Kurikulum KKNI Sebagai Penguatan Karakter Keilmuan Program Studi Program Pascasarjana

IMG20191120091016[1]

Dari kiri Prof. Dr. H. Dedi Djubaedi, M.Ag Direktur Pascasarjana, Dr. H. Sumanta, M.Ag Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon dan Prof. Dr. H. Sutrisno, M.Ag Narasumber dari UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta.

Cirebon, 20 November 2019. Program Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon mengadakan kegiatan Workshop Penyusunan Kurikulum KKNI untuk Penguatan Karakter Keilmuan Program Studi di Lingkungan Program Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon dengan menghadirkan narasumber Prof. Dr. H. Sutrisno, M.Ag dari UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta. kegiatan dilaksanakan dalam dua hari dimana menghadirkan para dosen pengajar Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon dan juga menghadirkan dosen dari luar sebagai pesertan.

Acara dibuka dan diresmikan oleh Rektor dan Direktur Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati cirebon, dimana dalam pembukaanya Rektor dan Direktur menginginkan adanya sebuah penguatan dan peningkatan akademik bagi pelayanan dan keilmuan mahasiswa.

IMG20191120083920

Pembukaan Workshop Kurikulum KKNI menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya

IMG20191120105239

Peserta Workshop Kurikulum KKNI yang dihadiri Para Dosen Pengajar Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Tujuan kegiatan ini adalah sebagai wacana demi penguatan keilmuan mahasiswa yang unggul dan capaian dalam pembelajaran bagi mahasiswa yang berkualifikasi dengan mengarahkan kepada proses riset dan publish, pada pelaksanaan hari pertama diisi dengan pemaparan dari narasumber akan pentingnya standarisasi kurikulum sebagai penguatan dan peningkatan demi capaian nilai mutu yang baik. adapun salah asatunya dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi jenjang Magister dan Doktor pada Perguruan Tinggi keagamaan Islam dan Fakultas Agana Islam (FAI) pada Perguruan Tinggi salah satunya menerangkan tentang Program Studi Pendidikan Agama Islam Mulai dari Profil dan Pelaksanaanya serta hasil dari capaian pembelajrana (lulusan).

IMG20191120155014[1]

Pemamparan Materi dari narasumber dan antusiasme peserta kegiatan Workshop KKNI

REDESAIN KURIKULUM S2 DAN S3 MENGACU KKNI DAN SN-DIKTI Adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai capaian pembelajaran lulusan, bahan kajian, proses, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan program studi (permenristekdikti no 44 th 2015 ttg SNPT, pasal 1 ayat 6).

untuk apa tujuan dari perubahan itu tersendiri yaitu meyakinkan kepada mahasiswa bahwa dengan mendesain ulang kurikulum mereka mendapatkan pengetahuan yang lebih baik dibandingkan dengan kurikulum yang lama, karena kurikulum ini mengarahkan mahasiswa untuk menjadi seorang peneliti (riset) dan sebagai Publisher (penulis Jurnal Ilmiah) dengan mengimplemetasikan didalam dunia akademik dan keilmuan yang relevansinya kepada dunia kerja dan perbaikan kualitas lulusan.