Pengumuman Tentang Pelaksanaan UAS Semester Ganjil Tahun Akademik 2018/2019

WhatsApp-Image-2018-11-12-at-9.39.35-AM-1-768x1184

Assalamu’alaikum Wr. Wb

   Diberitahukan dengan hormat  kepada seluruh Dosen Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Ushuluddin Adab Dakwah IAIN Syekh Nurjati Cirebon bahwa berkenaan dengan akan berakhirnya perkuliahan semester ganjil tahun akademik 2018/2019 dengan ini di beritahukan bahwa :

  1. Perkuliahan Semester Ganjil akan berakhir pada tanggal 21 Desember 2018
  2. Minggu Tekun Semester Ganjil pada tanggal 26 – 31 Desember 2018
  3. Ujian Akhir Semester dilaksanakan pada tanggal 02 – 15 Januari 2018

    Demikian atas perhatian dan kerjasamanya, kami sampaikan terima kasih .

    Wassalamu’alaikum Wr. Wb

 

Kegiatan Audit ISO Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) dan Jurusan Ilmu Hadits (IH)

audit ISO KPI

Kegiatan Audit ISO ini dilaksanakan pada Hari Kamis tanggal 29 November 2018, dengan Assesor: Tengku Erwansyah . Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) dan Ketua Jurusan Ilmu Hadits (IH), Sekretaris Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) dan Sekretaris Jurusan Ilmu Hadits (IH) : Dosen – dosen Jurusan KPI dan Dosen  Jurusan Ilmu Hadits.

Kegiatan Audit ini memeriksa Dokumen tentang Evaluasi Pembelajaran seperti Kurikulum, Sebaran Mata Kuliah, Rencana Pembelajaran ( RPS ), Soal – Soal Ujian Akhir Semester (UAS), Nilai Hasil Ujian Akhir Semester dan dokumen lainnya tentang Kegiatan Alumni Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam ( KPI ).

Anniversary Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI)

IMG-20181126-WA0014

Anniversary Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI)  yang ke 17 tahun, kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin tanggal 26 November 2018 bertempat di Gedung Pascasarjana Baru lantai 3 , IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Kegiatan anniversary ini bertemakan ” Combro ” singkatan dari Community Broadcasting.

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh Mahasiswa Mahasiswi Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam ( KPI ) serta Dosen-Dosen Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam ( KPI ).

 

Kegiatan Audit Mutu Internal ( AMI ) Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI)

 

IMG-20181105-WA0016
Kegiatan Audit Mutu Internal Jurusan KPI Dilaksanakan pada hari Senin Tanggal 05 November 2018 yang bertempat di lantai 2 Ruang 205 di Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam ( KPI ). Kegiatan Audit Mutu Internal ini di hadiri oleh Ketua Jurusan KPI: Babay Barmawi, M.Si, Sekretaris Jurusan KPI : H. Aan Mohammad Burhanudin, MA, dan Dosen Dosen Jurusan KPI : Cartono, M.Kom.I, Sacandra Aji Rivaldi, M.Pd. Kegiatan Audit ini memeriksa Dokumen tentang RPS, Daftar kehadiran Dosen mengajar, Nilai UAS, serta dokumen lainnya.

AMI2

Kegiatan HMJ tentang Seminar Nada dan Dakwah

HMJ

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) IAIN Syekh Nurjati Cirebon mengadakan Seminar Nada dan Dakwah dalam acara Hari Santri Nasional dengan tema “Dedikasi Santri Satukan Negeri” di Auditorium Gedung Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (F-UAD) lantai 4. Kegitan diikuti seluruh 130  mahasiswa jurusan KPI yang terdiri dari mahasiswa semester 1 (wajib) dan perwakilan dari setiap semester  atas 5 orang, Sebagai penanggung jawab kegiatan M. Abdul Munir. Rabu (31-10).

Tujuan kegiatan seminar tersebut adalah untuk mempererat tali silaturahim, menumbuhkan semangat solidaritas dan kreatifitas mahasiswa jurusan KPI dalam bidang komunikasi dan penyiaran islam dan memberikan pendidikan terkait materi-materi seminar. Kegiatan dihadiri Dr. H. Hajam, M.Ag (Dekan F-UAD), Babay Barmawi, M.Si (Kajur KPI), Ust. Abdul Faqih (Pengasuh Ponpes As-Syariah Cirebon) Sema F-UAD, Dema F-UAD, Dosen KPI dan tamu undangan.

