Prodi /Jurusan Hukum Ekonomi Syari’ah merupakan program studi yang ada di Fakultas Syari’ah dan Ekonomi Islam di lingkungan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon. Program Studi ini dulunya bernama Ekonomi Perbankan Islam yang Kemudian pada tahun 2014  ada prodi baru yaitu Perbankan Syari’ah maka di rubah namanya menjadi Hukum Ekonomi Syari’ah atau yang familier di sebut dengan jurusan Muamalah.

Merujuk pada Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Higher Education Long Term Strategy (HELTS) 2003 – 1010, dan Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pelaksanaan penjaminan mutu di perguruan tinggi merupakan kegiatan yang wajib dilakukan. Sehingga penjaminan mutu perguruan tinggi (Quality Assurance) sesuatu yang tidak dapat diabaikan lagi oleh perguruan tinggi. Hal ini disebabkan oleh berbagai tantangan pendidikan tinggi yang antara lain: (1) pengaruh intervensi global dan liberalisasi pendidikan; (2) permasalahan makro nasional seperti: ekonomi, politik, moral dan budaya; (3) globalisasi, keterbukaan, demokrasi, rasionalisasi berpikir, budaya persaingan; (4) peran perguruan tinggi membentuk masyarakat madani; (5) rendahnya daya saing lulusan dalam tingkat nasional/internasional; dan sebagainya.

Sehubungan dengan persoalan tersebut, pemerintah telah mengeluarkan beberapa peraturan perundang-undangan yang mendorong peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Undang-undang Sisdiknas nomor 20 Tahun 2003 menegaskan bahwa pengendalian dan evaluasi mutu pendidikan harus dilakukan, baik terhadap program maupun terhadap institusi pendidikan secara berkelanjutan. Begitu pula dalam peraturan pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 dijelaskan bahwa penetapan Standar Nasional Pendidikan (SNP) untuk mewujudkan pendidikan nasional yang bermutu. Dengan demikian, penetapan manajemen mutu pada pendidikan tiinggi merupakan suatu keharusan.

Program studi Mu’amalah (Hukum Ekonomi Syari’ah) merupakan salah satu program studi yang ada pada Fakultas Syari’ah  dan ekonomi Islam di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon.Program studi Mu’amalah ini (Hukum Ekonomi Syari’ah) pada mulanya bernama Program Studi Mu’amalah Ekonomi Perbankan Islam (MEPI). Adapun riwayat program studi apabila dirinci sampai saat ini telah melalui tahapan-tahapan sebagai berikut:

  1. Status program studi yang menjadi bagian dari jurusan Syari’ah STAIN Cirebon berdasarkan Nomor SK pendirian PS (*):  E / 279 / 2001 tanggal 27 Nopember 2001 yang ditandatangani oleh  H. Husni Rahim (Dirjen BAGAIS). Sedangkan bulan dan tahun dimulainya penyelenggaraan Program Studi ini tanggal 27 Nopember 2001.
  2. Status perpanjangan Program Studi dengan surat keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor : Dj.1/385/2008, tanggal 27 Oktober 2008.
  3. Status terakreditasi dengan surat keputusan Badan Akreditasi Nasional dengan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 011/BAN-PT/AK-X/S1/V/2007 dengan status akreditasi B.
  4. Status terakreditasi dengan surat keputusan Badan Akreditasi Nasional dengan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor: 011/BAN-PT/AK-X/S1/V/2012 dengan status akreditasi B.

Sesuai dengan Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Nomor 1429 Tahun 2012 tanggal 31 Agustus 2012 tentang Penataan Program Studi di Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI) Tahun 2012 dan memperhatikan Peraturan Menteri Agama RI Nomor 36 Tahun 2009 tentang Pembidangan Ilmu dan Gelar Akademik di Lingkungan Perguruan Tinggi Agama, maka Program Studi Mu’amalah Ekonomi Perbankan Islam (MEPI) berubah menjadi Program Studi Mu’amalah (Hukum Ekonomi Syari’ah) terhitung sejak pengajuan perpanjangan program studi ini pada tahun 2013.