iain kerinci

Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon melakukan kegiatan Realisasi Program Kerjasama dengan FUAD IAIN Kerinci dengan tema “Peningkatan Mutu Praktik Studi Lapangan Laboratorium, Suasana Akademik dan Penguatan Kelembagaan Kemahasiswaan Dewan Mahasiswa (Dema) dan Senat Mahasiswa (Sema)” bertempat di Auditorium Lantai 4 FUAD IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Senin-Selasa, (29-30 /06/ 2019).

Kegiatan ini dihadiri oleh Dr. Hajam, M.Ag (Dekan FUAD IAIN Syekh Nurjati Cirebon), Dr. Arief Rachman, M.Si (Wakil Dekan I FUAD IAIN Syekh Nurjati Cirebon), Dr. Hj. Sri Rokhlinasari, M.Si (Wakil Dekan II FUAD IAIN Syekh Nurjati Cirebon), Dr. Anwar Sanusi, M.Ag (Wakil Dekan III FUAD IAIN Syekh Nurjati Cirebon), Dr. Ahmad Zuhdi, M.A (Wakil Dekan I FUAD IAIN Kerinci), H. Muhammad Maimun, MA, M.S.I (Ketua Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir FUAD IAIN Syekh Nurjati Cirebon), H. Aan Mohamad Burhanudin, MA (Ketua Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam FUAD IAIN Syekh Nurjati Cirebon), Aan Firtanosa, M.A (Sekertaris Jurusan Manajemen Dakwah FUAD IAIN Kerinci), Marjan Fadil, M.A (Dosen IAIN Kerinci), Perwakilan Dema dan Sema IAIN Syekh Nurjati Cirebon dan IAIN Kerinci.

Kegiatan Realisasi Program Kerjasama FUAD IAIN Kerinci dengan FUAD IAIN Syekh Nurjati Cirebon ini memiliki beberapa tujuan diantaranya adalah fokus pengembangan praktikum Laboratorium Qur’an Hadits dan Laboratorium Dakwah, pengamatan suasana akademik, dan diskusi antar Dema – Sema kedua lembaga.

Dr. Hajam, M.Ag (Dekan FUAD IAIN Syekh Nurjati Cirebon) menyampaikan tujuan dari kegiatan hari ini. “Kedatangan tamu dari FUAD IAIN Kerinci tujuan utamanya yaitu silaturahim akademik dan merupakan realisasi kerjasama beberapa tahun yang lalu”, ucapnya.

Beliau menambahkan bahwa kegiatan dengan IAIN Kerinci ini diagendakan selama dua hari yaitu tanggal 29 – 30 Juli 2019. “Agenda kegiatan kali ini yaitu pembukaan dan diskusi tentang pengembangan kedua fakultas antar lembaga serta ada kunjungan ke Laboratorium Qur’an Hadits dan Laboratorium Dakwah, selanjutnya kami akan mengajak rekan-rekan dari IAIN Kerinci untuk berkunjung ke situs-situs Islam di Cirebon dari mulai Keraton dan Masjid-masjid tertua dan Gua Sunyaragi”.

Dr. Ahmad Zuhdi, M.A (Wakil Dekan I FUAD IAIN Kerinci) menyampaikan alasan memilih IAIN Cirebon sebagai tujuan kerjasama lembaga mereka. “Kita melihat di YouTube dan di Google apa yang dimiliki oleh IAIN Syekh Nurjati Cirebon sudah cukup untuk kita jadikan referensi pengembangan prodi kita, banyak hal yang bisa kami pelajari disini yang mungkin tidak dapat kami dapatkan di tempat lain”, tegasnya.

Diharapkan dengan adanya kerjasama antara FUAD IAIN Syekh Nurjati Cirebon dengan FUAD IAIN Kerinci akan memberikan dampak positif bagi penguatan akademik, penguatan literasi keilmuan, pengembangan fakultas dan jurusan.