Beban Studi Program Doktor

           KURIKULUM  PROGRAM  DOKTOR

  1. Kurikulum Program Doktor dirancang sebagai alat, sarana, strategi, dan metode untuk mewujudkan Doktor yang mampu membangun disiplin ilmu yang bercirikan integrasi Islam dan ilmu pengetahuan.
  2. Struktur Kurikulum Program Doktor terdiri atas: Matakuliah Kompetensi Dasar (MKD): 6 sks; Matakuliah Kompetensi Metodologi (MKM): 6 sks; Matakuliah Kompetensi Utama (MKU): 9 sks bagi yang sebidang dan 21 sks bagi yang tidak sebidang; Matakuliah Kompetensi Penunjang (MKP): 6 sks; Tugas Akhir Studi (TAS) sebanyak 20 sks, yang terdiri atas: Ujian Proposal Disertasi 4 sks, Ujian Kualifikasi 4 sks, Ujian Disertasi Pendahuluan 6 sks, Ujian Disertasi Akhir 6 sks.
  3. Matakuliah Kompetensi Dasar (MKD), Matakuliah Kompetensi Metodologi (MKM), dan Matakuliah Kompetensi Utama (MKU) bersifat wajib.
  4. Rentangan beban sks untuk mahasiswa program Doktor ditetapkan sebagai berikut: Mahasiswa yang berasal dari S2 sebidang: 44 – 48 sks; Mahasiswa yang berasal dari S2 tidak sebidang: 58 – 60 sks.
  5. Program Studi Magister (S2) dinyatakan sebidang dengan Program Doktor apabila: Bidang studi utamanya sama atau merupakan cabang spesialisasi dan serumpun dengan program studi pada Program Doktor; dan Tidak sebidang, apabila bidang studi utamanya tidak sama atau bukan cabang spesialisasi dari Program Doktor; Penetapan status sebidang atau tidak sebidang diputuskan melalui rapat/sidang DPA yang dipimpin oleh Ketua.
  6. Beban pendidikan Program Doktor terdiri atas kegiatan kuliah, kegiatan akademik lainnya yang ekuivalen, dan disertasi.

 

 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *