CATATAN PELATIHAN TESIS SEMESTER GENAP TA 2017/2018 BAGIAN 2

IMG_3622-min

Prof Anas Saidi memulai materi pendalam proposal dengan memotivasi peserta diantara motivasinya adalah kunci kesuksesan adalah membaca, membaca dan membaca! Iqraaa. Menulis yang bagus perlu kebiasaan karenanya inspirasi materi tulisan tidak bisa ditunggu melainkan diciptakan. Selain itu beliau juga mengatakan kesulitan adalah pintu kesuksesan.

Memasuki sesi materi beliau menjelaskan paradigama penelitian yang berawal dari filsafat hingga turunannya yan berbentuk metode penelitian ilmiah.

Dalam penelitian Kualitati yang hendak dicari adala makna yang terkandung dalam fenomena si peneliti harus mampu mentafsirkan setiap kejadian yang ada. Penelitian kualitatif sesungguhnya tidak mesti menggunakan landasan teori di bagian awal. Teori hanya dipakai ketika si peneliti mengalami kesulitan penafsiri fenomena yang terjadi. Berbeda halnya dengan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menguji atau membantah teori dengan kata lain dalam penelitian kuantitaif ada proses verifikasi teori apakah teori tersebut sesuai dengan fakta lapangan sehingga hipotesisnya diterima apa malah sebaliknya artinya tidak sesuai dengan fakta lapangan maka hipotesisnya ditolak.

Penelitian kuantitif dapat dignakan sebagai bahan prediksi kejadian yangg akan datang tetapi penelitian ini hanya mengungkap apa yang nampak atau front of side. Berbeda dengan penelitian kuantitatif yang bersifat holisik karena mampu mengungkap apa yang nampak fron of side dan apa yan dibelakang fenomena tersebut atau back of side. Penelitian kualitatif juga memiliki kelemaan yaitu subyektifitas peneliti.

Terlepas dari metode yang digunakan si peneliti, penelitian yang baik mengandung masalah yang unik lain dari biasanya bisa jadi hanya fenomena yang diteliti hanya terjadi di suatu daerah, menarik untuk diteliti karena sebuah fenomena yang bisa bermanfaat secara luas dan belm banyak yang meneliti. Misalnya tentang toleransi, demokrasi, radikalisme dan lain-lain.

Komponen terpenting dalam sebuah proposal adalah fakta empiris dan research quastion. Plus dengan kemampuan peneliti dalam menarasikan dan meyakinkan si pembaca.