Rencana Kerja 5 Tahun (2014-2016)

Rencana Kerja 5 Tahun (2014-2016)


Rencana Kerja 5 Tahun (2014-2016)


     Di luar program kerja LPM) yang bersifat rutin di atas, perlu adanya pengembangan dan prioritas yang menjadi target pengembangan Rencana Kerja LPM dalam 5 tahun ke depan. Namun sebelum itu, sebagaimana priinsip Kaizen (sustainability improvement), perlu kiranya dideskkripsikan terlebih dahulu siklus kegiatan Jaminan Mutu sebelumnya (2011-2014), agar menjadi pijakan bagi Rencana Kerja LPM berikutnya dan jangka panjang selama 5 tahun ke depan.


SIKLUS KEGIATAN PENJAMINAN MUTU 2011-2014
DAN RANCANG BANGUN KEGIATAN 2015

NO 2011 2012 2013 2014 2015
1
  • Pembentukan organisasi jaminan mutu tingkat institut
  • Pelatihan Sisytem Penjaminan Mutu Internal.

 

  • Pembentukan Tim Gugus Kendali Mutu di Tingkat Prodi/Jurusan
  • Monitoring Kinerja Tim Kendali Gugus Mutu
  • Mengkawal kesejahteraan TGKM dalam RKKL 2015
  • Restrukturisasi TGKM prodi/Jur dan TGM Fak.
  • Peningkatan Capasity Building personalia LPM
2
  • Perencanaan Kegiatan Audit Mutu Internal

 

  • Pelatihan AMAI
  • Seleksi Auditor Mutu Internal Tahap 1
  • Pengesahan Tim Auditor tahap 1
  • Pelaksanaan AMI Perdana (Lingkup Pembelajaran) pada tiap Fakultas
  • Seleksi Auditor Mutu Internal Tahap 2
  • Pengesahan Tim Auditor Tahap 2
  • Pelaksanaan AMI Kedua (Lingkup kegiatan PPL pada tiap Fak, Kegiatan Praktek Ibadah, KKN dan Program Unggulan IAIN: PPB, PPTQ, Rusunawa.
  • Persamaan Persepsi Auditor tentang Mekanisme Audit dan Pelaporan

 

3
  • Pengukuran IKD berbasis persepsional mahasiswa secara manual
  • Pengembangan Standar Pengukuran IKD: (1) Persepsional Mahasiswa ttg kinerja mengajar dosen on line dan (2) Ketepatan dosen dalam pengumpulan SAP serta nilai UAS

 

  • Pengembangan Standar Pengukuran IKD: (1) Persepsional Mahasiswa ttg kinerja mengajar dosen on line; (2) Ketepatan dosen dalam pengumpulan SAPserta nilai UAS; dan (3) Monitoring Kehadiran Dosen melalui TGKM
  • Pengembangan Standar Pengukuran IKD: (1) Persepsional Mahasiswa ttg kinerja mengajar dosen on line; (2) Ketepatan dosen dalam pengumpulan SAPserta nilai UAS; (3) Monitoring Kehadiran Dosen melalui TGKM; Pengumpulan Handout dan Penelitian)
  • Pengukuran IKD berbasis BKD yang meliputi monev pelaksanaan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Dosen.
  • Sistem Pengukuran totally on line
  • Membuat System monev pada Program Pascasarjana
4
  • Memfasilitasi Penyusunan Borang Akreditasi Seluruh Jur/prodi pada program S-1

 

  • Mengkawal Jur/Prodi S-1 dalam Visitasi Akreditasi dari BAN PT
  • Memfasilitasi Penyusunan Borang Akreditasi Jur/prodi pada Program S-2

 

  • Mengkawal Jur/Prodi S-1 dan S-2 dalam Visitasi Akreditasi dari BAN PT
  • Merencanakan Penyusunan Borang AIPT dengan menghadirkan Ketua BAN PT ke IAIN
  • Bersama TGKM, Auditor dan Pimpinan menyusun Borang AIPT
  • Mempersiapkan dan Mengkawal Visitasi AIPT oleh BAN PT
  • Memfasilitasi Reakreditasi Jur/prodi pada program S-1 dan S-2
  • Membangun Sistem Informasi Penjaminan Mutu demi kemudahan penyusunan Borang Akreditasi
5
  • Bersama PR I, memfasilitasi pembuatan awal dokumen-dokumen mutu
  • Keberlanjutan Pembuatan Dokumen Mutu
  • Mengkawal akselerasi Penyusunan Berbagai Buku Pedoman (AMI, TKGM, Pedoman Mutu, Pedoman Kode Etik Dosen, PPTQ, Ma’had, Pelaksanaan Praktek Ibadah, Etika dan tata Tertib Mahasiswa, Pedoman Penulisan Skripsi, dan Pedoman penelitian dan karya ilmiah dosen)
  • Penyusunan Buku Pedoman IKD berbasis BKD
  • Penyusunan Buku Pedoman Beban Kerja Dosen
  • Penyusunan Buku Pedoman Pembimbingan Mahasiswa
  • Mengkawal Penyusunan Kurikulum Berbasis KKNI
  • Penyusunan Ulang Buku Pedoman BKD
6
  • Pembentukan Tim Asesor Internal BKD
  • Monitoring Penilaian BKD oleh para asesor internal
  • Bersama asesor, melakukan Pengembangan Standar Penilaian Laporan BKD
  • Menetapkan Standar Pelaporan BKD Semi On line
  • Rekruitment Asesor BKD berbasis IT
  • Penilaian Asesor berdasarkan rumpun bid ilmu para dosen
  • Penetapan Standar Pelaporan BKD Profesor/Guru Besar
  • Penguatan Ulang Sistem dan Melakisme Pelaporan BKD
7
  • Pembuatan Buletin Mutu (Kaizen), setahun 2 kali terbit

 

  • Pembuatan Buletin Mutu (Kaizen), setahun 6 kali terbit

 

  • Memperkuat kinerja Tim Pembuat Buletin Mutu (Kaizen) dan memperluas tema Buletin
8
  • Bersama LEMLIT, Fak. dan Jur/prodi, melakukan Penelitian Tracer Study
  • Memperkuat database dengan penggunaan web kampus demi sosialisasi mutu dan tracing study
  • Sosialisasi Hasil Tracer Study kepada Pimpinan Demi Perubahan Kebijakan Mutu Lembaga

 

9
  • Melakukan Survey Kepuasan Tenaga Pendidik dan kependidikan atas Kinerja Pimpinan 2011-2014
  • Melakukan Survey Kepuasan user atas Kinerja Tenaga Kependidikan
10
  • Pengembangan skill tenaga pendidik
  • Membuat rancang bangun desain pembelajaran berbasis Student Teacher Centered Learning (SCTL)