MPI
November 2018
S S R K J S M
« Okt    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

SEMINAR NASIONAL JURUSAN MPI

Jurusan Manajemen Pendidikan Islam (MPI) IAIN Syekh Nurjati Cirebon mengadakan Seminar Nasional Kemanajemenan di Aula Pasca Sarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon lantai 3. Kegitan tersebut diadakan pada hari rabu tanggal 10 Oktober 2018, dan diikuti seluruh mahasiswa jurusan yang terdiri dari mahasiswa semester 1 (wajib) dan perwakilan dari setiap semester. Adapun sebagai narasumber kegiatan Seminar Nasional Tersebut Adalah Dr. Badruddin, M.Pd yang juga sebagai ketua Perhimpunan Manajer Se-Indonesia.

 

IMG-20181031-WA0027

 

Tujuan kegiatan seminar tersebut adalah untuk mempererat tali silaturahim, menumbuhkan semangat solidaritas dan kreatifitas mahasiswa jurusan MPI dalam membangun calon sarjana MPI yang berorientasi sebagai tenaga kependidikan dan memberikan pendidikan terkait materi-materi seminar. Kegiatan dihadiri Dr. H. Suklani, M.Pd (Perwakilan Dekan Fakultas Tarbiyah), Dr. H. Taqiyuddin, M.Pd (Ketua Jurusan MPI), Dr. Badruddin, M.Pd (Perhimpunan Manajer Se-Indonesia), Dosen MPI dan mahasiswa.

 

IMG-20181031-WA0017

Orientasi Mahasiswa Baru (OMB) Manajemen Pendidikan Islam

Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Islam (MPI), mengadakan kegiatan  Orientasi Mahasiswa Baru (OMB) yang bertempat di objek wisata Linggarjati Kuningan. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari sabtu sampai senin 22-24 Oktober 2018 dengan tema “menyatukan tekad dan tujuan untuk kemajuan MPI” .

Kegiatan dibuka oleh ketua pelaksana OMB, dimana ketua pelaksana menjelaskan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan ini yaitu pertama, sebagai tempat pembentukan mental dan karakter.  Kedua, sebagai wadah kreatifitas dan bakat mahasiswa baru dalam kemajuan MPI.

Selanjutnya, sambutan oleh Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan MPI. Ketua HMJ tersebut berpesan kepada semua peserta orientasi yaitu “pertama, Dedikasikanlah jati diri kita kepada jurusan. Kedua, Senantiasa menjaga nama baik jurusan, baik didalam dan diluar universitas. Ketiga, Aktif dalam kegiatan yang ada di kampus. Keempat, Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen (HMJ) bertujuan membentuk dan menjadi wadah dalam setiap kegiatan organisasi”.

Kegiatan ini dihadiri oleh semua mahasiswa baru jurusan MPI, Kajur Sekjur, dan Dosen Jurusan MPI.

 

IMG-20181031-WA0051

RAPAT PERSIAPAN KULIAH JURUSAN MPI SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2018-2019

Jurusan Manajemen Pendidikan Islam (MPI) mengadakan Rapat Persiapan Perkuliahan semester gasal Tahun ajaran 2018-2019 di kantor jurusan MPI, Selasa 31 Juli 2018. Rapat kali ini membahas tentang singkronisasi mata kuliah yang akan di ajukan untuk semester yang akan datang. Dalam rapat kali ini dihadiri oleh Ketua jurusan MPI, Dr. H. Taqiyuddin, M.Pd, Sekretaris Jurusan MPI Ahmad Ripai, M.Pd, dan dosen-dosen jurusan MPI.

dig

Rapat dibuka oleh sekretaris jurusan MPI, kemudian dilanjutkan pemaparan oleh ketua jurusan MPI. Dalam pemaparan tersebut disampaikan mata kuliah pada semester gasal beserta jumlah SKS dan dosen yang mengajar mata kuliah tersebut. Singkronisasi tersebut bertujuan agar dosen-dosen yang akan mengampu pada mata kuliah yang sudah dipaparkan memiliki kesiapan untuk mengajar mata kuliah tersebut.

