VISI PROGRAM DOKTOR (S3)

Berdasarkan SK. Direktur Jendral Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Nomor 237 tahun 2016 tertanggal 2 Maret 2016, PPs IAIN Syekh Nurjati memperoleh kepercayaan dengan mendapatkan izin operasional untuk membuka penyelenggaraan Program Doktor. Dengan demikian, sejak semester II tahun 2016, Program Pascasarjana 2016 membuka pendaftaran calon mahasiswa baru untuk Program Doktor tahun akademik 2016-2017.

 

Visi kami adalah

Meningkatkan mutu pendidikan dan pengembangan studi Islam melalui pengembangan metodelogi dan proses pembelajaran yang mandiri.

 

Untuk mencapai visi kami, program doktor (S3) IAIN Syekh Nurjati memliki tujuan umum dan khusus. Tujuan umum adalah  menjadikan program doktor sebagai pusat kajian pendidikan dan keislaman yang memiliki corak penggalian kearifan lokal dan semangat pengembangan Islam Nusantara.

Sedangkan tujuan khusus program Doktor ini adalah :

  1. Melahirkan doktor yang memiliki integritas intelektual dan moral sesuai dengan profesi keilmuannya
  2. Melahirkan doktor dalam bidang pendidikan Islam yang mampu melakukan kajian secara cerdas, dengan bekal kemampuan metodelogis untuk melihat dan menganalisis fenomena yang berkembang di tengah masyarakat.
  3. Melahirkan doktor yang mampu mengamati dan meneliti secara empirik, kemudian menjadikannya sebagai pijakan dalam upaya pengembangan ilmu pendidikan dan keislaman
  4. Melahirkan doktor yang memiliki kemampuan dalam pengembangan ilmu pendidikan Islam dan mampu memahami dan menganalisis fenomena sosial keagamaan yang berkembang dalam masyarakat, agar dapat menerjemahkan ke dalam kajian yang bernuansa wawasan global dan mengapresiasi kearifan lokal.

 

Penyelenggaraan program didesain secara by course dengan beban studi sejumlah 42 SKS (sudah termasuk disertasi), maksimum masa tempuh program 10 (sepuluh) semester.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *