ini.

Kata kunci: manuskrip kuno, filologi nusantara, Cirebonese Corner, perpustakaan PTKIN

Aug 17

HUT RI ke-71

dp-bbm-hut-ri-ke-71

Aug 08

AL-QUR`AN DAN THEO-HUMANISTIK (Suatu Paradigma Dialektika Agama dan Ilmu Modern)

*Oleh: Slamet Firdaus

Abstrak

dr-slamet-firdausmaTheo-humanistik sebagai paradigma dalam memandang al-Qur`an secara proporsional sejalan dengan esensinya yang berdimensi ke-Tuhan-an dan keman usiaan dapat membantu untuk meminimalisir (jika tidak disebut menghapuskan) kesan sebagian umat Islam terhadap al-Qur`an yang memposisikannya sebagai petunjuk hidup yang berwatak theosentris semata. Kesan tersebut berdampak kepada pandangan yang mengkontradiksikan antara pesan-pesannya yang ideal dan normatif dengan ilmu modern yang berkarakter objektif dan empirik. Theo-humanistik menjadi jembatan penghubung yang dapat mengakrabkan keduanya dan bisa membantu lahirnya kolaborasi, yang keberadaan kolaborasi itu sesungguhnya bersifat fitri. Manakala tidak dilakukan upaya tersebut, kemudian tetap pada pendirian memversuskan keduanya, maka telah terjadi pengasingan terhadap eksistensi kolaborasi sebagai fitrah. Read the rest of this entry »

Page 1 of 3
1 2 3

Older posts «