Suasana rapat berjalan dengan lancar dan hikmat. Sebelum rapat ditutup Dr. Darwan, M.Kom mengingatkan dosen-dosen MPI untuk melengkapi data agar segera bisa diserahkan ke pusat pangkalan data. Kemudian rapat ditutup dengan bacaan hamdalah.

KOORDINASI DAN KONSOLIDASI JURUSAN MPI IAIN SYEKH NURJATI CIREBON DENGAN MPI UIN WALISONGO SEMARANG

Jurusan Manajemen Pendidikan Islam (MPI) IAIN Syekh Nurjati Cirebon  melakukan
koordinasi dan konsolidasi ke Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang pada Selasa dan Rabu , 24-25 Juli 2018. Dalam kunjungan kali ini Jurusan MPI IAIN Syekh Nurjati Cirebon dilaksanakan oleh Ketua Jurusan Dr. H. Taqiyuddin, M.Pd, Sekretaris Jurusan Ahmad Ripai, M.Pd, dan Dosen Jurusan MPI Ahmad Amin Mubarok, M.Pd.I.

Ketiganya disambut secara langsung oleh Ketua Jurusan MPI UIN Walisongo Semarang Dr.Fakhrurrozi, M.Ag, Sekretaris Jurusan MPI UIN Walisongo Semarang Dr. Fatkhurroji, M.Pd, dan rekan-rekan staff Jurusan MPI UIN Walisongo Semarang.

Ketua Jurusan MPI IAIN Cirebon brsama dengan Ketua Jurusan dan Sekretaris Jurusan MPI UIN Semarang

Dalam kunjungan tersebut kedua belah pihak terlibat perbincangan dan diskusi yang hangat. Diungkapkan oleh Ketua Jurusan MPI IAIN Syekh Nurjati Cirebon bahwa tujuan dari kunjungan ke Semarang adalah terkait dengan pembahasan visi misi, kurikulum, serta persiapan untuk Akreditasi jurusan MPI IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang akan dialami.

Dalam kesempatan ini Dr.Fakhrurrozi, M.Ag selaku ketua jurusan, dan Sekretaris Jurusan Dr.Fatkhurroji MPI UIN Walisongo Semarang, menyampaikan rasa terimakasih dan bahagianya
atas kehadiran Jurusan MPI dari Cirebon. Acara diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan dari Ketua Jurusan MPI IAIN Syekh Nurjati Cirebon Dr. H. Taqiyuddin, M.Pd kepada Ketua Jurusan MPI UIN Walisongo Semarang Dr.Fakhrurrozi, M.Ag.

 

TASYAKUR CALON JAMAAH HAJI JURUSAN MPI IAIN SYEKH NURJATI CIREBON

sdr

Jadwal pemberangkatan Jamaah Haji di Lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon tahun 2018 tinggal menghitung hari. Sebagaimana lazimnya di Lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon, menjelang keberangkatan menunaikan ibadah Haji. Umumnya setiap calon jamaah haji yang akan menunaikan ibadah haji, mengadakan suatu acara dimana keluarga, saudara, tetangga, akan hadir di rumah calon haji tersebut. Dalam hal ini, IAIN mengumpulkan dosen dan karyawan yang akan berangkat ke tanah suci dalam suatu acara walimatus safar.

Acara tersebut diadakan di lt. 3 gedung rektorat IAIN Syekh Nurjati Cirebon pada hari senin, 16 Juli 2018. Tujuan diadakannya walimatus safar yaitu untuk menyampaikan ucapan selamat dan mengiringi doa keberangkatan calon jamaah haji agar lancar didalam pelaksanaan ibadah dan mendapat predikat haji mabrur. Selain itu, kebiasaan ini diiringi suatu harapan, pada suatu hari kelak mudah-mudahan mereka pun mampu melaksanakan ibadah haji sebagaimana orang yang akan melaksanakan Rukun Islam kelima tersebut.