 

 

Jurusan Komunikasi Menjadi Juara Umum di acara Kegiatan Pekan Kreatif Mahasiswa (PKM) IAIN Syekh Nurjati Cirebon

PKM

Penutupan Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM) IAIN Syekh Nurjati Cirebon, pada puncak acara PKM ini, DEMA IAIN Syekh Nurjati Cirebon sengaja mengemas acara ini dengan acara musik. Selain untuk gebrakan baru DEMA IAIN Syekh Nurjati Cirebon, PKM dengan puncak acara musik dan pembagian piala bagi para pemenang di akhir acara. Minggu (28/10/2018).

Tujuh cabang perlombaan pada PKM, di antaranya musikalisasi puisi, nyanyi solo, MTQ, MSQ, futsal hingga bulutangkis dan Duta kampus IAIN Syekh Nurjati Cirebon 2018. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) sabet Juara umum setelah meraih juara 1  Musyabaqoh Syahril Quran (MSQ), juara 1 Futsal Putri, juara 2 vokal solo, juara 2 bulutangkis putri dan juara 3 duta kampus IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

PKM yang diselenggarakan DEMA  ini merupakan salah satu ajang penelusuran mahasiswa berbakat dan berprestasi dalam bidang akademik maupun non akademik di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon, untuk dipersiapkan pada saat perlombaan antara PTKIN tingkat nasional maupun internasional.

Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon Dr. H. Sumanta, M.Ag mengatakan “KMP ini merupakan salah satu kegiatan yang sangat baik, membantu lembaga dalan penyeleksian mahasiswa berbakat dan berprestasi, sehingga pada saat perlombaan diadakan ditinggkat PTKIN kita sudah mempunyai mahasiwa-mahasiswa yang siap didelegasikan”. tangkas beliau.

Ketua Dewan Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Muhamad Nurul Falah mengatakan, “PKM ini ajang pembuktian mahasiswa IAIN, kita tunjukkan kepada lembaga bahwa mahasiswa IAIN mampu bersaing,” ujar Nurul. Menurutnya, PKM ini kembali digelar setelah satu tahun lamanya vakum. Nurul menambahkan, melalui PKM ini diharapkan mahasiswa IAIN Syekh Nurjati bisa bersaing baik di kancah lokal, regional hingga nasional dan internasional.

Visi Misi Jurusan KPI

  • Visi

Terwujudnya prodi/jurusan yang unggul dan terkemuka di wilayah III Cirebon pada tahun 2025 dalam pendidikan dan penelitian di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi komunikasi, informasi dan penyiaran Islam.

  • Misi
  1. Menyelenggarakan program pendidikan di bidang Ilmu Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) untuk jenjang strata satu (S1).
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian di bidang Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), baik yang bersifat akademis/ilmiah, maupun yang bersifat terapan/praktis untuk keperluan perencanaan program dan evaluasi; formulasi kebijakan serta pemecahan masalah-masalah yang menyangkut komunikasi dan penyiaran di sektor publik dan bisnis, maupun dakwah Islam.
  3. Menyelenggarakan kegiatan program pengabdian pada masyarakat dalam bentuk layanan jasa keahlian aplikatif di bidang iptek komunikasi dan penyiaran Islam yang sesuai dengan kebutuhan sektor publik dan bisnis.
  4. Menyelenggarakan kerjasama dengan berbagai lembaga penelitian dan pengabdian baik dalam maupun luar negeri dalam bidang KPI.
  • Tujuan
1.    Menghasilkan lulusan berkualitas yang akan berkiprah sebagai tenaga yang profesional dan berintegritas serta beretika moral Islam dalam ilmu komunikasii penyiaran Islam baik di dalam kancah lokal, regional maupun nasional.

2.    Menghasilkan akademisi dan praktisi komunikasi yang mencakup secara khsusus bidang komunikasi media, jurnalisme dan hubungan masyarakat.

3.    Menghasilkan akademisi dan praktisi dakwah dan penyiaran Islam yang berintegritas, visioner, dan berkecakapan multi-approach

Kegiatan Diksar Orientasi Mahasiswa Baru ( OMB ) Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam

IMG-20180916-WA0031

Himpunan Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon menggelar Diksar di desa Kertawinangun, kecamatan mandirancan, kabupaten kuningan. Kegiatan ini di ikuti  oleh 106 Mahasiswa baru Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam, Babay Barmawi selaku Ketua Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam sekaligus yang membuka acara Pendidikan Dasar ( Diksar ) mengatakan  ini dilakukan agar mahasiswa KPI bisa bangga dengan jurusannya dan dapat mengambil pelajaran dari pendidikan dasar ini.  Pendidikan dasar ini dilakukan dengan serangkaian acara yang begitu padat dan digelar selama 3 hari 2 malam. Materi yang berikan tentang Jurusan dan Media seperti Jurnalistik, Sinematografi dan radio.