KURIKULUM  PROGRAM  MAGISTER

  1. Rentangan satuan kredit semester (sks) beban pendidikan untuk Program Magister ditentukan berkisaran antara 50 sks sampai dengan 53 sks.
  2. Beban pendidikan Program Magister diperoleh dari kegiatan kuliah, kegiatan akademik lainnya yang ekuivalen, dan Tesis.
  3. Komposisi kredit kelompok matakuliah dalam struktur kurikulum terdiri atas:
  4. Kelompok Matakuliah Kompetensi Dasar (MKD), berisi sejumlah matakuliah dasar-dasar kajian Islam: minimum 9 sks;
  5. Kelompok Matakuliah Kompetensi Metodologi (MKM) berisi sejumlah matakuliah yang mengembangkan kompetensi kajian ilmiah dalam konteks pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni dan budaya yang bernafaskan Islam sesuai dengan program studi: minimum 9 sks;
  6. Kelompok Matakuliah Kompetensi Utama (MKU) berisi sejumlah matakuliah spesialisasi dan pembentukan keahlian bidang studi yang dikembangkan untuk mencapai tujuan program studi: minimum 18 sks;
  7. Kelompok Matakuliah Matrikulasi/Penunjang berisi sejumlah matakuliah yang dikembangkan untuk memperkuat dasar pengetahuan bidang studi utama/ pokok/ spesialisasinya untuk mengikuti kegiatan akademik dalam program yang lebih tinggi seperti yang diinginkan: maksimal 6 sks.
  8. Tugas Akhir Studi (TAS) sebanyak 6 sks
  9. Kelompok Matakuliah Matrikulasi sebagai program kegiatan akademik berfungsi menunjang program pembelajaran.

         

  KURIKULUM  PROGRAM  DOKTOR

  1. Kurikulum Program Doktor dirancang sebagai alat, sarana, strategi, dan metode untuk mewujudkan Doktor yang mampu membangun disiplin ilmu yang bercirikan integrasi Islam dan ilmu pengetahuan.
  2. Struktur Kurikulum Program Doktor terdiri atas: Matakuliah Kompetensi Dasar (MKD): 6 sks; Matakuliah Kompetensi Metodologi (MKM): 6 sks; Matakuliah Kompetensi Utama (MKU): 9 sks bagi yang sebidang dan 21 sks bagi yang tidak sebidang; Matakuliah Kompetensi Penunjang (MKP): 6 sks; Tugas Akhir Studi (TAS) sebanyak 20 sks, yang terdiri atas: Ujian Proposal Disertasi 4 sks, Ujian Kualifikasi 4 sks, Ujian Disertasi Pendahuluan 6 sks, Ujian Disertasi Akhir 6 sks.
  3. Matakuliah Kompetensi Dasar (MKD), Matakuliah Kompetensi Metodologi (MKM), dan Matakuliah Kompetensi Utama (MKU) bersifat wajib.
  4. Rentangan beban sks untuk mahasiswa program Doktor ditetapkan sebagai berikut: Mahasiswa yang berasal dari S2 sebidang: 44 – 48 sks; Mahasiswa yang berasal dari S2 tidak sebidang: 58 – 60 sks.
  5. Program Studi Magister (S2) dinyatakan sebidang dengan Program Doktor apabila: Bidang studi utamanya sama atau merupakan cabang spesialisasi dan serumpun dengan program studi pada Program Doktor; dan Tidak sebidang, apabila bidang studi utamanya tidak sama atau bukan cabang spesialisasi dari Program Doktor; Penetapan status sebidang atau tidak sebidang diputuskan melalui rapat/sidang DPA yang dipimpin oleh Ketua.
  6. Beban pendidikan Program Doktor terdiri atas kegiatan kuliah, kegiatan akademik lainnya yang ekuivalen, dan disertasi.