Dalam kesempatan jurusan Manajemen Pendidikan Islam (MPI) diwakili oleh Kajur MPI Dr. H. Taqiyuddin dan Sekjur MPI Ahmad Ripai, M.Pd beserta dosen-dosen MPI ikut menghadiri acara tersebut untuk menyampaikan ucapan selamat dan doa kepada salah satu dosen MPI yakni Dra. Mukhlisoh, M.M.Pd. Acara tersebut dihadiri oleh calon jamaah haji, dosen, dan karyawan IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Susunan acara tersebut dimulai dengan sambutan sambutan dari calon Jamaah Haji, sambutan sambutan oleh rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, dan siraman rohani dan do’a. Dalam sambutannya H. Ahmad Yani, M.Ag  menyampaikan acara silaturrahim ini tidak lain tujuannya ialah untuk menggelar doa bersama, sekaligus bermaaf-maafan. Agar nantinya selama melaksanakan tugas di tanah suci selalu diberikan kesehatan dan kekuatan, dan semoga semua jamaah bisa memperoleh haji yang mabrur.

 

JURUSAN MPI MENGIKUTI WORKSHOP PENGEMBANGAN KINERJA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI HOTEL AYONG KUNINGAN

Foto Dosen MPI Bersama Dekan Dan Waklil Dekan

Foto Dosen MPI Bersama Dekan Dan Waklil Dekan

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) IAIN Syekh Nurjati Cirebon menyelenggarakan Workshop Pengembangan Kinerja Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam rangka memperkokoh sinergi serta pengembangan diri berkelanjutan untuk menghasilkan kualitas tata kelola Tri Dharma Perguruan Tinggi di Era Perguruan Tinggi berbasis standar. Kegiatan berlangsung selama 3 (tiga) hari, mulai kamis s/d Sabtu, 28 – 30 Juni 2018 bertempat Hotel Ayong Linggarjati Kuningan.

Kegiatan tersebut di hadiri seluruh civitas akademika di lingkungan FITK dari mulai dosen, staff, hingga guru besar yang mewakili dari masing masing jurusan. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam ikut terlubat dalam acara tersebut sebagai peserta. Adapun yang mewakili dari jurusan MPI yaitu Dr. H. Taqiyuddin, M.Pd sebagai Ketua Jurusan, dosen-dosen di MPI yaitu Dr. Asep Kurniawan, M.Ag, Mukhlisoh, M.M.Pd, Dr. Mumun Munawaroh, M.Si, H. Subur, M.Ag, H. Suhatma, M.Pd, Imroatul Fatihah, M.Ag dan Staff jurusan MPI yaitu Muhamad Syaikhu, S.Pd, dan Tukhrojin, S.Ag, M.Pd.

Rangkaian acara dibuka pada hari Kamis tanggal 28 Juni 2018 dengan sambutan dari Dekan FITK Dr. Ilman Nafi’a, M.Ag,  yang dilanjut oleh Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon Dr. H. Sumanta, M.Ag. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi “Peningkatan Kualitas Tata Kelola Tri Dharma Perguruan Tinggi Di Era Perguruan Tinggi Berbasis Standar” yang disampaikan oleh Dr. H. Imam Syafei, M.A selaku Sekretaris Direktur Jenderal Pendidikan Islam, dan  materi “Workshop Penyemputnaan dan Penyelarasan data Tridharma Perguruan Tinggi Dosen FITK ke dalam BKD yang Terintegerasi dengan Smart Campus dan Forlap Dikti” oleh Dr. Darwan M. Kom selaku ketua PTIP IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Kemudian dilanjut dengan Workshop Penyusunan dan Pengembangan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Berorientasi SN-Dikti di lingkungan FITK oleh Dr. H. Rudi Susilana, M.Si pada hari jumat tanggal 29 Juni 2018. Acara selanjutnya yaitu Workshop Pengembangan RPS Mata Kuliah Jurusan oleh Kelompok Dosen Bidang Ilmu di Lingkungan FITK melalui Pendampingan oleh Guru Besar.

Pada hari sabtu 30 Juni 2018 agenda dimulai dengan laporan dan penyajian hasil Worksop Pengenmbangan RPS oleh masing-masing bidang ilmu di lingkungan FITK, kemudian dilanjut dengan Penguatan Orientasi Kerja Berwawasan Spiritual Keagamaan Untuk Meningkatkan Kualitas Tridharma Perguruan Tinggi di Lingkungan FITK sekaligus penutupan acara dan halal bihalal Seluruh civitas akademika di lingkungan FITK.

JURUSAN MPI KEDATANGAN SISWA PRAKERIN (PRAKTIK KERJA INDUSTRI)

Kerjasama yang baik dan saling menguntungkan dalam segala hal perlu untuk dibina dan dilestarikan, sebagaimana kerja sama antara IAIN Syekh Nurjati Cirebon dengan Sekolah Menengah Kejujuran (SMK) Wahidin keterkaitannya dengan siswa Praktek Kerja Industri (PRAKERIN). Pada tanggal 4 Juni Siswa prakerin dari SMK WAHIDIN Cirebon resmi diterima untuk magang di IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang yang diantar langsung oleh guru pembimbingnya  Muhamad Agung Subhan, S.Pd dan diterima oleh Kepala Humas IAIN Syekh Nurjati Cirebon Mohamad Arifin, M.Pd.I.

Siswa yang mengikuti prakerin tersebut berasal dari jurusan Administrasi Perkantoran Desi Riani, Lisna Hara, Devi Olivia, Reka Marliana, Anisa Nur Rahayu, Lufiani, Fena, Lestari. “Keberadaan siswa prakerin selama ini cukup membantu dalam aspek pelayanan di Kemenag Dharmasraya mengingat kurangnya jumlah pegawai” ujar Kepala Humas IAIN Syekh Nurjati Cirebon Mohamad Arifin, M.Pd.I.

Delapan siswa prakerin diperbantukan di Kantor Akademik, Kepegawaian, Umum, Fakultas Tarbiyah, Jurusan MPI, Jurusan Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama Islam, PGMI, PIAUD, dan Perpustakaan. Pelaksanaan Prakerin direncanakan selama 2 bulan dari 4 Juni sampai dengan 4 Agustus 2018

PELATIHAN DAN PENGENALAN SIMPATIKA KEPADA MAHASISWA JURUSAN MPI

20180515_104133-min

Jurusan MPI mngadakan kegiatan pelatihan SIMPATIKA untuk mahasiswa semester VI. Pelatihan simpatika ini juga merupakan agenda matakuliah multimedia pendidikan yang diampu oleh Bapak Amin Mubarok, M.Pd.I. tujuan diadakan pelatihan ini adalah untuk bekal mahasiswa supaya mengenal dan memahami tentang aplikasi SIMPATIKA.

Pelatihan yang diikuti oleh 30 mahasiswa ini dilaksanakan pada 15 mei 2018 , di ruang kelas fakultas tarbiyah dan keguruan. Selama lebih kurang 4 Jam mahasiswa dibekali materi praktek dan pengenalan aplikasi SIMPATIKA. Adapun narasumber dari pelatihan ini adalah Abdullah, S.Pd.I dan M. Saefuddin, S.Pd.I dari SMAN Astanajapura.

20180515_104158-min

Pada kesempatan itu narasumber menyampaikan pelatihan Simpatika ini dilakukan untuk bekal sebagai calon tenaga kependidikan yang akan mengelola aplikasi Simpatika di Madrasah-madrasah dalam menyajikan data yang akurat dan aktual sesuai dengan data yang rill.

“Bagi tenaga pendidik SIMPATIKA adalah aplikasi yang wajib dikuasai untuk mengelola data administrasi sekolah” ujar narasumber. Narasumber juga memberikan semangat dan pemaparan yang ringan kepada mahasiswa agar dapat mudah memahami tentang Simpatika ini karena mereka masih merasa asing.

Studium General Jurusan Manajemen Pendidikan Islam

Jurusan Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon, mengadakan kegiatan Studiun General dengan Tema ” Peluang dan tantangan Manajemen Pendidikan Islam di Era Now“. yang ikuti oleh 155 peserta terdiri dari dosen dan Mahasiswa. Dengan menghadirkan pemateri Dr. Alex Suheriyawan, S. P,. S.H (kepala Bidang PNF Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon) Di Gedung SBSN Fakultas Syariah Ekonomi Islam Lt. 4. Rabu, (18/04/18).

Kegiatan Studium General dimulai Pukul 08.00 s.d 13.00 dengan di awali pembacaan Ayat suci Al-Qur’an dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebanggsaan Indonesia Raya. Kemudian dilanjut dengan sambutan dari Ketua Jurusan Dr. H. Taqiyuddun, M.Pd, kemudian dekan II Dr. Suklani,M.Pd sekaligus membuka kegiatan Studium General, kemudian diselingi dengan hiburan yang diisi oleh MPI Voice.

Tujuan dari Studium General tersebut untuk meningkatkan wawasan Mahasiswa dalam memahami, dan melihat prospek jurusan MPI dalam kompetisi global saat ini. Manajemen Pendidikan Islam bersifar Pragmatis karena menajemen mengelolah suatu lembaga berbentuk fisik, sedangkan pendidikan adalah pengelolaan yang bersifat normatif, karena mengelola prilaku dan pengetahuan orang lain.

Peluang manajemen pendidikan Islam sangat banyak dan masif diberbagai lapangan pekerjaan. Tantangannya adalah mahasiswa harus selalu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam menghadapi tuntutan lapangan pekerjaan.

Untuk itu Jurusan MPI akan selalu berusaha agar mahasiswa memperoleh pengetahuan dan keterampilan, untuk di aplikasikan di lembaga-lembaga pendidikan, antara lain melalui program Magang di MAN, MAS Se- Kabupaten Cirebon dan Kota Cirebon.

Jurusan MPI Membentuk Grup Vokal

Stacatto, itulah nama grup vokal dari Jurusan Manajemen Pendidikan Islam. Grup yang dibentuk oleh jurusan MPI ini menampung minat dan bakat mahasiswa dalam bidang tarik suara. Grup vokal yang belum lama dibentuk ini mendapat respon yang baik dari mahasiswa dan dosen jurusan MPI sendiri.

Latihan rutin dilaksanakan setiap hari rabu dan kamis. Latihan ini sebagian besar dilaksanakan sore hari sepulang kegiatan perkuliahan di ruang kelas Jurusan MPI. Latihan rutin itu sendiri dipandu oleh saudara Muhamad Syaikhu, S.Pd. Materi latihannya sendiri yaitu latihan pernafasan, olah vokal, dan materi lagu.

Selain melatih vokal mahasiswa MPI, dibentuknya grup vokal Staccato dimaksudkan untuk persiapan lomba gebyar seni dan budaya oleh Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Dalam persiapannya pelatih menyiapkan dua lagu yakni lagu pop religi dan lagu sholawat untuk ditampilkan ketika lomba.

Walaupun masih terdapat banyak kekurangan, tetapi tim tetap berusaha keras untuk tampil sempurna dan turut mendukung berlangsungnya wisuda dengan baik.

Suasana Latihan Vokal Jurusan MPI

IMG20180411163841

Categories
Links: